Anis-bentet kelabu, Grey Shrike-thrush (Colluricincla harmonica)

Anis-bentet kelabu, Grey Shrike-thrush (Colluricincla harmonica) – Burung anis-bentet kelabu merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Pachycephalidae dan Genus Colluricincla. Burung yang dikenal dengan sebutan colluricincla harmonia dalam bahasa ilmiahnya atau grey shrike-thrush dalam bahasa inggrisnya termasuk jenis burung yang hanya dapat dijumpai di daerah Indonesia khusunya daerah Pulau Papua.

Pada awalnya burung anis-bentet kelabu dikelompokkan dalam genus turdus, akan tetapi pada akhirnya burung ini berdiri sendiri dalam genus colluricincla setelah penelitian lebih lanjut dikarenakan ada perbedaan dalam genetika

Ciri Fisik Anis-bentet kelabu, Grey Shrike-thrush (Colluricincla harmonica)

anis-bentet kelabu, grey shrike-thrush, colluricincla harmonica, suara anis bentet kelabu, harga anis bentet kelabu, anis bentet kelabu jantan dan betina

Burung anis-bentet kelabu tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 24 cm dengan rentang sayap sekitar 36 cm. Berwarna abu-abu atau abu-abu kecokelatan di bagian atas. Bagian bawah lebih pucat, putih pucat, dengan tenggorokan sedikit lecet. Bercak antara mata dan paruh pucat. Paruhnya kuat, dengan ujung agak bengkok.

Penyebaran dan Ras

Secara global, burung anis ini terdapat lima sub-spesies yang dikenali dengan persebaran berbeda seperti di bawah ini :

  • C. h. brunnea – Gould, 1841: Awalnya dideskripsikan sebagai spesies terpisah. Ditemukan di Australia utara dan Pulau Melville
  • C. h. superciliosa – Masters, 1876: Awalnya dideskripsikan sebagai spesies terpisah. Ditemukan di New Guinea timur, pulau-pulau di Selat Torres dan timur laut Australia
  • C. h. harmonica – (Latham, 1801): Ditemukan di Australia timur
  • C. h. strigata – Swainson, 1838: Awalnya dideskripsikan sebagai spesies terpisah. Ditemukan di Tasmania dan pulau-pulau di Selat Bass (Australia)
  • Western shrikethrush (C. h. rufiventris) – Gould, 1841: Awalnya digambarkan sebagai spesies terpisah. Ditemukan di Australia barat, selatan dan tengah

Suara Anis Bentet Kelabu

Sedangkan suara anis bentet kelabu memiliki kicauan yang beragam dan merdu dan sangat vokal selama musim semi dan musim panas. Kiacauannya sering digambarkan sebagai lagu yang lembut, cair, lembut, dan harmonis yang terdiri dari 4-8 not dan sering kali dimulai dengan 2-4 not berulang. Sebagian besar frasa suara anis ini berisi nada yang jelas lebih keras dan lebih nyaring di bagian akhir.

Habitat dan Kebiasaan

Mendiami daerah perhutanan dan hutan yang bervariasi, terutama yang didominasi oleh eukaliptus atau akasia. Burung yang tersebar luas, meski tidak mengganggu. Dianggap memiliki salah satu panggilan terindah di Australia, yang keras dan membawa jarak jauh. Pencarian makanan di pohon dan di tanah.

Burung ini sangat pandai mengintai mangsa, Saat mengintai mangsa burung ini akan suka bertengger di ujung gelagah tinggi atau ranting pohon di padang rumput terbuka, persawahan, maupun tepi hutan yang memiliki tegakan. Sering menancapkan mangsanya di ranting berujung runcing atau duri kemudian mengulitinya dan memakannya sedikit demi sedikit

Makanan

Burung anis ini menyukai hewan-hewan kecil seperti belalang, jangkrik, kumbang, kadal, kodok, lipas, cacing tanah, kroto, serta berbagai jenis burung kecil seperti burung bondol, burung perenjak,  dan burung manyar, menurut jihad, Bird Conservation Officer burung Indonesia

Reproduksi

sarang burung anis, anakan burung anis, telur burung anis, ternak burung anis, memilih indukan burung anis, burung anis jantan dan betina

Pasangan Anis-bentet kelabu pada umumnya tetap bersama seumur hidup dan mendiami area yang sama sepanjang waktu. Wilayah berkembang biaknya mencapai hingga sepuluh hektar dengan sarang berbentuk cangkir yang terbuat dari ranting, daun dan kulit kayu yang ditanam di garpu pohon atau tunggul pohon dengan telur anis bentet kecil sebanyak 2-3 telur dan dapat dibangun di tempat yang sama tahun demi tahun.

Kedua burung berbagi tugas membangun sarang dan inkubasi, dan keduanya merawat burung-burung muda.

Status

Burung Anis-bentet kelabu termasuk salah satu hewan yang dilindungi meski menurut para peneliti meyakini bahwa hewan ini belum sampai ambang batas terancam. Dengan populasi yang cukup luas meski belum ada kesepakatan jumlah populasinya. Anis ini juga memiliki persebaran yang cukup luas.

Baca juga : Cara Mendaftarkan Burung Dilindungi Ke BKSDA Via Online

Namun hewan ini termasuk dalam hewan yang minim informasi sehingga spesies ini dievaluasi sebagai least concern.

Meski memiliki persebaran yang luas, hewan ini semakin jarang ditemukan di alam terbuka sebab para penggemar banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan atau hewan masteran.

Selain itu semakin tergerusnya hutan terbuka membuat habitat aslinya rusak sehingga hewan ini juga semakin terancam.

Seperti apa perawatan harian anis bentet kelabu agar cepat gacor?

makanan yang bagus untuk burung, makanan burung kicau, makanan terbaik burung kicau, pakan agar burung cepat gacor, burung pemakanan serangga

Untuk menjawab pertanyaan tentang cara merawat anis-bentet kelabu agar cepat gacor dan teler, anda bisa mengikuti tahapan-tahapan seperti di bawah ini :

  • Pagi hari,sekitar pukul 05.00 WIB, krodong dibuka beri 3 ekor jangkrik yang sudah dibuang kepala dan kakinya, lalu diangin anginkan di depan rumah (kalo burung belum jinak cari tempat yang agak sepi namun rindang).
  • Selang 1,5 Jam, mandikan anis-bentet kelabu, diselingi membersihkan kotoran burung, dan menambahkan voer atau mengganti air minum.
  • Berikan Exfood : Jangkrik 2 ekor, Cacing Tanah 1 ekor.
  • Selesai mandi masukkan kembali burung kedalam sangkar, bisa langsung dijemur apabila cuacanya tidak terlalu terik, setelah itu di angin anginkan di depan rumah.
  • Beres melahap cacing bisa langsung dikerodong dan di istirahatkan didalam rumah sambil di pasangkan CD mastering, ingat memaster tidak harus keras, akan tetapi jelas dan diputar dalam tempo yang cukup. Sebab jika terlalu lama / seharian full bisa bisa stress burung tsb.
  • Sore hari (pukul 16.00), krodong bisa dibuka akan tetapi tidak di jemur cukup dianginkan saja sampe pukul 18.00 WIB. Mandikan kembali burung tsb sembari membersihkan kotoran burung dalam sangkar.
  • Berikan 3 ekor jangkrik lalu anginkan di depan rumah
  • Selang 1 jam, masukkan burung dan dikrodong
  • Kroto hanya di berikan 2x seminggu : Hari Selasa – Jum’at, Pagi – Sore.

Lakukan secara kontinyu, jangan terlalu terburu – buru untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebab jika anda ingin berhasil anda harus berusaha terlebih dahulu, berpedomanlah bahwa rawatan yang anda berikan adalah yang terbaik.

Baca juga : Anis Bentet Kecil, Little shrikethrush (Colluricincla Megarhyncha)

Selain itu, jangan mudah mengganti setingan pakan, karena seseorang biasanya akan terpancing begitu melihat kesuksesan rekan atau setelah membaca di tabloid burung sekaligus.

Berapa Harga Burung Anis Bentet Kecil?

Sedangkan untuk harga anis-bentet kelabu di pasaran belum kami ketahui, hal itu dikarenan populasi yang terus menurun.

Kapan Waktu Memaster anis bentet kelabu?

Untuk melakukan pemasteran burung anis ini terdapat beberapa anggapan yang beredar seperti melihat burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut.

Selain itu ada yang beraggapan harus menunggu burung anis ini dalam keadaan ganti bulu atau mabung. Sebenarnya untuk memaster burung anis ini tidak harus menunggu burung kicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu.

Karena burung kicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top performance pun juga dapat dilakukan pemasteran.

Secara logika memang dapat dibenarkan waktu pemasteran anis-bentet kelabu saat mabung, karena burung saat mabung cenderung banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau.

Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada di sekelilingnya.

Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suara anis-bentet kelabu, maka akan direkam dan ditirukan.

Kunci keberhasilan dalam memaster burung anis bentet kelabu adalah memaster burung dengan suara-suara masteran yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master.

Satu lagi yang terpenting, jangan lupa untuk selalu memperdengarkan suara-suara master tersebut secara berkala (Feedback) kepada burung anis tersebut. Supaya irama lagu yang sudah ada tidak hilang dan jadi rusak.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga beramnafaat dan menambah wawasan anda tentang ciri fisik Anis-bentet kelabu, Grey Shrike-thrush (Colluricincla harmonica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *