Alap-Alap China, Chinese Sparrowhawk (Accipiter soloensis)

Alap-Alap China, Chinese Sparrowhawk (Accipiter soloensis) – Elang-alap chinea atau alap-alap china merupakan salah satu jenis burung pemangsa dari keluarga keluarga Accipitridae dan Genus Accipiter.  Selain dikenal dengan sebutan elang-alap china dan alap-alap china juga dikenal dengan sebutan kaki bitting oleh para falconry tanah air. Burung yang dikenal dengan sebutan chinese sparrowhawk dalam bahasa inggrisnya dan nama latinnya disebut dengan accipiter soloensis ini termasuk salah satu jenis burung predator yang dapat dijumpai di beberapa daerah Indonesia.

Ciri Fisik alap-alap china, Chinese Sparrowhawk (Accipiter soloensis)

 

alap-alap china, chinese sparrowhawk, accipiter soloensis, jenis alap alap, cara melatih alap-alap china, penyakit alap-alap china, cara mengobati alap-alap china, harga alap-alap china te

Alap-alap china tergolong jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 25 sampai 35 cm; dengan berat jantan sekitar 106 sampai 140 g dan betina sekitar 125 sampai 204 g. Sedangkan rentang sayap sekitar 52 sampai 62 cm. Warna tubuh bagian bawah berwarna sangat pucat. Warna dewasa, tubuh bagian atas abu-abu biru dengan ujung putih yang jarang pada bulu punggung dan garis-garis melintang samar pada bulu ekor terluar. Tubuh bagian bawah putih terdapat sapuan merah karat yang samar pada dada dan sisi tubuh dengan sedikit garis abu-abu pada paha. Sayap bawahnya sangat khas seluruhnya terlihat putih kecuali ujung bulu primer yang hitam.

Remaja tubuh bagian atas coklat, tubuh bagian bawah putih terdapat garis-garis gelap pada ekor, coretan pada tenggorokan serta garis-garis pada dada dan paha. Paruh abu-abu dengan ujung hitam ,sera dan kaki jingga, iris merah atau coklat.

Baca juga : ciri-ciri alap-alap besra

Penyebaran

Berbiak di Asia timur laut dan Cina. Mengembara pada musim dingin ke selatan sampai Asia tenggara, Filipina, Indonesia, dan Papua. Pada musim dingin tidak jarang terdapat di seluruh Sunda Besar, sub-kawasan Sulawesi (Sulawesi, Talisei, Muna, dan Butung). Sampai ketinggian 900 m. Sampai di Jawa pada bulan September-November. Migran yang langka di kelompok pulau Papua barat.

Pergerakan

Ini adalah salah satu spesies yang mendominasi “Jalur Terbang Kontinental Asia Timur”, sistem darat sepanjang 7.000 km yang membentang dari timur laut Siberia ke timur Indonesia dan Papua Nugini (Bildstein dan Zalles 1995, Germi dkk. 2009). Populasi perkembangbiakan timur laut bermigrasi melalui Korea, Jepang selatan, dan Taiwan ke Asia Tenggara dan Filipina, dan populasi lain menyeberangi Laut Kuning dari Korea Utara melalui Semenanjung Shandong ke Cina timur dan selatan, kemudian menuju selatan ke pegunungan musim dingin. Diperkirakan 400.000 burung ini bolak-balik sepanjang rute ini setiap tahun (Chong 2000). Germi dkk. (2009) mendokumentasikan pergerakan nomaden burung pipit Tiongkok musim dingin di Pulau Sangihe, Sulawesi.

Habitat dan Kebiasaan

Sering berada di tepi hutan, hutan yang ditebang secara selektif, hutan terbuka, pedesaan terbuka dengan pepohonan, penanaman berhutan ringan, dan sawah (Coates dan Bishop 1997). Bermigrasi dalam kelompok besar yang melonjak, kadang-kadang dengan burung pipit Jepang (Wells 1999, Kennedy et al. 2000). Pada tempat berkembang biaknya tidak mencolok, sering bertengger di dedaunan lebat pohon tinggi, tetapi selama migrasi dan di musim dingin, cukup mencolok, bertengger di dahan pohon yang menonjol atau dari puncak pohon kelapa dan berseru dengan keras (Germi et al. 2009).

Spesies ini berburu dari tempat bertengger subkanopi, biasanya di tepi hutan, menghadap ke area yang telah dibuka (Coates dan Bishop op cit., Kennedy et al. 2000). Germi dkk. (op cit.) melihat burung yang masih berburu dari pohon palawija, atap bangunan, dan tiang lampu di sekitar lapangan udara di Pulau Sangehi, Sulawesi

Mengunjungi daerah terbuka sampai pada ketinggian 900 mdpl pada musim dingin di seluruh Sunda Besar. Setiap Oktober melewati Puncak (Bogor) dan Bali Barat dalam jumlah besar.

Makanan

Biasanya berburu di tenggeran, tetapi kadang-kadang terbang melingkar di atas, dan menerkam mangsanya dari tanah. Memakan kodok, belalang, kadal, dan burung kecil.

Baca juga : 427 Daftar Burung Endemik Indonesia

Reproduksi

sarang burung elang, cara melatih elang, makanan elang, harga elang terbaru

Ketika musim kawin tiba, mereka mulai bersarang untuk berbiak sekitar bulan mei sampai agustus. Bersarang di percabangan utama pohon 8-12 m dari permukaan tanah. Sarang tersusun atas ranting, batang, dan daun yang masih hijau yang terus diperbaiki selama masa berbiak. Umumnya bertelur 3-5 butir yang dierami sekitar 30 hari, anakan mulai belajar terbang umur 22 hari.

Status

Elang ini termasuk jenis burung yang berada dalam daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC) dengan status burung apendix II sesuai PP No. 7/1999. Burung apendix II dalam perdagangan internasional dapat diperdagangkan dengan pengaturan tertentu.

Bagaimanan Cara Merawat Alap-alap China?

Sebelum memutuskan untuk merawat Alap-alap China alias elang-alap china, kami sarankan untuk mempertimbangkan beberapa hal. Selain burung ini tergolong burung yang dilindungi, anda harus siap mengalami cedera seperti luka akibat cengkraman cakar dalam merawat jenis burung elang.

Selain itu, anda harus memahami karakter dari burung pemangsa itu sendiri dan butuh biaya yang tidak sedikit dalam merawat elang-alap china ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah memenuhi kebutuhan yang diperlukan dalam merawat burung ini seperti perlengkapannya

Perlengkapan

falconry equipment, perlengkapan falconry, istilah falconry, glove falconry, kebutuhan falconry, cara merawat elang, cara merawat alap-alap, harga elang, harga alap-alap

Burung alap-alap china ini sebaiknya tak ditempatkan dalam kandang karena di alam bebas mereka terbiasa memangsa. Tempatkan mereka di luar kandang dengan dibuatkan tangkringan untuk tempat mereka bertengger. Agar tidak lepas, berikan semacam semacam tali di kakinya yang di kaitkan ke tangkringan tersebut.

Baca juga : Istilah Falconry

Jenis makanan Alap-alap China

Seperti yang sudah disinggung, dalam merawat Alap-alap China alias elang-alap china membutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti kebutuhan makanan yang diberikan. Dalam memberikan makanan alap-alap china alias elang-alap china, hindarilah memberikan jenis makanan yang berbau bahan kimia seperti ayam pedaging dan juga makanan yang bukan yang semestinya

Selain memberikan makanan yang baik, jangan lupa untuk memberikan vitamin untuk burung pemangsa dan minyak ikan setidaknya satu minggu sekali

Dimana Untuk Mendapatkan Alap-alap China?

Untuk mendapatkan burung pemangsa ini banyak yang dapat di lakukan mulai dari menjebak, mengambil anakan Alap-alap China alias elang-alap china sampai membeli elang ini ke penjual. Lantas berapa harga Alap-alap China?

Berapa harga Alap-alap China?

Untuk menjawab pertanyaan di atas bahwa harga Alap-alap China alias elang-alap china kami yang memiliki harga yang tidak sama, baik harga Alap-alap China juvenile alias remaja atau harga Alap-alap China brancher alias anakan maupun Alap-alap China real hunting.

Namun untuk mendapatkan elang ini setidaknya anda menyediakan uang minimal sekitar Rp. 300.000 untuk harga alap alap china yang tidak memiliki skil

Kapan mulai melatih Alap-alap China?

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa merawat burung alap alap china tidaklah semudah membalikkan tangan, karena burung ini perlu dilatih agar tidak menghilangkan sifat alaminya sebagai burung pemangsa.

Hal tersebut diperlukan jika suatu saat burung ini perlu di lepas lagi ke alam untuk menjaga populasi dari burung ini. Untuk memulai melatih elang-alap china ini, mulailah sejak masih anakan untuk membunuh mangsa

Kesimpulan

Dengan pesebaran yang terbatas, elang-alap china ini termasuk jenis burung yang menghindar dari keramaian manusia di hutan primer untuk mencari mangsa yang berupa kodok, belalang, kadal, dan burung kecil.

Demikianlah ulasan kami, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan tentang ciri-ciri alap-alap china, Chinese Sparrowhawk (Accipiter soloensis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *