Betet Ekor Panjang, Long-tailed parakeet (Psittacula longicauda)

Betet Ekor Panjang, Long-tailed parakeet (Psittacula longicauda) – Betet ekor panjang merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok selain jensi burung kakatua dan jenis burung nuri dari keluarga Psittaculidae dan genus Psittacula. Dari beberapa jenis burung betet yang paling banyak digemari oleh para pecinta burung adalah burung betet ekor panjang. Burung yang dikenal dengan sebutan Psittacula longicauda dalam bahasa ilmiahnya atau long-tailed parakeet dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang dapat dijumpai di daerah Indonesia.

Ciri fisik Betet Ekor Panjang, Long-tailed parakeet (Psittacula longicauda)

Betet Ekor Panjang, Psittacula longicauda long tailed parakeet

Betet ekor panjang memiliki panjang tubuh sekitar 40-48 cm dan berat tubuh sekitar 168–196 g dengan Panjang sayap sekitar 14 – 15 cm dan panjang ekor sekitar 15 – 27 cm. Warna dada burung ini berwarna hijau, ekor panjang bertahap. Jantan: mahkota hijau, sisi-sisi kepala merah, ada garis hitam tebal mirip kumis, mantel biru pucat, ekor berujung kuning, dan sayap kebiruan. Betina: lebih buram, kumis kehijauan, tidak ada warna biru pada punggung. Saat terbang, terlihat penutup sayap bawah kuning. Iris kuning kehijauan, paruh merah dengan ujung seperti tanduk, kaki abu-abu.

Baca juga : Ciri-ciri Betet Kelapa buru

Pesebaran dan Ras

Scara lokal umum terdapat di daerah pesisir dan dataran rendah, terutama di hutan terbuka, perkebunan, hutan mangrove, tepi hutan hujan tropis, hutan sekunder,, pinggiran taman kota dengan pohon-pohon tinggi. ditemui sampai dengan ketinggian 300 m. Bburung betet ekor panjang terdapat 5 subspesies denga penyebaran betet ekor panjang sebagai beriku

  • P. l. tytleri (A. O. Hume, 1874) – Kepulauan Andaman dan coco
  • P. l. nicobarica (Gould, 1857) – Kepulauan nicobar
  • P. l. longicauda (Boddaert, 1783) – Semenanjung Malaysia dan Singapura melalui Sumatra, Nias dan Bangka ke Kalimantan.
  • P. l. defontainei Chasen, 1935 – Natuna dan Karimata, Kepulauan Riau dan Belitung; mungkin lomba ini di Anambas.
  • P. l. modesta (Fraser, 1845) – sumatera

Suara Betet Ekor Panjang

Suara keras melengking, terdengar dari atas pohon dan sewaktu terbang.

Habitat dan Kebiasaan

Scara lokal umum terdapat di daerah pesisir dan dataran rendah, terutama di hutan terbuka, perkebunan, hutan mangrove, tepi hutan hujan tropis, hutan sekunder,, pinggiran taman kota dengan pohon-pohon tinggi. ditemui sampai dengan ketinggian 300 m.

Terbang cepat dalam kelompok besar dengan beranggotakan sekitar 20 ekor, tampaknya nomaden, juga melakukan migrasi musiman, kadang-kadang ditemukan pada pohon- sarang Nuri Tanau (Psittinus cyanurus), bergerak cepat di diantara cabang pohon, memiliki suara yang berisik, terus menerus berteriak dengan suara yang mencolok; memulai aktifitas mencari makan pada saat setelah matahari terbit, ditemukan pada siang hari di pohon-pohon tinggi sedangkan di sore hari dilanjutkan mencari makan sebelum terbang ke pohon sarang.

Baca juga : ciri-ciri burung nuri raja papua

Makanan

Betet ekor panjang menyukai Buah-buahan (Pandanus, daun pepaya, Dryobalan-ops sp.), biji, bunga (Acacia) dan kuncup daun; karena itu betet sering disebut sebagai hama pertanian karena menyebabkan kerusakan di perkebunan kelapa di beberapa daerah.

Reproduksi

musim kawin pada bulan Februari sampai Juli, sebagian besar sarang di cabang berlubang atau lubang di pohon-pohon mati, hanya kadang-kadang di pohon hidup; dalam satu kasus 10 m dari dasar pohon; sarang dipenuhi makanan dan mengunyah potongan-potongan kulit kayu; telur mencapai 2-3 butir, dengan ukuran telur 30,6 x 24,7 telur mm. Inkubasi: 23 hari.

Bagaimana Cara Merawat Burung Betet Ekor Panjang?

Setelah anda mengetahui beberapa deskripsi tentang burung ini, tentunya anda tidak menutup kemungkinan untuk merawat Betet Ekor Panjang ini meskipun burung ini termasuk burung dilindungi. Dibawah ini kami ulas secara umum bagaimana cara merawat burung Betet Ekor Panjang yang baik dan benar mulai dari jenis makanan Betet Ekor Panjang, cara menjinakkan burung betet dan beberapa poin yang akan kami bahas

1. Kandang

Pertama yang perlu diperhatikan adalah kandang. Kandang untuk burung betet sebisa mungkin berukuran sedang saja. Namun, jika anda memiliki jenis yang besar, makan sediakan kandang yang besar. Untuk bahan kandang lebih baik terbuat dari kayu kelapa atau kayu enau. Kebersihan kandang sendiri juga harus selalu diperhatikan dan semprotkan disinfektan.

2. Hindari penggunaan rantai

Terkadang ada beberapa orang pecinta burung betet yang menyarankan merantai burung walaupun sudah dimasukan ke dalam kandang. Padahal penggunaan rantai pada burung betet ini dapat membuat burung stress dan juga rawan akan lecet di kakina. Jadi lebih baik anda tidak menggunakan rantai ketika memelihara burung betet.

3. Makanan

Hal paling utama agar burung betet adalah dari makanan. Dikenal sebagai burung yang berumur panjang, tentu saja makanan menjadi perhatian utama. Anda dapat memberikan pisang, pepaya dan apel secara rutin. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat memberikan biji-bijian yang berkualitas serta kacang-kacangan. Sayuran pun juga dapat diberikan untuk makanan burung ini.

4. Hindari voer basah

Sebisa mungkin anda jangan memberikan burung betet makanan dari voer basah. Voer basah sendiri akan menyebabkan beberapa penyakit karena sisa makanan yang menempel pada paruh dan juga bulunya. Lebih baik berikan saja makanan yang sudah disarankan seperti buah, sayur dan biji-bijian.

Baca juga : Perkici Dora, Ornate Lorikeet (Trichoglossus ornatus)

5. Hindari stress pada burung betet

Burung Betet Ekor Panjang memang sangat kuat, namun mungkin juga akan terkena stress yang berakibat sangat fatal. Jika burung mengalami kondisi ini, anda dapat memeriksakan ke dokter dan mendapatkan suntikan anti stess. Buatlah burung merasa senyaman mungkin ketika berada di kandang dan jauhkan mereka dari suara ramai.

6. Pemberian minum

Burung betet -raja papua sangat rentan terkena dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk itu, anda perlu memperhatikan ketersediaan air minum yang cukup. Selain itu anda juga harus selalu mengganti air minum untuk burung betet agar burung selalu mendapatkan air bersih setiap saat, di mana anda dapat menggantinya sehari sekali.

7. Memandikan dan menjemur

Memandikan burung betet sendiri sangatlah penting, di mana tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan bulu dan juga kulit burung. Anda dapat memandikan burung dengan cara disemprot dengan air bersih dan biarkan tubuh burung basah sepenuhnya. Baru setelah itu anda dapat menjemur burung di bawah terik matahari sebelum jam 9 pagi.

Dimana mendapat burung Betet Ekor Panjang?

Banyak cara untuk mendapatkan burung betet yang cantik ini, salah satunya dengan cara menangkap di alam liar atau membeli ke pemikat, namun hal ini sangat tidak direkomendasikan. Selain itu, anda bisa mendapatkan dari penangkar.

Berapa harga burung Betet Ekor Panjang?

Sedangkan untuk harga Betet Ekor Panjang, sementara kami belum dapat memberikan info tentang harga jenis betet ini. Salah satu alasannya adalah bahwa betet ini jarang dijumpai

Bagaimana cara menjinakkan burung Betet Ekor Panjang?

Bagi pemilik burung yang mendapatkan burung betet dari alam liar atau dibeli dari pemilik sebelumnya terkadang belum jinak dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan pemilik barunya. Dibawah ini merupakan cara murah menjinakkan Betet Ekor Panjang

Baca juga : Cara Menjinakkan Burung Liar Hasil Tangkapan Hutan

  • Beri Sangkar yang Nyaman
  • Jauhkan dari Keramaian
  • Sediakan Pakan dan Minuman yang Disukai
  • Dekati Secara Berkala
  • Mandikan Burung
  • Jemur di Pagi Hari
  • Berikan Makanan dengan Lidi
  • Berikan Makanan dengan Tangan
  • Dengarkan Suara Alam dan Aktifitas Manusia
  • Dekatkan dengan Aktifitas Keluarga

Bagaimana Cara Membedakan Betet Ekor Panjang jantan dan betina

Betet Ekor Panjang, Long-tailed parakeet, Psittacula longicauda, merawat betet ekor-panjang, harga betet ekor panjang, menjinakkan burung betet, betet ekor panjang jantan dan betina

Burung paruh bengkok ini secara seksual dimorfik alias kelamin betet ekor panjang jantan dan betina memiliki penampilan yang hampir sama. Namun dibawah ini bisa dijadikan pandangan cara membedakan betet ekor panjang jantan dan betina

Ciri-ciri betet ekor panjang jantan

  • Betet ekor panjang jantan memiliki mahkota hijau
  • sisi-sisi kepala merah
  • ada garis hitam tebal mirip kumis
  • mantel biru pucat
  • ekor berujung kuning dan sayap kebiruan

Ciri-ciri betet ekor panjang betina

  • Betet ekor panjang betina warnanya lebih buram
  • kumis kehijauan
  • tidak ada warna biru pada punggung.
  • Saat terbang, terlihat penutup sayap bawah yang kuning,

Apa perbedaan betet ekor panjang dengan betet biasa?

Untuk membedakan betet ekor panjang dan betet biasa, perbedaan terletak pada tubuh bagian bawah hijau dan sisi-sisi kapala merah. Iris kuning kehijauan, paruh merah dengan ujung seperti tanduk, kaki berwana abu-abu.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Betet Ekor Panjang, Long-tailed parakeet (Psittacula longicauda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *