Bambangan Cokelat, Von Schrenck’s Bittern (Ixobrychus eurhythmus)

Bambangan Cokelat, Von Schrenck’s Bittern (Ixobrychus eurhythmus) – Bambangan Cokelat merupakan salah satu jenis burung dari keluarga Ardeidae dan Genus Ixobrychus. Burung yang dikenal dengan sebutan Ixobrychus eurhythmus dalam bahasa ilmiahnya atau Von Schrenck’s Bittern dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu jenis burung yang dapat dijumpai di Indonesia.

Ciri Fisik Bambangan Cokelat, Von Schrenck’s Bittern (Ixobrychus eurhythmus)

bambangan cokelat, von schrencks bittern, ixobrychus eurhythmus, suara bambangan cokelat, harga bambangan cokelat, bambangan cokelat jantan dan betina, merawat bambangan cokelat

Burung bambangan cokelat tergolong jenis burung berukuran kecil jika dibandingkan dengan jenis burung bambangan lainnya dengan panjang tubuh sekitar 33 sampai 38 cm. Burung bambangan cokelat jantan akan mempunyai mahkota berwarna hitam di bagian kepalanya, tubuh bagian atas berwarna cokelat keunguan, sedangkan tubuh bagian bawah terdapat bercak berwarna cokelat dengan corak seperti garis-garis gelap ke bawah tenggorokan dan dada, bambangan cokelat betina mempunyai warna tubuh lebih cokelat dengan bintik-bintik putih, hitam dan cokelat pada bagian atas dan garis-garis pada bagian bawahnya.

Jenis burung bambangan ini akan sangat terlihat indah saat terbang, akan terlihat nyata sayap bagian bawah burung ini berwarna abu-abu, matanya berwarna kuning sedangkan paruhnya berwarna kuning kehijauan dan kakinya berwarna hijau.

Suara Bambangan Cokelat

Sedangkan untuk suara bambangan cokelat masih belum mendapatkan informasi seperti suara bambangan ini

Baca juga : Cara Mengatasi Suara Burung Serak dengan Mudah

Persebaran

Mereka akan sangat banyak ditemuka n di Cina Timur, adapun daerah habitatnya adalah di rumpun buluh, sawah, tambah, lahan basah dan juga rawa. Namun bukan hanya Negara yang telah disebutkan saja yang menjadi habitatnya, buktinya jenis burung bambangan ini tertangkap habitatnya di Siberia tenggara, Korea dan juga Jepang. Sedangkan di Indonesia persebaran burung ini ada di Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Sulawesi.

Habitat dan Kebiasaan

Burung bambangan ini menyukai tempat lahan terbuka dan basah seperti di rumput buluh, sawah, tambah, dan juga rawa. Mereka mungkin sulit untuk dilihat, mengingat gaya hidup mereka yang menyimpang dan habitat buluh, tetapi cenderung muncul saat senja, ketika mereka terlihat merayap hampir seperti kucing untuk mencari mangsa.

Makanan

Pada umumnya, burung mempunyai selera makan yang sama khususnya untuk semua jenis burung bambangan, mereka akan sangat menyukai memakan ikan kecil, udang kecil, katak, kecebong, jangkrik dan serangga air lainnya. Mereka dengan mudah mendapatkan makanannya di habitatya, mereka terkadang menyambar mangsanya maupun dengan berjalan perlahan-lahan disekitar perairan.

Baca juga : Mandar Australia, Australasian swamphen (Porphyrio melanotus)

Reproduksi

sarang burung mandar, telur burung mandar, burung mandar jantan dan betina

Untuk cara berkembangbiak jenis burung bambangan ini adalah dengan cara bertelur (ovipar), dengan ciri khas sifatnya yang pemalu sehingga sering ditemukan burung bambangan cokelat hidup secara individual tanpa dengan kelompok. Mereka akan meletakkan telur tersebut pada rumpun mambu ataupun semak-semak, induk akan mengengrami hingga menetas, menjaga dan mencarikan makanan berupa binatang kecil untuk anaknya yang belum mampu terbang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentng ciri fisik Bambangan Cokelat, Von Schrenck’s Bittern (Ixobrychus eurhythmus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *