Anis Tanimbar, Slaty-backed Thrush (Geokichla schistacea)

Anis Tanimbar, Slaty-backed Thrush (Geokichla schistacea) – Anis Tanimbar merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Turdidae dan Genus Geokichla atau merupakan salah satu dari beberapa jenis burung anis yang dapat di jumpai di Indonesia. Meskipun burung yang memiliki nama ilmiah Geokichla schistacea atau Slaty-backed Thrush ini kalah tenar dengan saudara lainnya seperti anis kembang maupun anis merah, namun suara anis tanimbar tidak kalah merdunya dari ke dua jenis burung anis tersebut.

Ciri Fisik Anis Tanimbar, Slaty-backed Thrush (Geokichla schistacea)

 

anis tanimbar, slaty-backed thrush, geokichla schistacea, suara anis tanimbar, anis tanimbar jantan dan betina, merawat anis tanimbar, makanan anis tanimbar yang bagus, harga anis tanimbar

Burung anis tanimbar tergolong jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 16 samapi 17 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor. Tenggorokan dan dada hitam; alis dan bercak telinga putih; punggung abu-abu; palang sayap putih; ujung bulu ekor luar putih.

Pesebaran dan Ras

Burung anis ini selain merupakan salah satu jenis burung endemik Kepulauan Tanimbar (Yamdena, Larat), Nusa Tenggara Timur, burung ini tidak memiliki subspesies alias jenis lainnya

Suara Anis Tanimbar

Suara kicauan jenis burung anis ini cukup nyaring dan penuh irama, yang dibawakan dengan lagu-lagu mengalun pendek.

Habitat dan Kebiasaan

Burung anis endemik ini termasuk burung penghuni tetap di kawasan hutan primer dan hutan pamah sekunder di dataran rendah. Mereka lebih menyukai habitat yang bervegetasi rapat di sepanjang aliaran sungai, namun sering ditemukan juga di hutan terdegradasi yang berdekatan dengan lahan pertanian. Mencari makan di atas permukaan tanah, ketika terganggu akan terbang dan bertengger pada lapisan tengah tajuk. Diperkirakan lebih aktif saat musim hujan, kadang dijumpai dalam kelompok kecil.

Makanan

Makanan jenis burung anis dapat berupa serangga, cacing tanah, keong, dan buah-buahan yang ada di permukaan tanah.

Status

IUCN juga memasukkan anis tanimbar dalam daftar merah dengan status Hampir Terancam (NT). Spesies ini juga belum ditetapkan sebagai burung dilindungi. Namun melihat populasinya yang menipis, sebaiknya kita tak perlu menangkap, memelihara, dan melombakannya.

Baca juga : Cara Merawat Anis Kembang Mabung Agar Cepat Tuntas

Bagaimana Cara merawat burung anis tanimbar agar cepat gacor?

Agar burung anis tanimbar cepat gacor dan ngeplong, tentunya tidak lepas dari bagaimana cara merawat anis tanimbar yang baik dan benar, mulai dari kebersihan kandang, penjemuran dan makanan yang bagus untuk anis ini seperti voer yang bagus untuk burung dan pemberian pakan ekstra mulai dari jangkrik, kroto, ulat, buah-buahan dan lainnya.

Baca juga : Cara Memilih Voer Yang Bagus Untuk Burung Kicau

manfaat jangkrik untuk burung, manfaat jangkrik putih, cara memberikan jangkrik pada burung, mengolah jangkrik, makanan jangkrik, kandang ternak jangkrik, harga jangkrik

Berikut ini pola Perawatan harian dan stelan harian untuk burung anis ini sebagai berikut sehingga anis tanimbar cepat gacor dan ngeplong:

  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  • Bersihkan kandang harian. ganti atau tambahkan voer, air minum dan buah segar.
  • Berikan jangkrik 2 ekor pada cepuk extra fooding (EF/ pakan ekstra). Jangan pernah memberikan jangkrik secara langsung pada burung.
  • Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
    Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat dimaster dengan suara master atau burung-burung master.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali di teras, boleh dimandikan bila perlu.
  • Berikan Jangkrik 1 ekor pada cepuk EF.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara master selama masa istirahat sampai pagi harinya.

Bagaimana cara membedakan Anis tanimbar jantan dan betina?

Burung anis ini termasuk jenis burung monomorfik, dimana penampilan antara Anis tanimbar jantan dan betina tampak sama, meskipun begitu tetap ada perbedaan Anis tanimbar jantan dan betina

Cara membedakan Anis tanimbar jantan dan betina ada beberapa bagian yang dapat digunakan meskipun tidak akurat seratus persen. Burung Anis tanimbar Jantan warna bulunya cenderung cerah alias tegas daripada Anis tanimbar betina.

Sementara itu, guna untuk memastikannya biasanya para penghobi biasanya meraba bagian kloakanya untuk mengetahui kerapatan tulang supitnya.

 

Anis tanimbar jantan dan betina memiliki tulang supit yang berbeda, si jantan tulang supitnya biasanya lebih rapat, jika diraba terasa runcing. Sementara itu, untuk si betina tulang supitnya cenderung lebih lebar namun agak lembek.

Selain itu, untuk mengetahui jenis kelamainnya juga bisa dilihat dari segi tingkah laku. Biasanya si jantan akan mendongak-dongakkan kepalannya saat bertemu dengan jenis anis lain. Akan tetapi tingkah laku ini tidak dimiliki oleh Punglor Merah Betina.

Kapan waktu memaster anis tanimbar?

Untuk melakukan pemasteran burung anis ini terdapat beberapa anggapan yang beredar seperti melihat burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut.

Selain itu ada yang beraggapan harus menunggu burung anis ini dalam keadaan ganti bulu atau mabung. Sebenarnya untuk memaster burung anis ini tidak harus menunggu burung kicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu.

Karena burung kicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top performance pun juga dapat dilakukan pemasteran.

Secara logika memang dapat dibenarkan waktu pemasteran Anis ini saat mabung, karena burung saat mabung cenderung banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau.

Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada di sekelilingnya.

Baca juga : Anis Buru, Buru Thrush (Geokichla Dumasi)

Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suara burung anis ini, maka akan direkam dan ditirukan.

Kunci keberhasilan dalam memaster burung Anis ini adalah memaster burung dengan suara-suara masteran yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master.

Satu lagi yang terpenting, jangan lupa untuk selalu memperdengarkan suara-suara master tersebut secara berkala (Feedback) kepada burung anis tersebut. Supaya irama lagu yang sudah ada tidak hilang dan jadi rusak.

Dimana Untuk Mendapatkan Anis tanimbar?

Untuk mendapatkan burung pemangsa ini banyak yang dapat di lakukan mulai dari menjebak, mengambil anakan burung anis ini sampai membeli ke penjual. Lantas berapa harga Anis tanimbar?

Berapa Harga Anis tanimbar?

Untuk menjawab pertanyaan di atas bahwa harga Anis tanimbar memiliki harga yang tentunya tidak sama alias bervariasi di setiap daerah. Namun untuk harga anis ini, sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi dan jarang dijumpai di pasar burung, hal itu tidak lepas dari peminat burung anis ini tidak sebesar burung anis lainnya seperti anis merah, anis kembang, dan jenis burung anis lainnnya. Jika kami mendapatkan informasi tentang harga anis tanimbar, maka kami akan update artikel ini

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Anis Tanimbar, Slaty-backed Thrush (Geokichla schistacea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *