Elang Gunung, Blyth’s Hawk-eagle (Nisaetus Alboniger)

Elang Gunung, Blyth’s hawk-eagle (Nisaetus alboniger) – Jenis burung elang ini merupakan salah satu jenis burung pemangsa dari keluarga Accipitridae dan Genus Nisaetus yang dapat dijumpai di Indonesia. Sebelum studi kasus terakhir tahun 2005 oleh Helbig dkk, elang ini dikelompokkan dengan genus Spizaetus.

Burung elang yang memiliki nama ilmiah Nisaetus alboniger atau Blyth’s hawk-eagle dalam bahasa inggrisnya mencapai kesimpulan dari Lerner dan Mindell (2005), bahwa Nisaetus alboniger berkerabat erat dengan Nisaetus nipalensis, berdasarkan sekuens molekuler dari dua gen mitokondria. Namun, Haring dkk (2007) juga menegaskan bahwa spesies Elang ini terdapat 4 sub-spesies yaitu Nisaetus alboniger (Elang Gunung), Nisaetus bartelsi (Elang Jawa), Nisaetus nanus (Elang Wallace), dan Nisaetus nipalensis (elang mountain).

Ciri-ciri Elang Gunung, Blyth’s hawk-eagle (Nisaetus alboniger)

elang gunung, blyth’s hawk-eagle, nisaetus alboniger, harga elang gunung, cara melatih elang elang gunung, makanan elang gunung
Elang gunung termasuk jenis elang berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 50 sampai 58 cm dengan rentang sayap berkisar antara 100 sampai 115 cm dengan berat tubuh sekitar 830 gram. Berwarna hitam dan putih. Jambul panjang, ekor bergaris lebar. Dada bercoret-coret memanjang, perut bergaris melintang rapat, nyaris hitam pada beberapa individu. Tenggorokan putih dengan strip hitam di tengahnya. Bagian bawah bergaris tebal, terdapat satu garis putih lebar pada ekor yang hitam. Remaja: bagian atas coklat dan bersisik kuning tua, kepala berwarna pucat, bagian bawah kuning tua bergaris coklat, ekor bergaris-garis. Iris kuning, paruh abu-abu, dan kaki kuning.

Pesebaran

Jenis elang ini dapat dijumpai di Semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Kemungkinan tersebar luas di Sumatra dan Kalimantan.

Habitat dan Kebiasaan

Di Malaysia, mendiami di pedalaman dan tepi hutan dataran rendah dan pegunungan, biasanya di daerah curam yang tinggi dengan ketinggian sekitar 1.800 m dari permukaan laut. Secara umum elang ini dapat dijumpai jauh dari keramaian manusia atau di hutan primer, hutan tebangan, pinggir hutan, perbukitan, dan pegunungan dengan rentang ketinggian 300-1200 m.

Baca juga : Rajawali Papua, Papuan Eagle (Harpyopsis Novaeguineae)

Makanan

Sering bertengger di pohon yang tinggi, kadang-kadang diserang srigunting dan burung kecil lain. Terbang berputar di hutan saat berburu, menyerang mangsa di pepohonan seperti Burung, ayam, mamalia, kadal, dan sesekali kelelawar.

Suara Elang Gunung

Siulan nyaring mirip Elang Jawa.

Reproduksi

Ketika musim kawin tiba sekitar bulan November, induk elang ini membangun sarang menggunakan ranting pohon dan dedaunan dengan mengerami telur antara 1 sampai 2 telur. Anakan elang gunung mulai belajar terbang dan meninggalkan sarang bulan Februari. Di Sumatra, ditemukan satu sarang yang sedang digunakan untuk mengerami telur pada bulan Juli. Dalam satu sarang hanya ditemukan satu anakan. Sarang diletakkan pada tajuk bagian atas pohon besar.

Status

Elang ini termasuk jenis burung yang berada dalam daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC) dengan status burung apendix II sesuai PP No. 7/1999. Burung apendix II dalam perdagangan internasional dapat diperdagangkan dengan pengaturan tertentu.

Bagaimanan Cara Merawat Elang Gunung?

Sebelum memutuskan untuk merawat elang gunung, kami sarankan untuk mempertimbangkan beberapa hal. Selain burung ini tergolong burung yang dilindungi, anda harus siap mengalami cedera seperti luka akibat cengkraman cakar dalam merawat jenis burung elang.

Selain itu, anda harus memahami karakter dari burung pemangsa itu sendiri dan butuh biaya yang tidak sedikit dalam merawat elang ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah memenuhi kebutuhan yang diperlukan dalam merawat burung ini seperti perlengkapannya

Perlengkapan

Burung Elang ini sebaiknya tak ditempatkan dalam kandang karena di alam bebas mereka terbiasa memangsa. Tempatkan mereka di luar kandang dengan dibuatkan tangkringan untuk tempat mereka bertengger. Agar tidak lepas, berikan semacam semacam tali di kakinya yang di kaitkan ke tangkringan tersebut.

Jenis makanan elang gunung

Seperti yang sudah disinggung, dalam merawat elang gunung membutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti kebutuhan makanan yang dibetikan. Dalam memberikan makanan, hindarilah memberikan jenis makanan yang berbau bahan kimia seperti ayam pedaging dan juga makanan yang bukan yang semestinya

Selain memberikan makanan yang baik, jangan lupa untuk memberikan vitamin untuk burung pemangsa dan minyak ikan setidaknya satu minggu sekali

Dimana Untuk Mendapatkan Elang Gunung?

Untuk mendapatkan burung pemangsa ini banyak yang dapat di lakukan mulai dari menjebak, mengambil anakan elang gunung sampai membeli elang ini ke penjual. Lantas berapa harga elang gunung?

Berapa harga elang gunung?

Untuk menjawab pertanyaan di atas bahwa harga elang gunung kami yang memiliki harga yang tidak sama, baik harga elang gunung juvenile alias remaja atau harga elang gunung brancher alias anakan maupun elang gunung real hunting.

Namun untuk mendapatkan elang ini setidaknya anda menyediakan uang minimal sekitar Rp. 1.500.000 untuk elang yang tidak memiliki skil

Kapan mulai melatih elang gunung?

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa merawat burung elang tidaklah semudah membalikkan tangan, karena burung ini perlu dilatih agar tidak menghilangkan sifat alaminya sebagai burung pemangsa.

Hal tersebut diperlukan jika suatu saat burung ini perlu di lepas lagi ke alam untuk menjaga populasi dari burung ini. Untuk memulai melatih elang ini, mulailah sejak masih anakan untuk membunuh mangsa

Kesimpulan

Dengan pesebaran yang terbatas, elang ini termasuk jenis burung yang menghindar dari keramaian manusia di hutan primer untuk mencari mangsa yang berupa Burung, ayam, mamalia, kadal, dan termasuk kelelawar

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Elang Gunung, Blyth’s Hawk-eagle (Nisaetus Alboniger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *