Apung Zaitun, Olive-backed pipit (Anthus hodgsoni)

Apung Zaitun, Olive-backed pipit (Anthus hodgsoni) – Apung zaitun merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Motacillidae dan genus Anthus. Burung yang dikenal dengan nama latin Anthus hodgsoni dan nama Olive Backed Pipit dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu dari 4 jenis burung apung yang dapat dijumpai di Indonesia. Burung apung ini merupakan salah satu jenis burung yang bukan penetap alias burung migrasi ketika habitat aslinya sedang musim dingin, mereka akan bermigrasi ketempat yang lebih hangat yaitu ke wilayah Asia Selatan serta Indonesia.

Ciri Fisik Apung Zaitun, Olive-backed pipit (Anthus hodgsoni)

apung zaitun, olive-backed pipit, anthus hodgsoni, suara apung zaitun, harga apung zaitun, merawat apung zaitun agar cepat gacor, makanan apung zaitun

Apung zaitun termasuk jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 15 cm dengan berat tubuh sekitar 17 sampai 25 gram. Apung zaitun jantan, memiliki tubuh yang berwarna coklat kehijauan dengan garis-garis coklat gelap pada bagian atasnya. Bagian dadanya putih dengan bercak-bercak berwarna hitam. Iris berwarna hitam. Alis di atas matanya berwarna putih. Paruhnya kecil berwarna kelabu.

Sedangkan apung zaitun betina, warna bulunya hampir sama dengan yang jantan. Hanya saja sedikit lebih kusam dan ukuran tubuhnya sedikit lebih gemuk.

Penyebaran

Burung apung ini pada musim panas biasanya menyebar dari Himalaya, Pakistan serta India, sampai ke barat menuju Nepal, ke China, lalu ke arah timur melalui Korea hingga ke Jepang. Serta ke arah utara dari Asia Tengah menuju ke Eropa utara dan timur Rusia.

Baca juga : 46 Jenis Burung Apung Lengkap dengan Gambar

Ketika musim dingin, burung apung ini akan bermigrasi ke wilayah selatan di seluruh benua Asia, dari semenanjung India, ke timur hingga ke Asia Tenggara serta Filipina.

Terdapat dua sub-spesies yang dikenali dengan persebaran berbeda seperti di bawah ini :

  • Anthus hodgsoni hodgsoni – Himalaya ke Cina dan Jepang
  • Anthus hodgsoni yunnanensis – Rusia ke Kamchatka Peninsula dan Mongolia, Cina dan Jepang.

Suara apung zaitun

Suara apung zaitun terdengar seperti suara apung pohon, tetapi lebih cepat dan bernada tinggi. Terdengar seperti “tzzzeet” pendek yang berdengung.

Habitat dan Kebiasaan

Burung apung ini suka menghuni daerah hutan terbuka yang memiliki banyak semak dan pohon-pohon yang rindang. Umumnya ketika musim dingin mereka menghuni di hutan cemara, dan ketika musim panas mereka akan menghuni perkebunan dan hutan terbuka. Sama seperti keluarga burung pipit lainnya, burung apung ini sering terlihat menyendiri maupun berpasangan. Sering terbang rendah di atas permukaan tanah untuk mencari makanan. Sering juga terlihat terbang secara berkelompok.

Makanan

Di habitat aslinya, jenis burung apung ini memakan serangga kecil seperti kutu, kumbang, belalang. Terkadang juga makan biji-bijian kecil dan juga gulma atau hama padi maupun hama biji-bijian.

Baca juga : Cara Mengatasi Suara Burung Serak dengan Daun Anting-anting

Reproduksi

sarang burung apung, anakan apung jantan dan betina, harga anakan apung

Di habitat aslinya, Apung zaitung berkembang biak pada bulan Mei hingga bulan Juli. setelah kawin, biasanya burung ini akan membuat sarang yang berbentuk seperti cangkir yang terbuat daru rumput dan lumut, yang diletakkan di atas tanah. Umumnya, burung apung ini meletakkan sarangnya di semak-semak belukar maupun di sela-sela bebatuan di tempat yang terbuka serta penuh dengan semak. Apung zaitun akan bertelur sebanyak 2 hingga 3 butir. Telurnya berwarna coklat tua

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri Fisik Apung Zaitun, Olive-backed pipit (Anthus hodgsoni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *