Cara Merawat Anakan Lovebird 0 Hari

Cara Merawat Anakan Lovebird 0 Hari – Dalam beternak/breeding lovebir adalah hobi juga mencari keuntungan yang besar. Tetapi kalau pencarian keuntungan tersebut tanpa dibarengi dengan pengetahuan dan ketrampilan maka kerugian yang akan didapat. Untuk itu pengetahuan dan ketrampilan dalam beternak, khususnya breeding burung lovebird mutlak untuk dipelajari dan dipraktekkan. Meningkatkan produktivitas indukan memang bukan perkara yang mudah. Banyak dari para penangkar burung lovebird pemula yang mengalami kesulitan.

Salah satu cara meningkatkan produktivitas anakan burung lovebird adalah dengan melolohnya sendiri. Cara ini sudah banyak dikenal oleh para breeder. Sampai sekarangpun banyak yang melakukannya. Bahkan cara apa saja dipakai agar anakan lovebird yang mereka loloh bisa hidup terus sampai dewasa. Namun adakah para breeder yang meloloh piyikan lovebird 0 hari? Jawabnya adalah ada. Harap diperhatikan, terutama anda yang sering meloloh piyik lovebird dan untuk indukan yang baru/awal dalam mengasuh piyikan. jika indukan sudah beberapa kali mengasuh piyikan biasanya hal ini jarang sekali terjadi. Lantas bagaimana cara meloloh anakan lovebird 0 hari?

 

Cara merawat anakan lovebird 0 hari

cara meloloh anakan lovebird, meloloh lovebird 0 hari, pakan lovebird 0 hari, meloloh piyikan lovebird, menu makanan piyikan lovebird

Sebelum anda meloloh anakan lovebird 0 hari, bila kita perhatikan bagian perut piyik yang baru menetas, ada bagian kuning dibalik kulit perutnya yang masih transparan. Yolk atau kuning telur, adalah cadangan makanan 6-12 jam pertama yang diperoleh piyik ketikan baru saja menetas. Selama fase ini, piyik tidak membutuhkan makanan dari luar, karena yolk akan terserap ke dalam sistem pencernaan mereka.

Baca juga : Ingin Lovebird Sehat, Pakai Cara ini

Tetapi, apabila Anda menemukan satu garis berwarna keunguan atau hitam, berarti ada masalah pada usus piyik lovebird 0 hari tersebut. Alasannya, sistem perncernaan mereka kekurangan cairan. Salahsatu penyebabnya adalah kondisi telur yang terlambat menetas (bisa karena faktor suhu/kelembaban selama inkubasi). Mekanismenya mungkin hampir sama dengan bayi manusia, kalau terlambat keluar bisa menyebabkan terhirupnya air ketuban.

cara merawat piyikan lovebird 0 Hari

Solusinya adalah, dengan menyediakan bahan makanan yang banyak mengandung air kepada indukannya. Misal sayuran atau buah-buahan. Bila Anda sendiri yang melolohnya, pastikan makanan yang diberikan lebih encer daripada biasanya, atau selang-seling dengan meneteskan air (air mineral atau air kelapa).

Baca juga : Cara Meloloh Anakan Lovebird dari 0 Hari

Untuk piyik lovebird berusia harian seperti ini, alangkah baiknya formula lolohan Anda lebih encer daripada biasanya. Memang, ketika formula lolohan encer lebih mudah terserap oleh pencernaannya, namun konsekuensinya adalah tembolok menjadi menjadi lebih cepat kosong (dan Anda mesti memberikan makanan kembali).

Bagarmana Cara Meloloh Piyikan Lovebird 0 Hari?

  • Siapkan bubur pakan lovebirdnya (123HF Starter, nutribird, dll atau bisa membuat pakan anakan lovebird racikan)
  • Siapkan alat spetan lovebird, alat yang digunakan bisa bekas suntikan yang diberi selang halus atau alat khusus meloloh, bisa dengan bekas botol cuka dll
  • Racik pakan lovebird. Lovebird umur 0-7 hari racik lebih encer, umur 7 hari keatas biarkan agak kental.
  • Meloloh anakan lovebird usia 0 – 5 hari dilakukan setiap 4-5 jam sehari dengan dosis yang sedikit, secukupnya. Jika umur sudah lebih dari 10 hari loloh bisa dilakukan sebanyak 4 kali sehari, cek jadwal meloloh anakan lovebird.
  • Tempatkan anakan lovebird dalam box yang diberi lampu pijar. Suhu ideal untuk anakan lovebird yang baru menetas sekitar 30-33 derajat celcius. Semakin besar anakan lovebird turunkan suhunya sampai dengan copot lampunya. Jarak lampu disesuaikan jangan terlalu jauh dan dekat, jika tidak ingin menggunakan lampu bisa tetapi pastikan ruangan hangat.
  • Setelah lovebird berumur 3-4 mingguan anakan LB sudah mulai latihan mengigit. 1,5 Bulanan lebih biasanya sudah bisa makan sendiri.

Apa Makanan Anakan Lovebird?

Makanan anakan lovebird 0 hari bisa dengan memberikan pakan starter yang banyak dijual di toko-toko pakan burung. Jika ingin meracik sendiri juga bisa, berikut bahan-bahan untuk meracik pakan anakan lovebird.

Padi, milet, apel, telur, cangkang telur ayam karing, minyak zaitun. Campur dengan cara di blender sampai sangat halus sekali seperti bubuk susu. Jemur sampai kering (awas angin), lebih baik di oven. Simpan ditempat rapat dan kering.

Kapan Meloloh Anakan Lovebird?

Jadwal meloloh anakan lovebird 0 hari atau yang baru menetas bisa sebanyak 4-5 kali dalam sehari. Jadwal melolohnya bisa mulai dari jam 5 pagi untuk umur 0-7 hari, setelah itu bisa mundur. Memang butuh waktu luang untuk melakukan ini.

Umur 0-5 hari berikan setiap 4-5 jam sekali mulai Jam 5 pagi, terakhir jam 10 atau 11 malam malam.

Umur 7 hari keatas mulai Jam 6 pagi, Jam 11 pagi, Jam 4 sore, terakhir jam 9 malam. Jika mulai jam 7 pagi maka terakhir jam 10 malam.

Untuk meloloh anakan lovebird umur 0 atau 1 hari perlu lebih telaten, karena ukuran anakan lovebird masih sangat kecil dan lebih sulit. Berikan sedikit-sedikit dan telaten.

Bagaimana Cara Mempercepat Pertumbuhan Anakan Lovebird Umur 0 Hingga 3 Bulan?

Selain itu kita juga bisa menambahkan multivitamin pada air minum lovebird tersebut, tujuannya adalah saat indukan memberikan makanan dan minum pada anakan, maka anakan juga akan memakan vitamin yang kita berikan di air minum. Banyak sekali multivitamin yang bisa kita pilih di tempat-tempat toko burung.

Jika kita ingin meloloh sendiri anakan lovebird 0 hari, sebaiknya diangkat pada saat umur anakan minumum sudah berumur 1 minggu, disaat anakan sudah mulai dapat melihat, dan anakan sudah memiliki pencernaan yang lebih baik dibanding disaat baru menetas. Namun demikian kami juga pernah meloloh anakan lovebird 0 hari, hingga dewasa, dan berhasil. ( inipun sebenarnya kondisi terpaksa karena sang idukan tidak mau meloloh anaknya sendiri, dan beberapa kali selalu mati) sehingga kami mencoba untuk mengangkatnya sesaat setelah menetas, dan berhasil hidup hingga dewasa.

Cara memberikan makan anakan umur 0 adalah makanan harus cair, atau encer sekali, dan cukup meneteskan nya di bagian pangkal paruhnya, sehingga makanan tersebut akan mengalir masuk melalui sela sela paruh anakan. hingga anakan umur diatas satu minggu, kita bisa memberikannya dengan cara membuak paruhnya dan memasukkannnya ke dalam paruhnya dengan menggunakan botol jarum suntik yang didepanyan menggunakan selang ikan (pilih yang bahan lembut) agar tidak melukai tenggorokan anakan lovebird 0 hari.

Cara mempercepat pertumbuhan burung Lovebird anakan umur 0 hingga 3 bulan, untuk mempercepat pertumbuhan lovebird, kami pernah mencobanya dan hasilnya sangat bagus dan signifikan, yaitu dengan mencampur bubur sereal untuk bayi dengan multivitamin untuk anak-anak (untuk anak kita) seperti, minyak ikan, dan multivitamin lainnya, yang banyak bisa kita beli di apotik. Dan hasilnya memang sangat bagus sekali, jika kita bandingkan dengan anakan yang diloloh oleh inndukannya sendiri, walaupun pada air minumnya sudah kita campur dengan multivitamin untuk burung, namun yang kita perhatikan, multivitamin untuk manusia akan lebih efektif (silahkan dicoba untuk membuktikannya).

Memang konsekuensi jika kita memutuskan untuk meloloh sendiri anakan lovebird adalah waktu kita harus full seharian, jika kita bekerja, bisa kita titpkan pada orang rumah, untuk tetap memberikan makan kepada anakan tiap 1 hingga 2 jam sekali (lihat saja kondisi tembolok burung, jika sudah mengempis setengahnya, harus segera diisi lagi, dan jangan sampai kosong baru kita isi, karena anakan burung lovebird cukup rentan jika tembolok sudah kosong baru kita isi lagi, selain itu pertumbuhannya juga akan terhambat.

Jika anda tidak bekerja, bisa juga anakan tersebut anda bawa kemana mana, dengan menggunakan besek, pokoknya intinya anakan harus selalu diberi makan tiap jam atau saat tembolok sudah mulai mengempis. Jangan lupa memberikan lampu disaat malam hari, cukup yang 5 watt dan jarang anakan ke lampu sekitar 20-30 cm, tergantung juga pada cuaca diluar.

Ingat, pakan yang lama tercerna itu belum tentu baik untuk piyik bahkan kita harus berhati hati jangan sampai pakan mengendap di tembolok piyik dan tidak tercerna secara baik karena itu akan mengganggu kesehatan piyik. jika terus dibiarkan mengendap di tembolok dalam waktu yang lama bisa berakibat pada kematian. Dalam merawat anakan lovebird 0 hari memang butuh perhatian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *