Anis Hutan, Sunda Thrush (Zoothera andromedae)

Anis Hutan, Sunda Thrush (Zoothera andromedae) – Anis hutan merupakan salah satu jenis burung kicau berukuran sedang atau besar dari keluarga punglor alias burung anis dari keluarga Turdidae dan genus Zoothera. Jenis burung yang memiliki nama sunda thrush dalam bahasa inggris dan zoothera andromedae dalam ilmiahnya dapat dijumpai di daerah hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis dan juga terdapat di hutan pegunungan lembab subtropis atau tropis.

Anis hutan merupakan salah satu dari sekian banyak jenis Punglor (Anis), yang ada di Indonesia dan salah satu dari 39 spesies Zoothera yang ada di dunia. Kemampuan berkicaunya, menurut beberapa referensi dikatakan burung ini juga memiliki kicauan yang lumayan merdu, dengan nada sedikit berdesah, tapi bisa mengalun panjang. Tapi karena karena termasuk burung yang mudah stress, agak susah untuk membuat burung ini berkicau. Adaptasi yang susah dengan tempat barunya, sehingga memerlukan waktu yang lumayan lama untuk melatih burung ini berkicau

Ciri-ciri Burung Anis Hutan, Sunda Thrush (Zoothera andromedae)

anis hutan, sunda thrush, zoothera andromedae, merawat anis hutan, anis hutan jantan dan betina, suara anis hutan gacor, makanan anis hutan, harga anis hutan

Ciri-ciri burung anis hutan memiliki panjang tubuh sekitar 23 sampai 25cm dengan berat tubuh sekitar 81–108 g. Bagian ekor burung anis hutan tergolong pendek, berwarna gelap. Tubuh bagian atas berwarna abu-abu gelap berendakan sisik hitam; muka dan tenggorokan berbintik hitam; dada abu-abu kebiruan terang; di bagian perut berwarna putih, berenda sisik hitam disisinya. Iris coklat; paruh abu-abu; kaki coklat kehitaman.

Baca juga : Ciri-ciri Anis Bentet Kecil

Penyebaran

Burung anis ini dapat di jumpai di Filipina, Timor Leste dan Indonesia. Di Indonesia sendiri dapat dijumpai di daerah Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa tenggara. Sumatera (termasuk P.enggano), Jawa (terbatas di Gede-Pangrango, Halimun), sepertinya lebih merata di daerah pegunungan Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Timor, Wetar, Moa, dan Romang.

Suara Anis hutan

Menurut beberapa referensi, suara anis hutan tergolong burung yang memiliki kicauan yang lumayan merdu, dengan nada sedikit berdesah, tapi bisa mengalun panjang. Tapi karena karena termasuk burung yang mudah stress, agak susah untuk membuat burung ini berkicau. Adaptasi yang susah dengan tempat barunya, sehingga memerlukan waktu yang lumayan lama untuk melatih burung ini berkicau.

Baca juga : Ciri-ciri Anis Gunung

Habitat dan Kebiasaan

Sunda Thrush, hidup atau berhabitat di hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis dan juga terdapat di hutan pegunungan lembab subtropis atau tropis. Dapat dijumpai pada rentang ketinggian antara 450-2200 mdpl. Burung pemalu, aktif di senja hari, dan berdiam di semak penutupan di lantai hutan. Suka mencari makanan di atas permukaan tanah.

Makanan anis hutan

Pada umumnya, anis hutan berbagai macam seragga kecil dan cacing di bawah lapisan tanah paling atas. Buah-buahan hutan juga menjadi pakan alternatif bagi burung ini, apabila cacing dan serangga tidak ditemukan.

Status

Akibat dari perburuan liar, membuat populasi burung anis ini terus menurun perkembangbiakannya juga lambat. Dengan begitu pemerintah menetapkan burung ini sebagai hewan yang dilindungi dengan perdagangan internasional perlindungan serta Daftar merah IUCN memasukkan burung anis ini sebagai hewan resiko rendah.

Download suara anis hutan durasi panjang

Jika anda tertarik untuk merawat anis hutan ini, di bawah ini terdapat 3 suara anis hutan gacor durasi panjang yang dapat anda gunakan untuk memaster burung anis ini.

Seperti apa perawatan harian anis hutan agar cepat gacor?

Untuk menjawab pertanyaan tentang cara merawat anis hutan agar cepat gacor dan rajin bunyi, anda bisa mengikuti tahapan-tahapan seperti di bawah ini :

  • Pagi hari,sekitar pukul 05.00 WIB, krodong dibuka beri 3 ekor jangkrik yang sudah dibuang kepala dan kakinya, lalu diangin anginkan di depan rumah (kalo burung belum jinak cari tempat yang agak sepi namun rindang).
  • Selang 1,5 Jam, mandikan anis ini dan diselingi membersihkan kotoran burung, dan menambahkan voer atau mengganti air minum.
  • Berikan buah: Terserah pepaya, pisang, apel atau sawo .
  • Berikan Exfood : Jangkrik 2 ekor, Cacing Tanah 1 ekor.
  • Selesai mandi masukkan kembali burung kedalam sangkar, bisa langsung dijemur apabila cuacanya tidak terlalu terik, setelah itu di angin anginkan di depan rumah.
  • Beres melahap cacing bisa langsung dikerodong dan di istirahatkan didalam rumah sambil di pasangkan CD mastering, ingat memaster tidak harus keras, akan tetapi jelas dan diputar dalam tempo yang cukup. Sebab jika terlalu lama / seharian full bisa bisa stress burung tsb.
  • Sore hari (pukul 16.00), krodong bisa dibuka akan tetapi tidak di jemur cukup dianginkan saja sampe pukul 18.00 WIB. Mandikan kembali burung tsb sembari membersihkan kotoran burung dalam sangkar.
  • Berikan 3 ekor jangkrik lalu anginkan di depan rumah
  • Selang 1 jam, masukkan burung dan dikrodong
  • Kroto hanya di berikan 2x seminggu : Hari Selasa – Jum’at, Pagi – Sore.

Lakukan secara kontinyu, jangan terlalu terburu – buru untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebab jika anda ingin berhasil anda harus berusaha terlebih dahulu, berpedomanlah bahwa rawatan yang anda berikan adalah yang terbaik.

Selain itu, jangan mudah mengganti setingan pakan, karena seseorang biasanya akan terpancing begitu melihat kesuksesan rekan atau setelah membaca di tabloid burung sekaligus.

Berapa Harga Anis hutan?

Sedangkan untuk harga burung anis hutan ini sementara kami belum mendapatkan info, namun untuk harga burung lainnya bisa cek di Daftar harga burung terbaru

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang  Burung Anis Hutan Sunda Thrush (Zoothera andromedae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *