Anis-puyuh ajax, Painted Quail-thrush (Cinclosoma ajax)

Anis-puyuh ajax, Painted Quail-thrush (Cinclosoma ajax) merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Cinclosomatidae dan Genus Cinclosoma. Burung yang memiliki nama ilmiah Cinclosoma ajax atau Painted Quail-thrush dalam bahasa inggrisnya atau merupakan salah satu jenis burung anis dapat dijumpai di Indonesia khususnya daerah timur yaitu Papua.

Ciri Fisik Anis-puyuh ajax, Painted Quail-thrush (Cinclosoma ajax)

 

anis-puyuh ajax, painted quail-thrush, cinclosoma ajax, suara anis-puyuh ajax, ciri anis-puyuh ajax jantan, anis-puyuh ajax jantan dan betina, merawat anis-puyuh ajax

Burung anis-puyuh ajax tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 23 cm. Memiliki bulu berwarna warni dengan iris mata jingga, garis-mata hitam, dan sisi badan merah-karat. Burung jantan mempunyai coret-malar putih,muka, dagu, dan dada penggalan atas berwarna hitam. Kedua sisi dada berwarna merah-karat,punggung dan tunggir hijau, bulu ekor terluar berujung putih.

Baca juga : Anis-papua Besar, Greater Ground-robin (Amalocichla sclateriana)

Sementara untuk Burung betina mempunyai tenggorokan berwarna putih dan pipinya lebih rendah,setrip-mata juga putih, dada merah-karat serta punggung kehijauan. Mirip Kucica semak, bedanya ada dibagian setrip-mata diagonal yang berwarna hitam, dan badan penggalan bawah yang seluruhnya berbulu putih.Mirip Anis kuku-lurus, bedanya terletak pada warna hitam di penggalan tenggorokan burung jantan, dan setrip-mata pada burung betina.Mirip Tepus-permata biru, dibedakan oleh bintik pada penggalan ekor.

Penyebaran dan Ras

Burung anis-puyuh ajax terdapat 3mpat sub-spesies yang dikenali dengan daerah persebaran yang berbeda, diantaranya ialah seperti di bawah ini:

  • Cinclosoma ajax ajax (Temminck, 1836): penggalan barat P. Papua, dari pesisir barat dan selatan Teluk Cendrawasih ke selatan hingga Teluk Triton dan penggalan barat Peg. Weyland.
  • Cinclosoma ajax muscale (Rand, 1940): lembah di hulu S. Fly (S. Palmer & S. Nomad ke selatan hingga Gn. Bosavi), di penggalan tengah P. Papua sisi timur.
  • Cinclosoma ajax alare (Mayr & Rand, 1935): lembah S. Oriomo dan penggalan bawah S. Fly, di penggalan selatan P. Papua.
  • Cinclosoma ajax goldiei (E. P. Ramsay, 1879): penggalan tenggara P. Papua (Hall Sound ke timur hingga Teluk Milne).

Suara anis-puyuh ajax

Suara burung ini berupa siulan panggilan seolah-olah siulan jenis-jenis burung Tepus-permata, dibedakan oleh dua nada pembuka yang pendek. Siulan bernada tinggi seolah-olah siulan Kucica-semak alis, dibedakan oleh keberadaan nada menurun. Juga siulan “ fwip” yang semakin meninggi dan diulang-ulang dalam rangkaian panjang.

Habitat dan kebiasaan

Burung ini sanggup dijumpai secara berpasangan atau dalam kelompok kecil, menghuni kaki bukit hutan hujan hingga ketinggian 800 mdpl. Burung yang pendiam dan bergerak lambat di permukaan tanah.

Baaca juga : Anis menden, Red-and-black Thrush (Geokichla mendeni)

Makanan

Makanan utama burung ini ialah serangga yang banyak dicari di permukaan tanah yang bersembunyi pada seresah dedauanan.

Status

Secara global, burung ini tidak terancam. Namun perlu perhatian khusus karena persebaran anis-puyuh ajax terbatas: ada di Dataran Rendah Papua Barat, Dataran Rendah Papua Selatan, dan Area Sekunder Dataran Rendah Papua Tenggara

Kesimpulan

Meskipun anis puyuh ajax tidak termasuk jenis burung dilindungi, demi kelangsungan hidup dari burung ini butuh kesadaran dari semua pihak karena semakin maraknya perburuan dan pebangan hutan liar

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri Fisik Anis-puyuh ajax, Painted Quail-thrush (Cinclosoma ajax)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *