Alap-alap Kelabu, Grey goshawk (Accipiter novaehollandiae)

Alap-alap Kelabu, Grey goshawk (Accipiter novaehollandiae) – Alap-alap kelabu atau yang dikenal dengan sebutan elang-alap kelabu merupakan salah satu jenis burung pemangsa dari keluarga Accipitridae dan Genus Accipiter. Burung yang memiliki nama ilmiah accipiter novaehollandiae atau grey goshawk dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu jenis burung yang dapat dijumpai di daerah timur Indonesia.

Ciri Fisik Alap-alap Kelabu, Grey goshawk (Accipiter novaehollandiae)

alap-alap kelabu, grey goshawk, accipiter novaehollandiae, harga alap-alap kelabu terbaru, perawatan harian alap-alap kelabu, cara menjinakkan alap-alap kelabu, cara melatih alap-alap kelabu, penyakit alap-alap kelabu, cara mengobati alap-alap kelabu

Alap-alap kelabu tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 40 sampai 55 cm dengan bentangan sayap sekitar 70 sampai 110 cm dan berat tubuh jantan sekitar 350 gram berat tubuh elang-alap kelabu betina sekitar sekitar 680 gram. Memiliki dua fase bulu: fase putih yang khas dan fase abu-abu yang mirip dengan Elang-alap Coklat tetapi tidak memiliki kerah merah-karat. Sera jingga kuning, tubuh bagian bawah merah-karat polos. Remaja: tubuh bagian bawah keputih-putihan atau bungalan ber-strip dan berpalang tebal.

Penyebaran

Penyebaran global :
Indonesia Timur yang meliputi Nusa Tenggara, Maluku dan seluruh kawasan Papua, Kep. Bismarck, Kep. Solomon, dan Australia.

Baca juga : Alap-alap Besra (Accipiter virgatus)

Suara Alap alap kelabu

Serangkaian nada yang terdiri dari delapan sampai sepuluh nada samar, lambat, tinggi, nada lemah, maninggi atau menurun.

Habitat dan Kebiasaan

Elang-alap kelabu banyak ditemukan di sepanjang pantai utara, timur dan selatan-timur Australia, Tasmania dan kadang-kadang Barat Australia, Kepulauan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, Selandia Baru, Papua Barat dan Kepulauan Solomon. Alap-alap kelabu yang umum di tepi hutan di sebagian besar kawasan Papua. Bertengger di pepohonan yang teduh, menyusuri tepi hutan di puncak kanopi, jarang terbang tinggi. Terkadang melakukan gaya terbang berguling-guling mirip dengan Elang-alap Jambul.

Makanan

Burung, mamalia kecil, reptil, katak, dan antropoda.

Reproduksi

sarang burung elang, cara melatih elang, makanan elang, harga elang terbaru

Elang-alap kelabu merupakan binatang monogami. Mereka berpasangan seumur hidup, berkembang biak dari bulan Juli sampai Desember. Mereka membuat sarang di pohon yang tinggi dengan menggunakan ranting pohon yang dilapisi dengan dedaunan. Burung betina akan bertelur 2 – 3 butir, dengan masa pengeraman sekitar 35 hari. Anak burung akan menjadi dewasa 35 – 40 hari setelah menetas. Burung betina biasanya akan menghabiskan waktu untuk mengerami dan memberi makan anaknya, sedang burung jantan berburu

Status

Elang ini termasuk jenis burung yang berada dalam daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC) dengan status burung apendix II sesuai PP No. 7/1999. Burung apendix II dalam perdagangan internasional dapat diperdagangkan dengan pengaturan tertentu.

Bagaimanan Cara Merawat Alap-alap kelabu?

Sebelum memutuskan untuk merawat Alap-alap kelabu, kami sarankan untuk mempertimbangkan beberapa hal. Selain burung ini tergolong burung yang dilindungi, anda harus siap mengalami cedera seperti luka akibat cengkraman cakar dalam merawat jenis burung alap-alap.

Selain itu, anda harus memahami karakter dari burung pemangsa itu sendiri dan butuh biaya yang tidak sedikit dalam merawat elang ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah memenuhi kebutuhan yang diperlukan dalam merawat burung ini seperti perlengkapannya

Perlengkapan

falconry equipment, perlengkapan falconry, istilah falconry, glove falconry, kebutuhan falconry, cara merawat elang, cara merawat alap-alap, harga elang, harga alap-alap

Burung Elang-alap ini sebaiknya tak ditempatkan dalam kandang karena di alam bebas mereka terbiasa memangsa. Tempatkan mereka di luar kandang dengan dibuatkan tangkringan untuk tempat mereka bertengger. Agar tidak lepas, berikan semacam semacam tali di kakinya yang di kaitkan ke tangkringan tersebut.

Baca juga : Istilah Falconry

Jenis makanan Alap-alap kelabu

Seperti yang sudah disinggung, dalam merawat Alap-alap kelabu membutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti kebutuhan makanan yang dibetikan. Dalam memberikan makanan, hindarilah memberikan jenis makanan yang berbau bahan kimia seperti ayam pedaging dan juga makanan yang bukan yang semestinya

Selain memberikan makanan yang baik, jangan lupa untuk memberikan vitamin untuk burung pemangsa dan minyak ikan setidaknya satu minggu sekali

Dimana Untuk Mendapatkan Elang-alap kelabu?

Untuk mendapatkan burung pemangsa ini banyak yang dapat di lakukan mulai dari menjebak, mengambil anakan Alap-alap kelabu sampai membeli elang ini ke penjual. Lantas berapa harga Alap-alap kelabu?

Berapa harga Alap alap kelabu?

Untuk menjawab pertanyaan di atas bahwa harga Alap-alap kelabu kami yang memiliki harga yang tidak sama, baik harga Alap-alap kelabu juvenile alias remaja atau harga Alap-alap kelabu brancher alias anakan maupun Alap-alap kelabu real hunting.

Namun untuk harga elang-alap kelabu sampai postingan ini ditulis belum mendapatkan informasi, hal tersbut sangat jarang dijumpai baik di pasar gelap hewan dilindungi

Kapan mulai melatih Alap-alap kelabu?

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa merawat burung ini tidaklah semudah membalikkan tangan, karena burung ini perlu dilatih agar tidak menghilangkan sifat alaminya sebagai burung pemangsa.

Hal tersebut diperlukan jika suatu saat burung ini perlu di lepas lagi ke alam untuk menjaga populasi dari burung ini. Untuk memulai melatih elang ini, mulailah sejak masih anakan untuk membunuh mangsa

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan andan tentang Ciri Fisik Alap-alap Kelabu, Grey goshawk (Accipiter novaehollandiae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *