Bondol Haji, White-headed Munia (Lonchura maja)

Bondol Haji, White-headed Munia (Lonchura maja) – Burung bondol haji merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Estrildidae dan genus Lonchura. Burung yang dikenal dengan sebutan lonchura maja dalam bahasa ilmiahnya atau white-headed munia dalam bahasa inggrisnya juga dikenal dengan sebutaran pipit haji, atau yang dalam bahasa Jawa disebut emprit haji/emprit kaji oleh para pecinta burung kicau Indonesia.

Jenis burung emprit kaji kerap membentuk kawanan besar dengan jumlah hingga ratusan ekor. Burung ini seringkali dianggap sebagai hama pertanian yang merugikan karena memakan bulir-bulir padi. Untuk mengusirnya, petani membuat orang-orangan sawah atau membuat bunyi-bunyian dari kaleng susu berisi kerikil yang digantung di bentangan tali plastik. Burung ini bahkan ditangkap menggunakan jaring dan dijual sebagai burung peliharaan di pasar burung atau di halaman Sekolah Dasar.

Ciri Fisik Bondol Haji, White-headed Munia (Lonchura maja)

bondol haji, white-headed munia, lonchura maja, suara emprit kaji, harga pipit haji, bondol haji jantan dan betina, merawat emprit kaji agar cepat gacor

Burung bondol haji tergolong jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 9 sampai 11 cm. Burung dewasa memiliki dada berwarna coklat, tubuh bagian atas coklat gelap. Perut hingga bulu penutup ekor bagian bawah berwarna hitam. Paruh pendek, tebal meruncing berwarna abu-abu kebiruan. Iris mata berwarna coklat.

Muka, kepala dan tenggorokan berwarna putih dengan bagian tengkuk berwarna putih kecoklatan. Kaki hitam abu-abu. Jantan dan betina serupa.

Pada burung muda, tubuh bagian atas berwarna cokelat dengan bagian belakang telinga dan tubuh bagian bawah burung berwarna putih.

Suara Bondol Haji

Memiliki suara bernada tinggi seperti seruling “puiiiiip” yang dikeluarkan berulang-ulang saat terbang berkelompok.
Habitat

Penyebaran dan Ras

Dibandingkan jenis Bondol lainnya, burung emprit kaji memiliki sebaran lebih terbatas di Asia Tenggara. Burung ini terdapat dua subspesies dengan persebaran berbeda, yaitu:

  • Lonchura maja maja (Linnaeus, 1766), tersebar mulai dari Semenanjung Malaysia, Singapura, Sumatera, Jawa, Bali hingga Sulawesi. Diintroduksi ke Okinawa dan Osaka di Jepang. Populasi di Kalimantan kemungkinan berasal dari burung peliharaan yang lepas.
  • Lonchura maja vietnamensis (Restall, 1995), tersebar di Thailand dan Vietnam selatan.

Habitat dan Kebiasaan

Bondol Haji menyukai habitat terbuka, sering ditemui di lingkungan perdesaan dan kota, terutama di dekat persawahan atau tegalan. Burung ini juga menyukai lahan budidaya bersemak terbuka, kolam ikan, rawa-rawa, tepi jalan, tepian hutan terbuka dengan pohon yang telah ditebang,  padang rumput, lapangan terbuka bervegetasi dan kebun. Sering bertengger untuk bermalam dan bersarang di pohon-pohon, tegakan palem, pinang atau semak yang tinggi dengan ketinggian mencapai 1.500 m diatas permukaan laut.

Di Bali, Bondol Haji termasuk jenis burung yang umum yang mudah dijumpai, bertengger di atas tegakan palem atau halaman berumput di sekitar villa atau penginapan untuk mencari biji-biji rumput atau mengumpulkan material pembuatan sarang.

Membentuk kawanan dalam jumlah besar saat musim panen padi. Namun berpasangan dan terpencar-pencar saat musim kawin. Sering teramati bergerombol memakan bulir biji-bijian di semak rerumputan atau bahkan turun ke atas tanah. Kelompok ini umumnya lincah dan bergerak bersama-sama, sambil terus berbunyi-bunyi saling memanggil.

Makanan

Bondol Haji termasuk burung pemakan biji-bijian (granivore) atau seed eater terutama padi-padian dan biji dari berbagai jenis rumput lainnya.

Baca juga : Kapasan Sayap-putih, White winged Triller (Lalage sueurii)

Reproduksi

sarang burung bondo, anakan bondol jantan dan betina, harga burung bondol

Berbiak sepanjang tahun. Sarang berbentuk bola atau botol dibangun dari rerumputan, diletakkan tersembunyi di antara daun-daun dan ranting. Telur berwarna putih sebanyak 4-6 butir dan akan menetas setelah dierami selama sekitar 14 hari.

Status

Tidak termasuk spesies yang dilindungi Undang-undang. Populasi cukup melimpah sehingga oleh IUCN dikategorikan beresiko rendah dari kepunahan (Least Concern). Tidak termasuk dalam daftar Appendix CITES.

Referensi

Coates, B.J. & Bishop, K.D. 2000. Panduan Lapangan Burung – Burung di Kawasan Wallaceae. Penerbit Bird Life Indonesia. Bogor.

Del Hoyo, J., Elliott, A., Sargatal, J., Christie, D.A. and de Juana, E. 2019. Handbook of The Birds of The World Alive. Lynx Edicions. Barcelona.

MacKinnon, J.K., Phillipps, K. & Ballen, B.V. 2010. Seri Panduan Lapangan Burung – Burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Biologi – LIPI. Bogor.

Bagaimana cara Bedakan Burung bondol haji Jantan Dan Betina?

cara membedakan bondol haji jantan dan betina, ciri fisik bondol haji jantan, ciri fisik emprit kaji betina, perbedaan bondol haji jantan dan betina anakan

Burung pipit/emprit adalah salah satu jenis burung yang diminati oleh banyak pecinta burung di Indonesia.Selain karena warnanya yang indah, burung pipit juga banyak menawarkan keunggulan lainnya yang membuat kita ingin merawatnya dengan sungguh-sungguh. Contohnya Burung emprit kaji yang masih anakan jika dari piyik atau anakan di dengarkan suara burung kenari,atau di masteri suara burung kenari. Kalau sudah dewasa pasti burung Bondol haji ini akan faseh menirukan atau melantunkan suara burung kenari. Namun yang memiliki kemampuan tersebut merupakan emprit kaji jantan, dan untuk membedakan burung bondol haji jantan dan betina gampang-gampang susah.

Baca juga : Gelatik Jawa, Java Sparrow (Lonchura oryzivora)

Bagaiman cara membedakan jenis kelamin burung emprit kaji? Sebenarnya cukup mudah dalam membedakan bondol haji jantan dan betina,  nya kita hanya butuh kejelian saja waktu mau beli burung tersebut. Intinya jangan terlalu buru-buru untuk mendapakannya. Sebelum membeli burung Emprit pelajari dahulu perbedaan bondol haji jantan dan betina seperti dibawah ini:

Ciri Fisik bondol haji Jantan

1. Memiliki postur tubuh yang besar

Burung pipit jenis bondol kaji jantan ini memiliki postur tubuh yang besar dibanding dengan yang betina. Seperti burung – burung yang lain juga sang jantan bertubuh besar ini dikarenakan susunan tubuh jantan berbeda dengan yang betina.

2. Warna bulu pada tubuhnya gelap

Burung Emprit kaji atau bondol haji ini baik jantan maupun betina memiliki warna bulu pada tubuhnya sama. Namun yang membedakan adalah tingkat kegelapannya. Burung bondol haji memiliki warna bulu pada tubuhnya cenderung sangat gelap.

3. Bulu putih pada kepalanya berwarna putih tegas

Burung bondol haji baik jantan maupun betina memang memiliki warna putih pada kepalanya. Namun burung bondol haji jantan memiliki warna putih pada kepalanya yang sangat terlihat putih.

4. Berdiri tegak

Burung emprit kaji jika berdiri diatas tangkringan tegak dan twgap seperti membusungkan dadanya dibanding dengan yang betina.

Ciri fisik bondol haji Betina

1. Memiliki postur tubuh yang relatif kecil

Burung emprit kaji betina memiliki postur tubuh yang kecil dibanding dengan yang jantan. Ini juga seperti jenis-jenis burung lain yang juga memiliki postur tubuh kecil yang berjenis kelamin betina. Coba bandingkan saja dalam satu sangkar pasti berbedaan itu akan terlihat jelas jika dilihat dari postur tubuhnya.

2. Warna bulu pada tubuhnya kusam atau pudar

Burung bondol haji jantan da betina memiliki warna yang sama pada tubuhnya. Namun jika kita lihat dengan seksama warna pada tubuh burung bondol haji betina cenderung kusam ataupun pudar. Terlihat hitam yang tidak tegas

3. Bulu putih pada kepalanya berwarna putih kusam

Burung pipit bondol haji yang jantan maupun yang betina memang memiliki warna putih pada kepalanya. Namun burung bondol haji betina memiliki warna putih pada kepalanya cenderung kusam atau terlihat kotor.

4. Berdiri membungkuk

Ciri terakhir pada burung emprit kaji atau bondol haji adalah burung bondol haji betina jika berdiri membungkukuk jika dibandingkan dengan yang jantan jika berdiri tegak atau tegap.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga beramnfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri Fisik Bondol Haji, White-headed Munia (Lonchura maja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *