Elang Hitam, Indian Black Eagle (Ictinaetus Malaiensis)

Elang Hitam, Black Eagle (Ictinaetus Malaiensis) – Elang Hitam merupakan salah satu jenis burung elang dari keluarga Accipitridae dan Genus Ictinaetus yang dapat dijumpai di Indonesia. Burung yang disebut dengan black eagle dalam bahasa inggrisnya atau Ictinaetus Malaiensis dalam bahasa ilmiahnya lebih dikenal dengan sebutan indian black eagle atau ibe oleh falconer Indonesia.

Elang hitam diambil dari warna bulunya yang seluruhnya berwana hitam meskipun ada beberapa elang yang juga berwarna hitam seperti elang brontok hitam atau yang juga dikenal dengan changeable hawk eagle dark morph (CHE-DM).

Ciri-ciri Elang Hitam, Black Eagle (Ictinaetus Malaiensis)

elang hitam, elang ibe, black eagle, indian black eagle, ictinaetus malaiensis, harga elang ibe, melatih elang, perawatan harian elang

Elang hitam tergolong jenis elang berukuran besar dengan panjang tubuh sekitar 65 sampai 80 cm dan berat sekitar 1000 sampai 1600 gram dengan rentang sayap sekitar 148–182 cm. Warna bulu elang ini didominasi warna hitam, dan pangkal bulu primer terdapat warna putih pucat dengan kombinasi garis-garis hitam pada sayap bagian dalam.

Pada usia remaja, warna bulu cenderung pucat, dengan mata yang berwarna gelap atau yang lebih dengan dengan usia juvenil. Sedangkan ketika dewasa warna lebih hitam pekat, dengan bagian mata, cere dan kaki berwarna kuning terang dengan paruh hitam yang tebal atau yang disebut dengan usia mature. Di bagian paha hingga ke pergelangan seluruhnya ditutupi oleh bulu-bulu hitam dengan jari dan cakar yang tebal dan kuat. Dan ciri khas dari elang berwarna kuning di pangkal paruh sehingga ada yang menyebutkan elang emasnya indonesia karena hal ini mirip dengan elang emas.

Habitat dan Kebiasaan Elang Hitam

Elang hitam sering dijumpai pada ketinggian 1.400 mdpl di hutan-hutan yang lebat. Pada pagi dan sore hari sering terlihat terbang pelan/lambat di atas pohon dan tebing-tebing. Raptor ini biasanya memangsa mamalia kecil, burung, dan telur. IBE termasuk dalam kategori raptor yang terbangnya lambat. Saat mencari mangsa, biasanya lebih suka dengan terbang rendah diantara pohon-pohon serta berputar dan terbang santai sembari mengamati pergerakan mangsanya. Kontruksi bulu sayap yang kuat dan lebar memudahkan raptor ini untuk terbang pelan dengan memanfaatkan hembusan angin. Sesekali IBE terbang cukup tinggi dengan membentangkan sayapnya dengan memanfaatkan angin.

Penyebaran Elang Hitam

Elang ini banyak berkembang biak di wilayah Asia tropis dengan bertempat tinggal di hutan-hutan tropis seperti Nepal dan ke timur laut Murree, Burma dan Cina. Selain itu IBE juga menyebar hingga ke Semenanjung India, Sri Langka dan beberapa wilayah di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri dapat dijumpai di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Jenis Elang Hitam

Jenis elang hitam terdapat dua sub-spesies yang dikenali dengan pesebaran berbeda yaitu :

  • I. m. perniger (Hodgson, 1836) – Pakistan, India, Nepal, Bhutan, Assam, Myanmar dan Sri Lanka.
  • I. m. malaiensis (Temminck, 1822) – Cina, Taiwan, melalui Indochina dan Semenanjung Malaysia ke Sunda, Sulawesi, dan Maluku

Baca juga : 32 Jenis burung tledekan lengkap dengan gambar

Makanan Elang Hitam / Indian Black Eagle (IBE)

Makanan elang hitam biasanya memangsa mamalia kecil, burung, dan telur namun indian black eagle termasuk dalam kategori raptor yang terbangnya lambat dalam mencari mangsa, sehingga elang ini lebih suka terbang rendah diantara pohon-pohon serta berputar dan terbang santai sembari mengamati pergerakan mangsanya. Dengan kontruksi bulu sayap yang kuat dan lebar (lebih panjang dari ekor ketika bertengger) memudahkan elang ini untuk terbang pelan dengan memanfaatkan hembusan angin. Namun, sesekali IBE terbang cukup tinggi dengan membentangkan sayapnya dengan memanfaatkan angin karena jenis elang ini tipikal soaring.

Reproduksi

Berkisar bulan januari-mei adalah bulan waktu musim kawin sehingga sering terlihat bersama pasangannya. IBE membuat sarang diatas pohon yang tinggi dengan menggunakan ranting dan daun yang disusun melingkar diantara cabang pohon dengan banyaknya telur 1 – 2 butir saja. Sedangkan harga elang hitam berkisar di angka jutaan untuk harga anakan.

Kesimpulan

Meskipun elang hitam termasuk elang yang dijumpai di Indonesia dan perawatan harian elang ini tergolong mudah, akan tetapi yang perlu anda perhatikan adalah jenis burung ini termasuk jenis burung yang dilindungi undang-undang

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Elang Hitam, Indian Black Eagle (Ictinaetus Malaiensis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *