Alap-alap Besra (Accipiter virgatus)

Alap-alap Besra, Accipiter virgatus merupakan salah satu jenis alap-alap berukuran kecil dari keluarga Accipitridae dan genus Accipiter. Burung alap-alap yang dikenal dengan sebutan accipiter virgatus dalam bahasa ilmiahnya termasuk jenis burung yang dapat dijumpai di Indonesia.

Ciri-ciri alap-alap besra (Accipiter virgatus)

accipiter virgatus, jenis alap alap, cara melatih alap-alap besra, penyakit alap-alap besra, cara mengobati alap-alap besra, harga alap-alap besra terbaru, perawatan harian alap-alap besra, cara menjinakkan alap-alap besra

Alap-alap besra tergolong jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 25 hingga 35 cm dengan rentang sayap 50 sampai 65 cm dan berat antara 80 hingga 140 gram, sama dengan jenis burung kebanyakan bahwa betina sedikit lebih besar dengan berat tubuh sekitar 130 hingga 210 gram.

Alap-alap ini mirip alap-alap Jambul tetapi lebih kecil dan tanpa jambul. Warna jantan dewasa, tubuh bagian atas memiliki warna abu-abu gelap dengan ekor bergaris tebal, pada tubuh bagian bawah berwarna putih terdapat garis melintang coklat dan sisi tubuh merah karat.

Baca juga : Elang Gunung, Blyth’s hawk-eagle (Nisaetus alboniger)

Dibagian tenggorakan putih dengan strip hitam ditengah, strip kumis hitam. Sayapnya pendek dan bulat, ekor biasanya cukup panjang.

Persebaran dan Ras

Penyebaran alap-alap besara mulai dari India, Cina selatan, dan Asia Tenggara sperti Filipina dan Indonesia. Di Indoenesia dapat dijumpai di daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sunda Besar dan Sunda Kecil. Terdapat 11 sub-spesies yang dikenal dengan persebaran sebagai berikut:

  • affinis (Hodgson, 1836) – India Utara dan Nepal ke timur sampai China Tengah dan Selatan, serta Indochina.
  • fuscipectus Mees, 1970 – Pegunungan di Taiwan
  • besra Jerdon, 1839 – India Barat-daya dan Sri Lanka; mungkin juga terdapat di India Tenggara.
  • abdulali Mees, 1980 – Kep. Andaman , dan mungkin juga di Kep. Nicobar.
  • nisoides Blyth, 1847 – Burma dan Thailand; mungkin juga di semenanjung Malaysia.
  • confusus Hartert, 1910 – Luzon, Mindoro, Negros dan Catanduanes (Filipina).
  • quagga Parkes, 1973 – Cebu, Bohol, Leyte, Samar, Siquijor and Mindanao (Filipina Tenggara).
  • rufotibialis Sharpe, 1887 – Kalimantan bagian utara.
  • vanbemmeli Voous, 1950 – Sumatra.
  • virgatus Temminck, 1822 – Jawa dan Bali.
  • quinquefasciatus Mees, 1984 – Flores (Sunda Kecil).

Suara Alap-Alap Besra

Suara alap-alap besra terderangar seperti “syiuw-syiuw-syiuw” berulang-ulang jika lapar untuk burung muda dan terdengar seperti “kwi-kikiki” ketika waktu berbiak.

Habitat dan Kebiasaan

Penetap di Sumatra, Kalimantan bagian utara, Jawa, dan Bali. Tersebar luas dihutan pegunungan dan perbukitan antara ketinggian 300-1200 mdpl (sampai ketinggian 3000 mdpl di G.Kerinci).

Duduk tenang di hutan menunggu mangsanya. Sering terlihat bertengger di pohon mati yang tinggi di hutan. Terbang mengitari teretori secara reguler.

Makanan

Mereka beradaptasi dengan baik untuk terbang melalui semak lebat untuk menangkap mangsanya seperti mamalia kecil, burung kecil, serangga dengan kaki yang panjang dan ramping, jari-jari ramping, yang tengah sangat panjang dan memiliki kemampuan menangkap burung diudara

Reproduksi

Alap-alap ini biasanya bersarang di pohon yang tinggi atau tebing dengan menggunakan tumpukan ranting dan dedaunan yang tidak rapi dan bertelur 1 sampai 4 butir yang berwarna putih kebiruan pucat bertanda coklat kemerahan sekitar pada bulan Maret-Mei.

Bagaimanan Cara Merawat Alap-Alap Besra?

Sebelum memutuskan untuk merawat alap-alap besra, kami sarankan untuk mempertimbangkan beberapa hal. Selain burung ini tergolong burung yang dilindungi, anda harus siap mengalami cedera seperti luka akibat cengkraman cakar dalam merawat jenis burung alap-alap.

Selain itu, anda harus memahami karakter dari burung pemangsa itu sendiri dan butuh biaya yang tidak sedikit dalam merawat alap-alap ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah memenuhi kebutuhan yang diperlukan dalam merawat burung ini seperti perlengkapannya

Perlengkapan

Burung alap-alap ini sebaiknya tak ditempatkan dalam kandang karena di alam bebas mereka terbiasa memangsa. Tempatkan mereka di luar kandang dengan dibuatkan tangkringan untuk tempat mereka bertengger. Agar tidak lepas, berikan semacam semacam tali di kakinya yang di kaitkan ke tangkringan tersebut.

Jenis Makanan Alap-Alap Besra

Seperti yang sudah disinggung, dalam merawat alap-alap besra membutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti kebutuhan makanan yang dibetikan. Dalam memberikan makanan, hindarilah memberikan jenis makanan yang berbau bahan kimia seperti ayam pedaging dan juga makanan yang bukan yang semestinya

Selain memberikan makanan yang baik, jangan lupa untuk memberikan vitamin untuk burung pemangsa dan minyak ikan setidaknya satu minggu sekali

Dimana Untuk Mendapatkan Alap-alap Besra?

Untuk mendapatkan burung pemangsa ini banyak yang dapat di lakukan mulai dari menjebak, mengambil anakan alap-alap ini sampai membeli alap-alap ini ke penjual. Lantas berapa harga alap-alap besra?

Berapa Harga Alap-Alap Besra?

Untuk menjawab pertanyaan di atas bahwa harga alap-alap besra memiliki harga yang tidak sama, baik harga alap-alap besra juvenile alias remaja atau harga alap-alap besra brancher alias anakan maupun alap-alap besra real hunting.

Namun untuk mendapatkan alap-alap ini setidaknya anda menyediakan uang maksimal sekitar Rp. 500.000 untuk alap-alap yang tidak memiliki skil

Kapan Mulai Melatih Alap-Alap Besra?

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa merawat burung alap-alap tidaklah semudah membalikkan tangan, karena burung ini perlu dilatih agar tidak menghilangkan sifat alaminya sebagai burung pemangsa.

Hal tersebut diperlukan jika suatu saat burung ini perlu di lepas lagi ke alam untuk menjaga populasi dari burung ini. Untuk memulai melatih alap-alap besra ini, mulailah sejak masih anakan atau usia brancher dan juvenile untuk membunuh mangsa

Kesimpulan

Dengan pesebaran yang terbatas dan maraknya perburuan liar, alangkah baiknya anda mengurungkan niatnya karena burung ini termasuk burung yang dilindungi

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Alap-alap Besra (Accipiter virgatus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *