Asi Topi-sisik, Scaly-crowned Babbler (Malacopteron cinereum)

Asi Topi-sisik, Scaly-crowned bagianbler (Malacopteron cinereum) – Burung Asi Topi-sisik merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Pellorneidae dan Genus Malacopteron. Burung yang memiliki nama ilmiah Malacopteron cinereum atau Scaly-crowned Babbler termasuk burung berukuran kecil yang dapat dijumpai di beberapa daerah termasuk di Indonesia.

Ciri Fisik Asi Topi-sisik, Scaly-crowned bagianbler (Malacopteron cinereum)

asi topi-sisik, scaly-crowned babbler, malacopteron cinereum, harga asi topi-sisik, suara asi topi-sisik gacor, makanan asi topi-sisik, asi topi-sisik jantan dan betina, asi topi-sisik agar cepat gacor

Burung asi topi sisik termasuk jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 15 cm. Jika dilihat dari corak warna yang ada pada tubuhnya, ciri khas burung asi topi sisik ini sekilas menyerupai burung cinenen dengan warna merah karat serta warna cokelat renta yang ada pada bagian atas tubuhnya. Namun, untuk bagian bawah badan burung asi topi sisikini tampak berwarna putih cerah, serta sedikit kusam pada pada perut hingga bagian tunggirnya.

Baca juga : Anis Nusa Tenggara, Chestnut-backed Thrush (Geokichla dohertyi)

Tak hanya itu saja, warna merah karat yang mendominasi tubuhnya hanya tampak pada bagian mahkotanya saja. Kemudian untuk warna cokelat terlihat sebagian besar di seluruh bagian atas tubuhnya mulai dari belakang kepala, tengkuk, punggung, sayap, hingga hingga pada bagian ekornya. Ciri khas burung asi topi sisik lainnya ialah bulu-bulu yang terdapat di bagian mahkota kepala dan tenggorokan sanggup tegak bangun saat burung itu berkicau.

Bagian paruhnya yang ukurannya pendek dan terlihat tipis dengan warna krim. Lalu di bagian ekornya mempunyai warna kecokelatan dengan ukuran sedang. Untuk bagian kakinya mempunyai warna cokelat kehitaman yang ukurannya panjang dengan cakar yang tajam. Bagian matanya yang berwarna kehitaman ukurannya sedang dan tampak bulat.

Pernyebaran dan Ras

Secara global, asi topi-sisik tersebar di Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatera (termauk pulau satelitnya, Kalimantan (termasuk Natuna), dan Jawa. Terdiri dari 4 sub-spesies yang dikenali, dengan daerah persebaran:

  • M.c. indochinense (Robinson & Kloss, 1921) – Thailand timur, Kamboja, Laos tengah & selatan dan Vietnam (dari Tonkin tenggara ke selatan).
  • M.c. cinereum Eyton, 1839 – Thailand selatan, Semenanjung Malaysia, Sumatera (termasuk kepulauan di lepas pantai timur), Kep. Natuna utara dan Kalimantan.
  • M.c. niasense (Riley, 1937) – P. Nias I, Sumatera Barat.
  • M.c. rufifrons Cabanis, 1851 – Pesisir selatan Jawa.

Suara Asi Topi-sisik

Ciri khas burung asi topi sisik ini mempunyai kicauan yang terdengar nyaring dan agak melengking dengan volume yang tinggi. Temponya memang cepat dengan nada yang pendek serta dibunyikan dengan terus-menerus. Burung asi topi sisik ini kicauannya juga terdengar tidak beraturan tapi terdengar cukup riuh dan lantang.

Dapatkan : Suara burung kutiliang gacor full isian

Habitat dan Kebiasaan

Kehidupan burung Asi Topi-sisik di alam liar mendiami area hutan dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian mencapai 1200 meter di atas permukaan laut. Jenis hutan yang menjadi tempat tinggalnya berada di hutan tepi pantai, hutan primer, dan hutan yang ada di dataran rendah. Sewaktu mencari makanan biasanya burung Asi Topi-sisik bergerak dalam bentuk kelompok dengan mengeluarkan suara yang riuh.

Makanan

Jenis makanan yang menjadi santapannya setiap hari cukup beragam mulai dari serangga, invertebrata kecil, dan aneka jenis buah-buahan.

Reproduksi

Sarang berbentuk cawan, pada semak atau pohon muda, dekat permukaan tanah. Telur jumlah 2 butir. Berbiak bulan April-Juni, Oktober, Desember.
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri Fisik Asi Topi-sisik, Scaly-crowned bagianbler (Malacopteron cinereum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *