Elang Kecil, Little Eagle (Hieraaetus Morphnoides)

Elang Kecil, Little Eagle (Hieraaetus Morphnoides) – Burung elang kecil merupakan salah satu jenis burung elang atau yang juga dikenal dengan burung pemangsa alias burung predator dari keluarga Accipitridae dan Genus Hieraaetus yang dapat dijumpai di Indonesia bagian timur. Burung yang memiliki nama ilmiah Hieraaetus Morphnoides atau Little Eagle dalam bahasa inggrisnya. Penelitian oleh Helbig dkk (2005), menggunakan DNA dari satu mitokondria dan dua gen nuklir, menunjukkan bahwa spesies Hieraaetus yang lebih kecil, termasuk Hieraaetus ayresii, Hieraaetus morphnoides, dan Hieraaetus pennatus, membentuk kelompok monofiletik dengan Hieraaetus wahlbergi sebagai saudara perempuan mereka.

Berdasarkan urutan molekuler dari dua gen mitokondria dan satu gen nuklir, Lerner dan Mindell (2005), menemukan bahwa weiskei, endemik Papua yang biasanya diperlakukan sebagai subspesies dari Little Eagle, sebenarnya lebih dekat hubungannya dengan Booted Eagle, Hieraaetus pennatus dari pada ke Hieraaetus morphnoides. Jumlah variasi urutan antara bentuk yang terakhir dan weiskei sama besarnya dengan yang ditemukan antara spesies yang tidak dipertanyakan dalam analisis mereka. Oleh karena itu, weiskei diperlakukan di sini sebagai spesies penuh dan morphnoides dianggap sebagai monotipe. Mayoritas sistematika raptor (misalnya Wink dan Sauer-Gürth 2004, Gjershaug 2006) dan beberapa komite nasional untuk klasifikasi dan nomenklatur (misalnya, yang di Inggris dan Jerman) sekarang lebih suka menggabungkan spesies yang sebelumnya ditugaskan untuk Hieraaetus ke Aquila, dan mereka diikuti di sini.

Ciri Fisik Elang Kecil, Little Eagle (Aquila Morphnoides)

elang kecil, little eagle, hieraaetus morphnoides, suara elang kecil, harga elang kecil, harga elang rwb, makanan elang kecil, cara melatih elang, cara merawat elang

Elang kecil tergolong jenis elang berukuran sedang atau besar dengan panjang tubuh sekitar 38 sampai 55 cm; Berat elang kecil jantan sekitar 440 sampai 810 gram dan betina sekitar 745 sampai 1250 gram dengan rentang sayap sekitar 101 sampai 136 cm. Burung pemangsa yang tegap dengan sayap bundar, panjang dan datar ketika terbang. Ekor lebar berujung tumpul dengan ujung sayap gelap yang terlihat jelas, tungkai berbulu. Tubuh bagian bawah pucat dengan satu pita gelap di dada. Bagian bawah ekor gelap dan tidak berpalang.

Baca juga : Elang Kelabu, Grey-faced Buzzard (Butastur Indicus)

Suara Elang Kecil

Biasanya tidak bersuara, tetapi bersiul “sip-sip-seeee” melengking selama terbang.

Penyebaran dan Jenis Elang Kecil

Papua, Kep. Maluku, dan Australia. Jarang ditemui dan terpencar di seluruh Papua, dan Kep. Maluku. Terdiri atas dua sub-spesies yang dikenali dengan daerah persebaran:

  • H. weiskei (Reichenow, 1900) – Papua.
  • H. morphnoides (Gould, 1841) – Australia.

Tempat Hidup dan Kebiasaan

Menghuni hutan terbuka, tegalan, padang belukar dan savana, dari permukaan laut sampai ketinggian 1500m. Sering terbang di atas dan tepi hutan. Burung pemburu yang tidak mencolok. Jarang menangkap mangsa di udara, biasanya terbang rendah diantara lokasi-lokasi bertengger, menyerang mangsa yang ada di tanah dengan terbang dan menukik cepat dari lokasi bertengger.

Makanan Elang Kecil

Makan elang kecil bervaria mulai dari mamalia, burung, reptil (kebanyakan kadal), serangga, sampai dengan kelinci. Spesies ini juga kadang-kadang mencari makan di jalan dan bangkai lainnya. Ia mencari makan dengan cara quartering dan melonjak, penerbangan meluncur rendah, atau berburu dari tempat bertengger. Jarang memangsa dalam penerbangan, tetapi biasanya meluncur atau membungkuk ke tanah untuk menangkap mangsa.

Reproduksi

sarang burung elang, cara melatih elang, makanan elang, harga elang terbaru

Elang-elang kecil bersarang di hutan terbuka (biasanya di lereng bukit) dan di sepanjang aliran air yang dibatasi pepohonan, dengan sarang biasanya ditempatkan di pohon yang hidup dan dewasa dengan ketinggian sekitar 5 sampai 45m di atas permukaan tanah. Burung membangun sarang tongkat yang dilapisi dengan daun dan mungkin menggunakan sarang yang berbeda di tahun-tahun berikutnya, termasuk sarang burung lain seperti burung gagak. Sepasang elang kecil hanya akan berkembang biak setahun sekali dan setiap pasangan hanya akan menghasilkan satu atau dua telur per musim, biasanya bertelur pada akhir Agustus hingga awal September. Setelah masa inkubasi sekitar 37 hari, dan anakan elang kecil mulai belajar terbang dan meninggalkan sarang umur 54-66 hari. Kematangan dalam hal perkembangbiakan membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun

Baca juga : Elang Perut Karat, Rufous-bellied eagle (Lophotriorchis kienerii)

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Elang Kecil, Little Eagle (Hieraaetus Morphnoides)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *