32 Jenis Burung Tledekan Lengkap dengan Gambar

Jenis burung tledekan – Burung tledekan merupakan salah satu dari beberapa jenis burung kecil dari keluarga Muscicapidae dan genus Cyornis juga disebut dengan nama burung sulingan atau burung sikatan. Jenis burung tledekan adalah salah satu jenis burung yang dikenal oleh hampir seluruh penggemar burung di Indonesia. Meskipun ketenaran tidak sementereng di tahun 2000-an, namun para penggemarnya masih cukup banyak.

Di Indonesia unggas pengicau yang masuk dalam keluarga burung sikatan (flycatcher) terdapat dalam berbagai jenis, diantaranya mulai jenis burung tledekan gunung / sikatan cacing (cyornis banyumas), bakau (cyornis rufigastra), laut / biru putih (cyanoptila cyanomelana) dan selendang biru. Selain memiliki kicauan gacor maupun ngeroll, semua jenis burung sikatan tersebut memang seluruhnya mempunyai tubuh dengan warna bulu yang indah, sehingga pantas saja jika semua burung dari genus Niltava tersebut tidak bisa dilupakan begitu saja oleh setiap penggemarnya.

Jika bicara mengenai jenis burung tldekan atau sikatan, dilihat dari segi warna dan gerakan tubuhnya saja, burung yang satu ini terbilang sudah bisa membuat jatuh cinta bagi setiap orang yang ditemuinya. Mungkin itulah segi keunggulan yang paling mencolok dari burung sulingan tersebut. Selain dikenal sebagai burung agresif dengan gaya Nyeklek atau Ngobra, burung ini memang diketahui mempunyai kecerdasan, yakni mampu menirukan nada-nada suara yang dikeluarkan dari burung lain terlebih lagi jika ia dilatih dari umur bakalan atau trotolan. Maka tak heran jika semua jenis burung yang lebih dikenal dengan sebutan tledekan ini pernah populer dan bahkan sempat menjadi raja di event perlombaan burung pada tahun 2000-an.

Semua jenis burung sulingan ini rata-rata mempunyai panjang tubuh berkisar 8 hingga 10 cm. Daerah kesuakaan-nya saat di alam liar sendiri meliputi berbagai tempat tropis seperti hutan lebat dan tempat-tempat pohon bambu yang dekat dengan aliran sungai. Wilayah penyebarannya meliputi Nepal, India, Bhutan, Thailand, Kamboja, Cina Barat Daya dan Indonesia. Habitat alami burung ini berada di area hutan yang lebat dengan banyak sungai yang mengalir di sekitarnya. Penyebaran burung tledekan tidak hanya berada di Indonesia saja.

Burung ini juga tersebar sampai ke Kamboja, India, Nepal, Thailand, dan Cina Barat Daya. Anda dapat menemukan burung ini di beberapa daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Burung tledekan sangat menyukai ulat, capung, dan buah-buahan untuk dikonsumsi ketika berada di alam liar.

Jenis Burung Tledekan / Sulingan Beserta Gambar dan Cirinya:

jenis burung tledekan, jenis burung sulingan, jenis burung sikatan, suara burung tledekan, suara burung sulingan, suara burung sikatan
Ada beberapa jenis burung tledekan atau Sulingan sekitar 32 jenis burung tledekan yang perlu Anda ketahui meski kami tidak membahas semuanya. Berikut ini ada macam dan jenis tledekan dengan masing-masing ciri khasnya.

1. Burung Tledekan Gunung (Cyornis Banyumas)

Tledekan Gunung, Hill Blue-flycatcher, Cyornis banyumas, tledekan gunung jantan dan betina, tledekan gunung trotol, pakan tledekan gunung, perawatan harian tledekan gunung, suara tledekan gunung, ciri anakan tledekan gunung jantan
Nama lain dari jenis burung Tledekan Gunung yaitu Sikatan Cacing. Burung yang satu ini akan lebih mudah ditemui disekitar Pulau Kalimantan dan juga Pulau Jawa. Ciri khas kicauan burung tledekan gunung yaitu suaranya yang terdengar mendayu-dayu. Banyak orang yang menyukai burung ini karena warna bulunya yang menarik. Perbedaan antara burung tledekan gunung jantan dengan betina sangat mudah untuk diketahui. Amatilah warna bulu pada bagian punggung burung tledekan gunung.

Jenis burung tledekan gunung jantan mempunyai warna biru gelap bercampur dengan warna hitam mulai dari bagian kepala, memanjang sampai dengan ekornya. Sedangkan untuk yang betina, warnanya lebih mencolok, yaitu berwarna kuning keabu-abuan. Panjang badan burung tledekan burung jantan dan betina, yang berbeda hanya terletak pada warnanya saja.

Selengkapnya : Tledekan Gunung, Hill Blue-flycatcher (Cyornis banyumas)

2. Burung Tledekan Bakau (Cyornis Rufigastra)

tledekan bakau jantan dan betina, ciri-ciri tledekan bakau jantan, ciri-ciri tledekan bakau betina, mangrove blue-flycatcher, cyornis rufigastra, tledekan bakau trotol, suara tledekan bakau gacor
Jenis burung Tledekan bakau sering disebut juga dengan Sikatan Gunung Kalimantan. Sebutan tersebut bukan diartikan bahwa burung ini berasal dari Kalimantan. Tledekan bakau juga dapat Anda temukan di daerah Karimunjawa, Sulawesi, dan Sumatera. Namun jenis burung tledekan ini bukan dari genus cyornis tapi dari genus Cyanoptila. Penampakan fisik burung ini hampir sama dengan Tledekan gunung. Walaupun mirip, Anda tetap dapat menemukan perbedaan burung ini dengan jenis tledekan lainnya.

Jenis tledekan Bakau berjenis kelamin betina mempunyai warna bulu yang lebih pucat. Bentuk paruh bagian atasnya membentuk huruf V dan bagian bawah dagunya berwarna kuning. Bagian punggung burung tledekan bakau sama dengan burung tledekan gunung, berwarna biru gelap sampai dengan bagian ekornya. Beberapa orang mengalami kesulitan untuk membedakan burung ini dengan jenis tledekan lainnya. Anda cukup melihat bagian bawah dagu atau dadanya saja.

3. Burung Tledekan Laut (Cyanoptila Cyanomelana)

tledekan laut, sikatan biru-putih, blue-and-white flycatcher, cyanoptila cyanomelana, tledekan laut jantan dan betina, suara sikatan biru-putih, tledekan laut gacor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *