Burung-madu Rimba, Purple-naped Spiderhunter (Arachnothera Hypogrammica)

Burung-madu Rimba, Purple-naped Spiderhunter (Arachnothera Hypogrammica) – Burung madu Rimba merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Nectariniidae dan Genus Kurochkinegramma atau salah satu dari beberapa jenis burung kolibri alias burung madu yang dapat dijumpai di Indonesia. Burung yang memiliki nama ilmiah arachnothera hypogrammica atau purple-naped spiderhunter dalam bahasa inggrisnya termasuk jenis burung yang sebelumnya sebelumnya ditempatkan di genus hypogramma monotipik, tapi setelah melakukan peneletian ulang dari genetik mengacu pada genus lepidopteran yang kemudian diganti menjadi nama kurochkinegramma. Burung Burung-madu Rimba memang tidak seternar burung kolibri lainnya seperti kolibri ninja, kolibri kelapa maupun kolibri lainnya dikarenakan jarang ditemukan di pasaran.

Ciri fisik Burung-madu Rimba, Purple-naped Spiderhunter (Arachnothera Hypogrammica)

jenis burung kolibri, Burung-madu Rimba, suara kolibri rimba, agar kolibri cepat gacor, burung madu rimba, suara burung madu rimba, cara merawat burung-madu rimba

Burung-madu Rimba mimiliki panjang tubuh sekitar 12,7 sampai 15 cm, berat tubuh Burung-madu Rimba jantan sekitar 7,8 sampai 15,2 gram dan betina sekitar 9,7 sampai 13,5 gram. Warna yang menyelimuti tubuhnya didominasi warna kuning tua dan muda. Warna kuning tersebut bercorak garis-garis dengan yang terdapat dibagian tenggorokan, dada, perut, pangkal ekornya. Sedangkan bagian atas tubuhnya tepatnya pada kepala, tengkuk, punggung, dan sayapnya berwarna hijau zaitun kekuningan gelap. Terdapat warna biru kemilauan dibagian tengkuk atau batas kepala dengan punggungnya dan belakang punggung sampai ke pangkal ekornya. Paruh burung Madu Rimba berukuran cukup panjang dan bentuknya agak bengkok ke bawah dibagian ujungnya.

Penyebaran dan Ras

Secara global, burung Burung-madu Rimba terdiri atas 5 sub-spesies yang dikenali dengan pesebaran berbeda yang meliputi Cina barat-daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatra dan Kalimantan.

  • lisettae (Delacour, 1926) – Myanmar Utara, China Selatan (Yunnan), Thailand Utara dan Indochina.
  • nuchale (Blyth, 1843) – Myanmar Selatan, Thailand Selatan dan Semenanjung Malaysia.
  • mariae (Deignan, 1943) – Indochina Selatan, termasuk Kamboja Timur.
  • natunense (Chasen, 1935) – Kep. Natuna Utara.
  • hypogrammicum (S. Müller, 1843) – Sumatra dan Kalimantan.

Suara kolibri rimba

Suara kicauannya tak jauh berbeda dengan jenis kolibri lainnya yakni terdapat lengkingan suara yang dikeluarkan dengan kicauan yang tidak terlalu variatif. Akan tetapi jenis kicauan burung madu apapun terdengar merdu dan cocok diperdengarkan kepada burung ocehan yang hendak dimaster. Saat berkicau Burung-madu Rimba akan membuat atraksi kecil dengan menaik dan menurunkan ekornya dalam tempo yang cukup cepat dan sambil memutarkan badannya.

Dapatkan : Suara Burung Kolibri Gacor Untuk Pikat dan Masteran

Tempat Hidup dan Kebiasaan

Daerah yang ditinggali burung Madu Rimba sebenarnya tidak hanya terdapat di hutan Indonesia saja. Melainkan daerah lainnya di beberapa negara di Asia juga terdapat kawanan burung Madu Rimba misalnya negara Myanmar, Kamboja, Tiongkok, Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Akan tetapi spesies burung pemakan nektar ini bukanlah tergolong sebagai burung migrasi yang berpindah dari satu negara ke negara lain. Sebab burung ini tergolong satwa liar penetap yang jarak terbangnya tidak terlalu jauh.

Di Indonesia sendiri kawanan Burung-madu Rimba penyebarannya terbatas di beberapa tempat saja misalnya Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Kepulauan Natuna. Penetap yang umum pada hutan dataran rendah samai ketinggian 1000 dari permukaan laut. Menyukai pohon-pohon kecil dan hutan sekunder, hutan rawa dan semak belukar. Sering terlihat memutar atau menaik-turunkan ekornya dengan cepat.

Biasanya kawanan burung paruh panjang ini akan banyak menghabiskan waktunya di atas pepohonan yang tidak terlalu tinggi dengan menempati hutan jenis tropis, subtropis, dan rawa-rawa.

Makanan Burung-madu Rimba

Selain menyantap nektar sebagai pakan pokok yang digemarinya biasanya burung ini pun akan memakan buah-buahan yang mengandung kadar gula tinggi dan serangga berukuran kecil yang ada di hutan.

Baca juga : Kolibri Kelapa, Brown-throated Sunbird (Anthreptes malacensis)

Reproduksi

sarang burung, telur burung, anakan burung, telur menetas

Musim kawin burung Burung-madu Rimba sekitar Maret dan Mei sampai Juli di Semenanjung Malaysia. Sedangkan januari sampai oktober di Kalimantan, Pada bulan Agustus di Sarawak

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Burung-madu Rimba, Purple-naped Spiderhunter (Arachnothera Hypogrammica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *