Cara Melatih Mental Cendet Agar Fighter dan Gacor

8. Cara melatih mental cendet dengan memasukkan tikus ke dalam sangkar

Sebelumnya, Anda bisa memberikan pakan hidup ke Cendet. Sekarang Anda bisa memasukkan tikus ke dalam sangkar Cendet. Burung Cendet tidak suka jika ada hewan lain di dalam sangkarnya. Tujuan memasukkan tikus agar memancing emosi Cendet dan melatih mental Cendet melawan hewan yang besar.

Setelah dimasukkan tikus, Anda lihat reaksi Cendet. Jika dia mengejar dan mematuk tikus, berarti naluri bertarungnya tinggi dan mentalnya sudah bagus. Namun, jika burung Cendet justru terbang ke sana ke mari dan terlihat ketakutan, berarti mentalnya belum bagus.

Apabila Cendet masih terlihat takut, maka masukkan tikus berukuran kecil saja untuk pancingan. Jika Cendet sudah berani, Anda bisa memberikan tikus yang berukuran sedang. Kalau bisa jangan sampai tikus tersebut mati, cukup dipakai sebagai media pemancing mental Cendet saja. Setelah itu, tikus dilepaskan lagi.

9. Melatih mental cendet biar gacor dengan suara masteran

Setelah menjalani beberapa latihan meningkatkan mental Cendet, Anda dapat mulai melakukan pemasteran Cendet. Suara masteran Cendet yang bagus biasanya suara burung yang kasar, seperti Ciblek, Tengkek Buto, Cililin, Cucak Jenggot, dan burung lainnya.

Mengapa harus suara yang kasar? Sebab, suara Cendet juga terdengar kasar. Jadi, suara masteran burung yang kasar sangat cocok untuk melatih dan meningkatkan mental burung Cendet supaya fighter dan rajin bunyi.

10. Membeli beberapa burung Cendet

Untuk melatih mental burung Cendet, Anda setidaknya harus mempunyai beberapa burung Cendet di rumah. Jika tidak punya, maka Anda harus membelinya. Kalau bisa, beli burung Cendet yang murah dan mempunyai mental lebih buruk dari burung Cendet yang akan Anda latih.

Setelah itu, tempatkan beberapa Cendet saling berdekatan agar semuanya terlihat ingin berkelahi. Dalam tahapan latihan ini biasanya burung Cendet akan terlihat mana yang fighter dan kurang fighter.

11. Tangkringan tidak boleh diganti

bentet kelabu, long-tailed shrike, lanius schach, cendet madura, cendet kepala blankon, cendet gondrong, ciri-ciri cendet jantan, ciri-ciri cendet jantan anakanTangkringan atau pangkringan burung Cendet tidak boleh diganti. Hal ini berpengaruh terhadap mental burung Cendet. Soalnya, burung Cendet yang sudah terbiasa dengan tangkringan atau pangkringan lama pasti akan merasa tidak nyaman jika tangkringannya diganti-ganti. Terlebih jika posisi tenggeran Cendet diubah-ubah, dinaikkan atau diturunkan.

Akibatnya, burung Cendet jadi suka salto, tidak mau bunyi, dan nebok di bawah sangkar. Oleh karena itu, walau tangkringan sudah jelek, Anda tidak perlu menggantinya, cukup dibersihkan saja.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi Cendet Sering Salto

12. Wadah pakan dan minum tidak boleh ganti posisi

Sama seperti tangkringan, posisi wadah pakan dan minum Cendet juga jangan diganti-ganti. Burung Cendet menyukai makan atau minum di tempat yang sama. Itu sudah menjadi kebiasaannya setiap hari.

Apabila posisi pakan minum diubah, tentu burung Cendet akan merasa kebingungan mencarinya dan harus membiasakan lagi dari awal. Sebaiknya, posisi wadah tidak perlu diganti, cukup dibersihkan saja secara berkala.

13. Beri multivitamin untuk burung Cendet

Multivitamin ternyata penting untuk meningkatkan mental Cendet agar lebih fighter. Kalau bisa pilih multivitamin yang mengandung adenonin triphospate (ATP). Kandungan tersebut konon katanya dapat mengatasi burung Cendet yang mentalnya drop dan mengembalikan mental Cendet atau Pentet.

Multivitamin untuk Cendet cukup banyak pilihannya, Anda dapat memilih sendiri di toko-toko burung terdekat. Untuk percobaan, Anda bisa membeli multivitamin yang murah dulu.

14. Burung Cendet jangan dimanja

Burung Cendet yang dimanja justru tambah jinak dan mentalnya menjadi turun. Oleh karena itu, kalau memberi pakan seperti jangkrik atau semacamnya, lebih baik langsung ditaruh di dalam cepuk saja. Jangan memberikan jangkrik menggunakan tangan, nanti burung Cendet menjadi jinak dan manja.

Kalau burung Cendet manja, biasanya dia hanya mau bunyi jika diperlakukan manja, seperti digoda-goda dengan pakan atau dielus-elus. Tentu ini tidak baik untuk jangka panjang dan saat berada di lapangan lomba. Kalau Anda tidak suka ikut lomba, maka memanjakan Cendet tidak terlalu bermasalah.

15. Terapi meningkatkan mental cendet digantung di tempat yang tinggi

Anda bisa membuat Cendet lebih fighter dengan mengantungnya di tempat yang tinggi. Jika rumah Anda hanya lantai 1, maka gunakan kerekan sangkar seperti kerekan burung Perkutut. Nah, gantang burung Cendet menggunakan kerekan burung Perkutut di tempat yang tinggi supaya adrenalin meningkat dan mentalnya juga tambah bagus.

Kalau tak ada kerekan burung Perkutut, Anda bisa menggantungnya di dahan pohon. Namun, Anda harus terus menjaganya karena di pohon banyak sekali ular yang sewaktu-waktu bisa menerkam Cendet Anda.

Intinya, Anda harus bisa membuat lingkungan burung Cendet seolah-olah seperti berada di alam liar. Dengan begitu, mental Cendet akan meningkat dari ke hari. Kalau diperlakukan seperti anak rumahan atau dimanja, burung Cendet justru akan menjadi penakut melawan Cendet lainnya. Demikian beberapa cara meningkatkan mental burung Cendet agar fighter dan gacor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *