Baza Jerdon, Jerdon’s Baza (Aviceda jerdoni)

Baza Jerdon, Jerdon’s Baza (Aviceda jerdoni) – Burung baza jerdon merupakan salah satu jenis burung pemangsa dari keluarga Accipitridae dan genus Aviceda. Burung yang dikenal dengan sebutan aviceda jerdoni dalam bahasa ilmiahnya atau jerdon’s baza dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu jenis burung yang dapat dijumpai di beberapa daerah Indonesia

Ciri Fisik Baza Jerdon, Jerdon’s Baza (Aviceda jerdoni)

baza jerdon, jerdon’s baza, aviceda jerdoni, merawat elang baza jerdon, harga elang baza jerdon, suara baza jerdon, melatih elang baza jerdon, baza jerdon hunting

Elang baza jerdon tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 45 cm, berwarna coklat dengan jambul panjang yang sering terangkat naik. Bagian atas coklat, bagian bawah putih dengan setrip mesial hitam. Dada bercorak merah gelap, perut bergaris datar merah gelap. Untuk ras Kalimantan kepala dan sisi leher merah karat. Perbedaannya denan Elang Alap Jambul (Accipiter trivirgatus) jambul lebih panjang dan ujung sayap nyaris mencapai ujung ekor.

Perbedaanya dengan Elang Gunung (Spizaetus alboniger) dan Elang Wallace (Spizaetus nanus) remaja ukuran lebih kecil, sayap relatif lebih panjang, tarsus tanpa bulu. Ciri-ciri jenis ini ketika terbang sayap terlihat lebar, sangat panjang, dan melebar di ujung, serta ekor terpotong lurus.

Baca juga : Elang Gunung, Blyth’s Hawk-eagle (Nisaetus Alboniger)

Iris merah kuning, paruh hitam dengan sera abu-abu biru pucat, kaki dan tungkai kuning.

Penyebaran dan Ras

Penyebaran global: Jenis ini tersebar luas di Asia. Mulai dari Sri lanka, Himalaya, India, Cina Selatan, Asia Tenggara dan Indonesia.
Di Indonesia: Tersebar luas di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Kabaena, Banggai dan Kepulauan Sula.

Secara global, terdapat lima subspesies yang dikenali dengan persebaran berbeda yaitu :

  • A.j. borneensis (Sharpe, 1893) : Borneo;
  • A.j. celebensis (Schlegel, 1873) : Sulawesi termasuk Kep. Banggai dan Sula;
  • A.j. ceylonensis (Legge, 1876) : India bagian barat laut dan Sri Lanka;
  • A.j. jerdoni (Blyth, 1842) : Barat daya India, Myanmar, Cina, Thailand, Semenanjung Malaysia, Sumatera;
  • A.j.magnirostris (Kaup, 1847) : Filippina.
  • A. j. leucopias (Sharpe, 1888) – Filippina

Suara Baza jerdon

Seperti suara kucing mengeluh ” pii-wiioh”, nada kedua berangsur-angsur hilang, mirip suara Elang Ular Bido (Spilornis cheela).

Habitat dan Kebiasaan

Menghuni seluruh kawasan hutan hujan mulai dari bagian bawah hingga mencapai ketinggian 1800 m dpl. Namun demikian, lebih banyak ditemukan mulai dari ketinggian 200-1800 m dpl. Selain hutan hujan, jenis ini juga ditemukan di kawasan hutan industri dengan tipe vegetasi hutan pinus.

Migrasi tidak lengkap (Bildstein 2006) untuk anak jenis Aviceda jerdoni jerdoni.  Perilaku yang menarik untuk di amati adalah pada saat berburu. Perilaku berburu jenis ini lebih sering terlihat dari atas cabang pohon sambil mengamati gerakan mangsanya kemudian akan meluncur menangkap mangsa ketika mangsanya terlihat. Jenis ini juga menyukai daerah pinggir hutan dan hutan pantai yang terlihat terbang berputar-putar dengan suaranya yang berisik.

Makanan

Makanan utamanya adalah Ular, kadal, Katak dan Serangga. Mengintai mangsanya dari tempat bertengger, kemudian menyergap mangsa dan membawa kembali ke tenggeran. Menyukai tempat terbuka untuk beruru.

Reproduksi

sarang burung elang, cara melatih elang, makanan elang, harga elang terbaru

Sarang memiliki struktur yang tebal dan dalam, sarang berada di pohon dengan ketinggian antara 7 – 20 meter. Di Sumatera, di Taman Nasional Gunung Leuser, sarang berada di pohon dengan ketinggian 35 meter dekat dengan jalan utama di hutan primer dengan tipe tanaman Dipterocarpus. Periode berbiak Januari – Maret dengan perjumpaan satu anak di sarang (Buij 2003; Buij et.al 2006). Jumlah telur 2 dengan ukuran telur 44.7×33.6 mm (Robson 2000).

Status

Sama seperti jenis burung pemangsa lainya jenis ini di indonesia dilindungi. Jenis ini sudah dilindungi beberpa peraturan pemerintah dan undang-undang yang berlaku di indonesia. Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999. IUCN; Least Concern.

Referensi

  • BirdLife International (2016). “Aviceda jerdoni”. Daftar Merah Spesies Terancam IUCN . 2016: e.T22694956A93480971. doi: 10.2305 / IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22694956A93480971.en . Diakses tanggal 10 Januari 2020.
  • Rasmussen, PC & Anderton JC 2005.Burung dari Asia Selatan. Panduan Ripley. Vols. 1 dan 2. Smithsonian Institution dan Lynx Edicions, Washington, DC dan Barcelona
  • Beolens, Bo; Watkins, Michael (2003). Burung siapa? Pria dan Wanita yang Diperingati dalam Nama Umum Burung . London: Christopher Helm. hlm. 180–181.
  • Ali, S & Ripley, SD 1983.Buku Pegangan Burung India dan Pakistan. Edisi kompak. Oxford University Press. Delhi
  • Peters, James Lee (1931). Daftar periksa burung dunia. Jilid 1 . Cambridge: Harvard University Press. hlm. 195–196.
  • Buij, R. 2003 Perilaku perkembangbiakan Jerdon Baza Aviceda jerdoni di Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatra, Indonesia: rekor bersarang pertama di Sumatera. Forktail Vol. 19 Klub Burung Oriental.
  • Chan, YM, Wang, LK & We, YC (2007) Jerdon Baza Aviceda jerdoni di Singapura. BirdingASIA 8: 45-48
  • del Hoyo, J., Elliot, A. dan Sargatal, J. (1994) Buku Pegangan Burung-Burung Dunia. Vol. 2: NewWorldVultures ke Guineafowl. Barcelona: Lynx Edicions.
  • D’abreu, Jurnal Masyarakat Sejarah Alam Bombay, 20: 518

Bagaimanan Cara Merawat Elang Baza Jerdon?

Sebelum memutuskan untuk merawat Elang Baza Jerdon, kami sarankan untuk mempertimbangkan beberapa hal. Selain burung ini tergolong burung yang dilindungi, anda harus siap mengalami cedera seperti luka akibat cengkraman cakar dalam merawat jenis burung alap-alap.

Selain itu, anda harus memahami karakter dari burung pemangsa itu sendiri dan butuh biaya yang tidak sedikit dalam merawat elang ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah memenuhi kebutuhan yang diperlukan dalam merawat burung ini seperti perlengkapannya

Perlengkapan

falconry equipment, perlengkapan falconry, istilah falconry, glove falconry, kebutuhan falconry, cara merawat elang, cara merawat alap-alap, harga elang, harga alap-alap

Burung Elang-alap ini sebaiknya tak ditempatkan dalam kandang karena di alam bebas mereka terbiasa memangsa. Tempatkan mereka di luar kandang dengan dibuatkan tangkringan untuk tempat mereka bertengger. Agar tidak lepas, berikan semacam semacam tali di kakinya yang di kaitkan ke tangkringan tersebut.

Baca juga : Istilah Falconry

Jenis makanan Elang Baza Jerdon

Seperti yang sudah disinggung, dalam merawat Elang Baza Jerdon membutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti kebutuhan makanan yang dibetikan. Dalam memberikan makanan, hindarilah memberikan jenis makanan yang berbau bahan kimia seperti ayam pedaging dan juga makanan yang bukan yang semestinya

Selain memberikan makanan yang baik, jangan lupa untuk memberikan vitamin untuk burung pemangsa dan minyak ikan setidaknya satu minggu sekali

Dimana Untuk Mendapatkan Baza Jerdon?

Untuk mendapatkan burung pemangsa ini banyak yang dapat di lakukan mulai dari menjebak, mengambil anakan Elang Baza Jerdon sampai membeli elang ini ke penjual. Lantas berapa harga Elang Baza Jerdon?

Berapa harga Elang Baza Jerdon?

Untuk menjawab pertanyaan di atas bahwa harga Elang Baza Jerdon kami yang memiliki harga yang tidak sama, baik harga Elang Baza Jerdon juvenile alias remaja atau harga Elang Baza Jerdon brancher alias anakan maupun Elang Baza Jerdon real hunting.

Namun untuk harga elang baza jerdon sampai postingan ini ditulis belum mendapatkan informasi, hal tersbut sangat jarang dijumpai baik di pasar gelap hewan dilindungi

Kapan mulai melatih Elang Baza Jerdon?

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa merawat burung ini tidaklah semudah membalikkan tangan, karena burung ini perlu dilatih agar tidak menghilangkan sifat alaminya sebagai burung pemangsa.

Hal tersebut diperlukan jika suatu saat burung ini perlu di lepas lagi ke alam untuk menjaga populasi dari burung ini. Untuk memulai melatih elang ini, mulailah sejak masih anakan untuk membunuh mangsa
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri Fisik Baza Jerdon, Jerdon’s Baza (Aviceda jerdoni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *