Jalak Suren, Pied Myna (Gracupica contra)

Jalak Suren, Pied Myna (Gracupica contra) – Jalak suren adalah merupakan salah satu dari beberapa jenis burung jalak selain jalak kerbau atau jalak nias dari keluarga Sturnidae dan genus Gracupica. Selain nama jalak suren, burung jalak ini memiliki nama ilmiah Gracupica contra tapi sebelumnya dikelompokkan ke dalam genus sturnus namun pada akhirnya masuk ke genus cracupica meski belum ada penelitian lebih lanjut. spesies jalak ini yang ditemukan di Anakbenua India dan Asia Tenggara.

Ciri Fisik Jalak Suren, Pied Myna (Gracupica contra)

harga jalak suren pied myna asian pied starling

Burung jalak suren berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 20 sampai 24 cm dengan berat tubuh sekitar 75 sampai 100 gram, berwarna hitam dan putih. Dahi, pipi, garis sayap, tunggir, dan perut berwarna putih. Dada, tenggorokan, dan tubuh bagian atas berwarna hitam. Warna hitam ini masih coklat pada burung remaja. Iris berwarna abu-abu, kulit tanpa bulu di sekitar mata berwarna jingga, paruh merah dengan ujung berwarna putih, kaki kuning. Jalak suren mempunyai sayap yang agak bulat, terbangnya tidaklah cepat, melainkan dengan gerakan yang mirip dengan kupu-kupu.Bulu burung jantan dan burung betina kelihatan sama. Baik burung jantan maupun betina senang berkicau, dan mereka dapat meniru suara burung lain.

Burung jantan memiliki badan yang lurus dan lebih besar daripada burung betina. Bulu kepala dan punggung berwarna hitam legam, serta ekornya sedikit lebih panjang dan menyatu. Warna merah pada kulit di atas mata lebih cerah dan jelas. Pada bagian yang memiliki bulu warna putih, di tubuh bagian bawah, kelihatan lebih bersih. Ekornya sedikit lebih panjang dan menyatu. Jari-jari kakinya lebih panjang dan lebih kokoh.

Jambul kepalanya lebih panjang dan lebih melebar saat mengembang. Sementara, burung betina memiliki tubuh yang bulat dan pendek dengan warna hitam dan putih yang agak suram, kurang lincah dan agresif seperti jantan. Paruh, jari kaki, dan ekornya lebih pendek dan halus. Kepalanya agak ramping. Warna merah pada bagian mukanya lebih pucat dibanding burung jantan. Ocehannya lebih cerewet dan bervariasi

Persebaran dan Jenis Jalak Suren

Baca juga : macam-macam jenis burung jalak

Secara global, jenis burung jalak suren terdapat 5 sub-spesies yang diakui dengan daerah persebaran berbeda :
Global dan ras: India, Cina bagian barat, Asia Tenggara (kecuali Semenajung Malaysia).

  • contra (Linnaeus, 1758): ujung timur Pakistan (daerah Lahore), India tengah dan utara (di timur sampai Assam bagian barat, di selatan sampai ujung utara Karnataka dan Andhra Pradesh utara), Nepal selatan dan Bangladesh.
  • sordida (Ripley, 1950): India timur laut (Assam timur).
  • superciliaris (Blyth, 1863): India timur laut (Manipur), Myanmar (kecuali wilayah selatan dan timur) dan Cina barat daya (Yunnan barat daya).
  • floweri (Sharpe, 1897): Myanmar selatan dan timur, Cina selatan (Yunnan tenggara), Thailand (kecuali timur), Laos barat laut dan Kamboja.

Lokal dan ras: Sumatera, Jawa, Bali.

  • jalla (Horsfield, 1821): Sumatera, Jawa dan Bali.

Suara Jalak Suren

Burung ini memiliki kemampuan yang baik dalam menirukan suara burung lain termasuk peluit, getar, klik dan nada melengking dan bahkan suara manusia, sehingga menjadikannya populer di kalangan para pecinta burung kicau. Kedua jenis kelamin bernyanyi.

Makanan Jalak Suren

Jalak suren termasuk burung omnivora dan sering terlihat mencari makan di ladang, halaman rumput, tanah terbuka dan di lahan penggembalaan di antara ternak. Mereka memakan biji-bijian, buah, serangga, cacing tanah, laba-laba, dan moluska, telur serangga, cacing air, ulat daun, dan kupu-kupu.

Baca juga : ciri-ciri jalak nias jantan dan betina

Habitat dan Kabiasaan

Wilayah dari penyebaran jalak satu ini yang ada di Indonesia paling banyak dapat ditemui di Pulau Sumatera, kemudian Jawa dan juga Bali. Sementara untuk jalak bali kalimantan tentu saja sangat banyak dijumpai di wilayah yang ada di Kalimantan. Di alam yang liar, jalak jenis ini memang sering kali menyukai beberapa tempat dataran rendah yang dekat dengan perairan, tetapi terkadang juga kerap kali terlihat di perbukitan di atas ketinggian 700 meter (dpl).

Reproduksi

sarang burung jalak, telur jalak, anakan burung jalak, burung jalak tidak netas

Musim kawin jalak suren di India berlangsung dari bulan Maret sampai September. Namun di Jawa dan Bali, perkembangbiakan umumnya terjadi antara Desember-Juni, meskipun beberapa yang lain berbiak sepanjang tahun. Sedangkan bulan Juli-Desember merupakan masa penurunan perkawinan. Pada musim berbiak, jumlah burung yang mengelompok akan menurun, karena mereka saling mencari pasangan. Untuk memikat pasangannya, burung ini akan mengeluarkan suara panggilan, menepuk-nepukkan bulu serta menggoyang-goyangkan kepala.

Pada habitat aslinya, jenis jalak suren tersebut biasanya akan lebih memilih beberapa pohon besar yang berlubang sebagai tempat tinggalnya dan juga sekaligus digunakan untuk bisa melahirkan anak – anaknya. Di masa reproduksi sendiri, jalak tersebut dapat melahirkan kurang minimal 4 sampai dengan 6 butir telur dan untuk masa pengeramannya sendiri adalah 14 hari.

Bagaimana cara ternak jalak suren?

Jika anda tertarik menangkarkan burung ini, maka hal pertama kali yang harus anda tahu adalah perbedaan jenis kelamin dari burung ini.

Seperti apa perbedaan jalak suren jantan dan betina?

Membedakan jalak suren jantan dan betina ini penting mengingat sebagai modal pertama yang harus anda miliki adalah burung jalak suren yang sudah mapan dan berjenis kelamin jantan dan betina ( sepasang ) untuk membedakan jenis kelamin burung ini sangat sulit akan tetapi masih bisa dilihat dengan ciri ciri umum yang sering digunakan sebagai panduan oleh kicau mania di indonesia adalah :

jalak suren, pied myna, gracupica contra, jalak suren jantan dan betina, merawat jalak suren, suara jalak suren gacor, pakan terbaik jalak suren, jalak suren giras

Ciri-ciri Jalak Suren Jantan

  • Kepala lebih besar dan bulat
  • Paruh lebih besar, kokoh dan kuat
  • Bentuk tubuhnya lonjong dan panjang
  • Bulu kepala, punggung, dan leher berwarna hitam legam dan mengkilat
  • Bagian bulu yang berwarna putih lebih bersih
  • Ekor sedikit lebih panjang dan menyatu
  • Warna merah pada muka lebih cerah daripada jalak suren betina
  • Jari kaki lebih panjang dan kokoh
  • Pada bagian anus/dubur terdapat warna biru tua. Warna biru tua yang terdapat pada anus jalak suren jantan mulai tampak pada kisaran umur 1 tahun, jelas atau tidaknya warna dubur tersebut tergantung pada usia burung, diamana burung yang masih muda warnanya agak kurang jelas, dan makin tua usia burung tersebut warnanya akan semakin jelas.

Ciri-ciri Jalak Suren Betina

  • Bentuk kepala agak ramping
  • Paruh lebih kecil dan pendek
  • Bentuk badan bulat dan pendek
  • Warna merah pada muka lebih pucat dari jalak suren jantan
  • Bulu kepala, punggung dan leher berwarna agak kusam
  • Ekor lebih pendek daripada jalak suren jantan
  • Jari kaki lebih pendek

Berapa ukuran kandang ternak Jalak Suren?

cara ternak jalak suren, ukuran kandan jalak suren, kotak sarang jalak suren, agar ternak jalak suren sukses, menjodohkan jalak suren

Untuk ukuran kandang jalak suren sendiri memang pada dasarnya sesuai dengan selera setiap pemelihara ataupun penangkarnya. Yang terpenting adalah harus dapat mengkondisikan sangkar tersebut dengan senyaman mungkin untuk dijadikan tempat tinggal bagi burung jalak suren tersebut.

Tetapi jika berdasarkan beberapa pengalaman dari beberapa ahli, sangkar jalak suren yang nyaman untuk burung tersebut biasanya adalah memiliki ukuran 100 x 175 x 200 cm. Dan pada dalam kandang tersebut juga perlu diberikan beberapa perlengkapan seperti tempat untuk bersarang, kemudian tempat untuk bertengger yang dibuat dari batang kayu dan juga harus disediakan tempat untuk meletakkan pakan dan juga minum dari burung tersebut. Selain itu setiap pemilik burung tersebut sebaiknya perlu menyediakan bak mandi dengan ukuran yang cukup besar pada dalam kandang.

Seperti apa Perawatan Harian Burung Jalak Suren?

Sedangkan untuk perawatan harian jalak suren ini sendiri memang pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan jenis burung penyanyi yang lainnya. Tetapi sebelum atuapun setelah proses pemandian, jenis dari burung terseut harus diangin – anginkan lebih dulu kurang lebih selama 30 menit. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakannya. Burung yang satu ini memang lebih menyukai pakan jenis voer karena memang kandungan proteinnya cukup tinggi. Untuk voer yang memiliki protein tinggi adalah ayam, kemudian lele dan juga voer hijau biasa.

Sementara itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa macam buah – buahan yang bisa divariasikan, contohnya saja seperti buah pisang kepok, pepaya dan juga apel. Dan untuk beberapa pakan protein yang lainnya memang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pemelihara dapat memberikan jangkgrik sebanyak 8 ekor di dalam satu hari. 3 ekor jangkrik di pagi hari, kemudian 5 ekor di sore hari. sedangkan untuk takaran dari kroto sendiri adalah cukup 1 sendok teh yang diberikan 2 kali dalam satu minggu. Untuk buah – buahannya sendiri sebaiknya diberikan saat masih segar agar nantinya jalak tersebut dapat lebih sehat dan juga rajin untuk berbunyi.

Baca juga : Ciri-ciri jalak kebo jantan

Syarat Keberhasilan Penangkaran Jalak Suren

Untuk syarat agar berhasil dalam ternak burung jalak suren sendiri adalah tentu saja sangat tergantung dengan bebrerapa hal seperti calon indukan yang berkualitas, kemudian kandang penangkarannya, lalu pakan yang memiliki gizi dan tentu saja lingkungan yang dibuat dengan aman dan juga senyaman mungkin untuk burung tersebut.

Jadi pada intinya adalah burung jalak suren ini merupakan suatu jenis jalak yang banyak diminati oleh pecinta burung jalak meski karena memiliki ocehan yang bagus dan juga bisa dijadikan sebagai burung penjaga rumah, harga jalak suren jauh lebih mahal dibandingkan jalak kebo atau jalak nias

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawsan anda tentang ciri-ciri Jalak Suren (Pied Myna atau Asian Pied Starling)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *