Cipoh Jantung, Green Iora (Aegithina Viridissima)

Cipoh Jantung, Green Iora (Aegithina Viridissima) – Burung Cipoh Jantung merupakan salah satu jenis burung indonesia berukuran kecil dari dua jenis burung Cipoh yang terdapat di wilayah hutan Indonesia. Keberadaan burung Cipoh ini di tanah air tersebar hanya di beberapa pulau yakni Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Kepulauan Natuna bagian utara. Selain itu, di beberapa negara tetangga juga terdapat populasi burung ini yang meliputi negara Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Di alam liar, burung Cipoh ini mendiami area dataran rendah sampai perbukitan dengan ketinggian mencapai 600 meter di atas permukaan laut.

Burung dari keluarga Aegithinidae dan genus Aegithina ini juga disebut dengan green iora dalam bahasa inggrisnya dan bernama latin Aegithina Viridissima ini di alam liar seringnya berada di area hutan yang lebat baik itu hutan primer maupun hutan sekunder yang jauh dari pemukiman masyarakat.

Ciri Fisik Cipoh Jantung, Green Iora (Aegithina Viridissima)

ciri-ciri Cipoh Jantung, Green Iora (Aegithina Viridissima)

Burung cipoh jantung termasuk burung ukuran kecil yang berukuran sekitar 1·5 sampai 12·8 cm dan berat tubuh sekitar 13,8 g. Corak warna bulunya terdiri dari empat jenis warna yakni hijau zaitun, kuning, putih, dan hitam. Warna hijau zaitun tampak menutupi sebagian besar area tubuhnya mulai dari kepala, tengkuk, tenggorokan, dada, perut, punggung, dan sisi ujung sayap. Warna kuning terlihat di bagian area mata berupa bercak yang hampir membentuk lingkaran, area dekat perut, dan tunggirnya. Warna putih hanya terlihat di bagian sayap berupa garis vertikal dan sisi bawah sayapnya. Lalu warna hitam pekat tampak di area sayap dan ekornya.

Ciri-ciri cipoh jantung lainnya yang perlu diketahui dari burung Cipoh ini adalah paruhnya berwarna hitam yang berukuran sedang dengan bentuk agak pipih di bagian depannya. Ekornya yang berwarna hitam berukuran agak panjang yang terdiri dari beberapa helai bulu yang tidak terlalu lebar. Matanya berukuran sedang dengan berbentuk bulat dan berwarna hitam kecokelatan. Kakinya berwarna hitam berukuran agak panjang dan memiliki cakar yang tajam.

Baca juga : macam-macam jenis burung cipoh

Jenis burung cipoh jantung

Burung cipoh jantung terdiri dari 2 sub-spesies yang di akui dengan daerah persebaran sebagai berikut:

  • viridissima (Bonaparte, 1850) – ujung selatan Myanmar (Tenasserim selatan) dan Thailand barat-daya sampai Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kep. Natuna utara dan Kalimantan.
  • thapsina Oberholser, 1917 – P. Siantan (dan mungkin juga pulau-pulau di sekitarnya), di kelompok pulau Anamba (bagian timur Semenanjung Malaysia).

Suara Cipoh Jantung

Suara cipoh jantung terdengar cukup nyaring dan merdu. Kicauan yang dibunyikannya bervolume lumayan tinggi dengan tempo yang agak rapat. Kicauannya berirama naik-turun secara beraturan yang berbunyi mirip siulan. Nada kicauannya terdengar seperti “ciiiuwww…ciiuwww” yang dibunyikan secara terus-menerus.

Habitat dan Kebiasaan

Kehidupan burung yang bernama latin Aegithina Viridissima ini di alam liar seringnya berada di area hutan yang lebat baik itu hutan primer maupun hutan sekunder yang jauh dari pemukiman masyarakat. Saat mencari makanan biasanya bergerak secara berpasangan atau membentuk kelompok kecil dengan bertengger di tajuk pohon. Penetap yang umum terdapat di dataran rendah Sumatera termasuk pulau-pulau di sekitarnya, dan Kalimantan termasuk P. Natuna, sampai ketinggian 600 m

Makanan

Jenis makanan yang umumnya disantap burung mungil ini berjenis invertebrata atau yang tidak mempunyai tulang belakang seperti serangga.

Reproduksi

Akan tetapi waktu berkembangbiak burung Cipoh Jantung tidak diketahui secara pasti dan hanya diketahui bahwa jumlah telur yang dierami indukannya berjumlah dua butir.

Jika anda tertarik untuk merawat cipoh jantung, alangkah baiknya anda merawat cipoh jantung jantan. Karena suara cipoh jantung lebih lantang, juga variasinya yang menjadi pertimbangan.

Lantas bagaimana cara membedakan cipoh jantung jantan dan betina? Membedakan cipoh jantung jantan dan betina tergolong cukup sulit bagi yang kurang memahami, berbeda dengan mereka yang sudah pengalaman dalam menentukan perbedaan cipoh jantung jantan dan betina. Untuk itu, dibawah ini untuk menentukan cipoh jantung jantan dan betina

Bagaimana cara membedakan cipoh jantung jantan dan betina?

cara membedakan kelamin cipoh jantung dan betina

cara membedakan kelamin cipoh jantung jantan dan betina dapat di bedakan dari warna bulunya, dimana yang berjenis kelamin jantan mirip Cipop kacat, tetapi dadanya hijau dan tubuh bagian atas berwarna lebih gelap. Sedangkan jenis kelamin betina juga mirip Cipoh kacat, tetapi sedikit lebih hijau gelap, dengan kekang dan penutup telinga hijau serta garis sayap lebih condong kekuningan daripada putih.

Bagaimana cara merawat cipoh jantung bakalan agar cepat gacor?

Sebagian para kicau mania lebih suka membeli burung yang masih muda, apalagi masih anakan, karena lebih mudah dijinakkan sehingga bisa cepat beradaptasi dengan manusia. Selain itu, burung cipoh jantung muda hutan (MH) juga lebih mudah dilatih makan voer, dan nantinya juga lebih mudah dalam pemasteran. Sebaliknya, proses penjinakan sirpu hasil tangkapan alam yang sudah dewasa jauh lebih susah, karena karakter dasar dari burung ini sudah terbentuk secara alami di habitatnya.

Baca juga : Cara Menjinakkan Burung Liar Hasil Tangkapan Hutan

Untuk perawatan harian dan proses melatih sirpu bakalan MH agar mau makan voer bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

cipoh jantung, green iora, aegithina viridissima, suara cipoh jantung gacor, harga cipoh jantung, merawat cipoh jantung agar cepat gacor, menjinakkan cipoh jantung bakalan, makanan cipoh jantung

Minggu I

  • Burung diberi full kroto atau ulat kandang (ulat balap), untuk menjaga kondisi burung tetap segar dan fit. Tindakan ini sekaligus untuk mengenalkan cepuk pakan dan air minum kepada burung tersebut.
  • Karena selama 7 hari berturut-turut mendapat perlakuan yang sama, burung akhirnya tahu bahwa kalau mau makan bisa mengambilnya di cepuk pakan, kalau mau minum di wadah air minum.
  • Selama pelatihan ini, pastikan burung dalam kondisi fit dan sehat.
  • Selain itu, selama seminggu pertama, burung tidak perlu dijemur, dan usahakan jangan pindah-pindah gantangan.

Minggu II

  • Pada minggu kedua, kita mulai mengubah beberapa perlakuan. Cepuk pakan yang pada minggu I full kroto, pada minggu II mulai dikombinasi dengan voer.
  • Teknik pencampurannya sederhana saja. Masukkan voer (kalau bisa voer halus) ke dalam cepuk pakan hingga 1/4 bagian. Setelah itu, taburkan kroto di atas voer (tidak perlu diaduk).
  • Ulat kandang tetap disediakan.
  • Anda boleh mulai mengenalkan extra fooding lainnya, terutama jangkrik. Porsi pemberian cukup 1 – 2 ekor saja.
  • Selama minggu II, burung boleh mulai dijemur, tetapi hanya sebentar saja.

Minggu III

  • Pada minggu III, porsi pemberian voer dinaikkan dari porsi sebelumnya yang hanya 1/4 bagian dari cepuk pakan.
  • Taburkan kroto di atas voer, dengan porsi lebih sedikit daripada porsi kroto pada minggu sebelumnya. Setelah itu, kedua bahan pakan diaduk secara merata.
  • Berikan multivitamin berkualitas ke dalam air minumnya. Kendala yang sering dialami kicaumania dalam memelihara bakalan MH adalah burung mudah stres, akibat proses adaptasi yang belum dapat diterimanya. Melalui asupan multimineral, kondi fit dan proses adaptasi relatif lebih mudah dilakukan.
  • Lakukan seluruh rangkaian proses ini secara utuh, sampai kotoran (feces) burung berwarna hijau tua atau cokelat, itu menandakan bahwa burung benar-benar makan voer.
  • Apabila burung sudah makan voor, maka pemberian pakan bisa dipisah, dan bisa melakukan perawatan harian seperti lazimnya burung kicauan lainnya, termasuk mandi, jemur, pemasteran, dan sebagainya.
  • Pemberian kroto setiap hari bisa merangsang burung bakalan untuk mengeluarkan suaranya. Anda juga bisa memancing sirpu untuk bersuara dengan mendengarkan mp3 suara burung sirpu.
  • Biasanya jika burung sirpu sudah mengeluarkan suara pamungkasnya, yaitu “siiiiiiir….puuu” atau “ciiiiiii….poow…“, maka burung nantinya akan bertambah gacor.  Sirpu sebenarnya burung yang mudah bunyi jika mendengar suara panggilan dari burung sejenis, seperti kebiasannya di alam bebas.

Apa saja jenis makanan untuk cipoh jantung?

Seperti pada kebanyakan burung peliharaan lainnya, burung sirtu memiliki kebiasaan makanan yang mengkonsumsi makanan dari serangga kecil dan juga buah-buahan. Selain itu, jika kalian memberikan pakan pada burung cipoh dewasa dan pakan burung cipoh anakan perlakukannya berbeda dan di sesuaikan dengan kemampuan burung tersebut.

Extra Fooding

Pakan dari Exstra Fooding banyak para kicau mania berikan untuk mendorong burung peliaraanya menjadi gacor atau rajin berbunyi, karena Nilai Gizi yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk kualitas kicauan dari produktifitas lainnya, terutama untuk pertumbuhan burung itu sendiri.

manfaat jangkrik untuk burung, manfaat jangkrik putih, cara memberikan jangkrik pada burung, mengolah jangkrik, makanan jangkrik, kandang ternak jangkrik, harga jangkrik

Adapun Exstra Fooding yang bisa di berikan pada Burung sirtu antara lain, seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong dan serangga kecil lainnya.

Buah-buahan

Untuk melengkapi kebutuan nutirisi yang mungkin tidak di temukan dari pakan Exstra Fooding, maka temen-temen bisa memberikan pakan dari buah-buahan, seperti pisang dan buah-buahan lainnya.

Namun , temen-temen juga perlu memberikan pakan dari Voer, karena untuk mengantisipasi stok pisang atau pakan Exstra Fooding tidak tersedia. Dan terlebih akan dari Voer memiliki nilai Gizi yang sudah di sesuaikan dengan burung, dan tentunya simple sekali memberikan pakan dari Voer dibandingkakn dengan pakan dari yang lainnya.

Dimana Untuk Mendapatkan cipoh jantung?

Untuk mendapatkan burung cipoh jantung ini banyak yang dapat di lakukan mulai dari menjebak, mengambil anakan burung cipoh jantung sampai membeli di pasar atau kios burung. Lantas berapa harga cipoh jantung?

Berapa Harga cipoh jantung?

Untuk menjawab pertanyaan di atas bahwa harga cipoh jantung memiliki harga yang tentunya tidak sama alias bervariasi di setiap daerah. Namun untuk harga burung cipoh ini tergantung dari burung itu sendiri seperti usia, karakter sampai cipoh jantung gacor. Harga burung cipoh bakalan muda hutan sekitar Rp 50.000, harga cipoh jantung bakalan dewasa tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan muda hutan, dan harga cipoh jantung bunyi gacor bisa 3x lipat atau bahkan lebih.

Demikianlah usalan kami dan semoga bermanfaat serta menambah wawasan anda tentang Ciri-ciri Cipoh Jantung, Green Iora (Aegithina viridissima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *