Betet-kelapa Buru, Black-Lored Parrot (Tanygnathus gramineus)

Betet-kelapa Buru, Black-Lored Parrot (Tanygnathus gramineus) – Burung betet kelapa buru merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok sama halnya dengan jenis burung kakatua termasuk jenis lihah dan cara makannya juga sama. Namun strukturnya tidak sekuat dan sekokoh kakatua. Burung dari dari keluarga Psittaculidae dan Genus Tanygnathus ini memiliki nama ilmiah Tanygnathus gramineus atau dalam bahasa inggrisnya black-lored parrot ini salah satu jenis burung endemik Indonesia dengan ciri khas yang hampir dikujur tubuhnya di dominasi dengan warna hijau. Burung ini salah satu ke jenis burung langka indonesia atau sebagian noktural. Ini pertama kali dilaporkan dalam literatur ilmiah oleh ahli burung Belanda Hendrik Cornelis Siebers (1890-1949) pada tahun 1930.

Ciri Fisik Betet-kelapa Buru, Black-Lored Parrot (Tanygnathus gramineus)

Betet Kelapa Buru, Black-Lored Parrot Tanygnathus gramineus

Betet kelapa buru memiliki panjang tubuh sekitar 40-42 cm dengan bulu pada umumnya berwarna hijau, termasuk tunggir dan bahu; kekang hitam. Sedangkan perbedaan kelamin betet kelapa buru jantan dan betina adalah : Jantan paruh merah dan Betina paruh putih keabu-abuan. Bandingkan dengan remaja Betet-kelapa paruh-besar (tunggir biru; paruh lebih besar).

Baca juga : Ciri-ciri Burung nuri raja papua

Persebaran dan Ras

Endemik di Buru, Maluku selatan. Hanya ada sedikit catatan baru-baru ini dari beberapa daerah, meskipun ini jelas merupakan cerminan dari kurangnya pekerjaan lapangan malam di ketinggian. Menurut catatan awal, itu mungkin tidak biasa, dan fakta bahwa pencarian baru-baru ini telah bertemu dengan sedikit keberhasilan menunjukkan itu mungkin telah menurun. Jenis yang kurang dikenal. Burung ini menghuni hutan dengan ketinggian mencapai sekitar 600-1700 m dari permukaan laut. Burung ini sebagian besar menempati bagian tengah hutan yang paling tinggi dari tempat yang ia tempati.

Suara Betet Kelapa Buru

Habitat dan Kebiasaan

Hidup di hutan pegunungan dan perbukitan. Hanya sedikit informasi yang diketahui. Biasanya terlihat sendiri. Lebih sering terdengar dari pada terlihat. Aktif sepajang hari dan sebagian besar (mungkin hampir secara eksklusif) aktif pada pada malam hari, namun hal ini belum tentu dapat dibenarkan karena tidak memiliki penjelasan yang terdokumentasi. Mungkin berpindah-pindah secara lokal.

Makanan

Makanan utama dari burung betet buru ini diantaranya yaitu seperti buah-buahan, biji-bijian, dan juga bunga. Pada umumnya mereka akan mencari makan dalam sebuah kelompok yang berisi sampai dengan10 ekor. Selain itu mereka juga sering berpindah-pindah tempat untuk mengikuti ketersediaan buah-buahan yang ada di wilayah hutan pegunungan.

Baca juga : Ciri-ciri Kakatua koki, Sulphur-crested cockatoo

Reproduksi

Musim kawin dari burung betet buru terjadi antara bulan Desember sampai dengan Februari. Dalam sekali musim kawin mereka bisa menghasilkan telur sampai dengan 5 butir. Lain halnya dengan jenis betet lainnya, sebagian besar termasuk jenis nokturnal (yang mana aktif di malam hari). Hilangnya habita atau tempat tinggal jenis burung ini merupakan ancaman utama bagi kehidupan jenis burung Betet kelapa Buru ini. Sebab sbagian besar hutan dataran rendah pesisir sekarang ini sudah ditebang. Selain itu untuk hutan di bagian selatan Buru juga sudah berkurang sebab ditebang pilih, atau telah rusak akibat kegiatan perladangan yang berpindah.

Dan saat ini hanya ada beberapa blok-blok hutan dataran rendah primer saja yang masihtersisa. Sebagian besar hutan pegunungan di Burjuga masih bisa dikatakan relatif aman, meskipun tidak ada yang dilindungi.

Status

Oleh CITES, perdagangan burung Nuri cokelat diklasifikasikan dalam daftar Appendix II. Sedangkan oleh pemerintah Indonesia, keberadaan burung Nuri cokelat dilindungi (ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 dan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990.

Sehingga izin pemeliharaan dan jual-beli hewan ini diatur ketat dan hanya diperbolehkan pada individu-indivu hasil penangkaran belaka. Dan penagkapan serta perburuan di habitat aslinya dilarang.

Harga Betet kelapa buru

Sedangkan harga burung betet kelapa buru kami masih belum mendapatkan informasi hal ini dikarenan sulit dijumpai dan burung ini salah satu jenis burung yang dilindungi Indonesia

Bagaimana Cara menjinakkan betet kelapa buru liar?

Bagi pemilik burung yang mendapatkan burung betet dari alam liar atau dibeli dari pemilik sebelumnya terkadang belum jinak dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan pemilik barunya. Dibawah ini tahapan-tahapa untuk menjinakkan betet-kelapa buru liar

  • Beri Sangkar yang Nyaman
  • Jauhkan dari Keramaian
  • Sediakan Pakan dan Minuman yang Disukai
  • Dekati Secara Berkala
  • Mandikan Burung
  • Jemur di Pagi Hari
  • Berikan Makanan dengan Lidi
  • Berikan Makanan dengan Tangan
  • Dengarkan Suara Alam dan Aktifitas Manusia
  • Dekatkan dengan Aktifitas Keluarga

Di malam hari, letakkan sangkarnya di dekat dengan keluarga beraktifitas misalnya di ruang tengah agar ia merasa tenang dan merasa berada di tempat yang aman. Ia akan sadar bahwa pemilik barunya adalah manusia yang baik yang tidak akan menyakitinya dengan demikian ia akan percaya pada pemilik barunya sehingga tidak marah ketika didekati.

Baca juga : betet Raja Papua, Red-winged parrot (Aprosmictus Erythropterus)

Ajak juga ia bermain agar ia merasa lebih dekat dengan anda, caranya dapat dengan cara menyentuh buluya dengan tali hingga ia mendekati dan meraih tali tersebut dengan paruhnya atau bisa juga dengan cara bermain langsung dengan tangan.

Keberhasilan pemilik dalam cara menjinakkan burung betet akan terlihat ketika burung betet sudah bersedia disentuh dengan tangan tanpa marah, tandanya ia sudah percaya dan sudah menganggap pemilik sebagai sosok yang baik yang tidak menyakitinya.

Jangan lupa untuk memberinya teman berupa burung betet lain yang beda lawan jenis sehingga dapat melakukan budidaya / ternak betet-kelapa buru

Cara membedakan betet-kelapa buru jantan dan betina

Cara membedakan burung betet-kelapa buru jantan dan betina cukup sulit, karena burung ini termasuk jenis burung monomorfik, dimana betet-kelapa buru jantan dan betina memiliki tampilan yang hampir sama. Tapi bukan berarti tidak bisa dibedakan karena perbedaan betet-kelapa buru jantan dan betina tetap ada seperti Jantan biasanya memiliki kepala dan paruh yang sedikit lebih besar daripada betina, tetapi kecuali jika seseorang sangat mengenal spesies ini, metode penentuan jenis kelamin yang positif direkomendasikan.

Perbedaan betet-kelapa buru jantan dan betina seperti gambar di bawah ini, dimana betet jantan ada di posisi selah kanan

alt=”betet-kelapa buru, brown lory, chalcopsitta duivenbodei, merawat betet-kelapa buru, harga betet-kelapa buru, betet-kelapa buru jantan dan betina, makanan betet-kelapa buru, ternak betet-kelapa buru, suara betet-kelapa buru”

Perawatan Harian betet-kelapa buru

Cara merawat betet-kelapa buru tidak jauh berbeda dari perawatan burung paruh bengkok lainnya. Pakan utamanya berupa biji-bijian dan buah-buahan. Dalam pemeliharaan manusia, pemberian multivitamin sangat diperlukan agar burung selalu fit dan relatif terjaga dari berbagai gangguan kesehatan yang kerap menimpa burung paruh bengkok.

Makanan Yang Bagus Untuk betet-kelapa buru

Buah yang diberikan bisa berupa apel, peer, dan pisang. Hindari pemberian buah alpukat dan cokelat karena bisa mengganggu kesehatan mereka. Tambahkan pula sayuran seperti jagung manis dan brokoli. Apabila burung hendak ditangkar, tambahkan kangkung yang sangat baik untuk induk jantan dan betina.

Cara Ternak betet-kelapa buru Untuk Pemula

Untuk menangkar betet-kelapa buru, tentu dibutuhkan kandang penangkaran berukuran besar, mengingat tubuh mereka termasuk besar jika dibandingkan dengan burung sejenis lovebird.

Baca juga : Cara Ternak Burung betet Kepala Hitam Untuk Pemula

Ukuran kandang ternak betet kelapa buru

Panjang dan / atau lebar kandang minimal 1,2 meter, sesuai dengan rentangan kedua sayap burung ini.

Burung yang akan ditangkarkan setidaknya berusia 2 – 3 tahun, karena pada usia tersebut burung sudah mengalami kematangan dalam organ reproduksinya. betet-kelapa buru termasuk burung yang mudah berpasangan. Hal itu karena burung betina memiliki sifat poliandri. Jadi, tidak masalah jika menangkar mereka dalam kandang koloni dengan satu betina dan beberapa burung jantan.

Bisa juga menerapkan sistem poligami, dengan memasukan beberapa burung betina dengan seekor burung jantan dalam kandang. Metode ini bahkan bisa mendongkrak produktivitas penangkaran, sekaligus menghemat penggunaan burung jantan.

Baik metode poliandri maupun poligami, semua calon indukan jantan maupun betina perlu diberi suplemen khusus penangkaran agar proses perjodohan berjalan lancar, fertilitas dan daya tetas telur meningkat, dan kualitas anakan lebih bagus.

Ukuran glodok betet-kelapa buru

Kotak sarang yang digunakan berbentuk gelodok. Akan lebih baik lagi jika menggunakan gelodok berbentuk huruf “L” .

ukuran glodok betet-kelapa buru, ukuran kandang betet-kelapa buru, membuat glodok, cara ternak betet-kelapa buru, menjinakkan betet-kelapa buru, harga betet-kelapa buru

Induk betina akan bertelur sebanyak dua butir, dan akan dierami selama 26 – 28 hari. Selama mengerami telur-telurnya, burung jantan akan bertugas menjaga sarang dan memberi makan pasangannya. Pada waktu inilah, pemberian pakan buah-buahan dan sayuran harus lebih ditingkatkan .

Burung betet-kelapa buru muda akan mampu meninggalkan sarangnya dalam waktu 12 minggu. Pada saat ini burung muda bisa dipisahkan untuk diteruskan perawatannya oleh penangkar. Tetapi jika masih belum pede, biarkan perawatan dilakukan induknya hingga burung mandiri.

Harga betet-kelapa buru

Sedangkan untuk harga betet-kelapa buru tidak ada patokan harga. Namun, kami belum mendapatkan informasi tentang harga betet kelapa buru ini, dikarenan jenis burung betet ini jarang dijumpai baik dipasar gelap

Kesimpulan

Meskipun betet-kelapa buru termasuk jenis burung dalam  daftar Appendix II, burung ini dapat dipelihara dan di tangkarkan dengan izin dari BKSDA.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Betet-kelapa Buru, Black-Lored Parrot (Tanygnathus gramineus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *