16 Jenis Makanan Perkutut Agar Gacor dan Rajin Bunyi

16 Jenis Makanan Perkutut Agar Gacor dan Rajin Bunyi – Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer dan banyak dipelihara di kalangan masyarakat karena suara burung perkutut memiliki ciri khas tersendiri. Pada umumnya, pecinta burung perkutut didominasi oleh orang dewasa dan orang tua.

Perawatan harian burung perkutut tergolong mudah karena tidak begitu membutuhkan perawatan ekstra baik dari segi jenis makanan perkutut maupun perawatan harian lainnya. Namun perawatan harian perkutut agar gacor dan rajin bunyi tentunya tidak sama dengan peliharaan yang biasa

Bagaimana mendapatkan perkutut gacor dan rajin bunyi?

Untuk mendapatkan perkutut gacor dan rajin bunyi, anda harus bisa merawat perkutut yang baik dan benar mulai dari jenis makanan perkutut yang bagus dan berkualitas, penjemuran maupun perawatan kandang perkutut itu sendiri.

Makanan apa yang bagus untuk burung perkutut

Makanan burung perkutut sebenarnya ternyata banyak sekali macamnya. Dari semua jenis pakan Perkutut, biasanya yang paling disukai ialah makanan dari biji-bijian. Oleh karena itu, makanan yang bagus untuk perkutut berupa jenis biji-bijian seperti kacang hijau, ketan hitam, beras merah, gabah, milet, dan lain-lain.

Selain makanan perkutut di atas, ada beberapa jenis makanan perkutut yang sering dicampur jadi satu agar mendapatkan gizi yang kompleks. Selain itu, tujuan pencampuran pakan ini agar burung Perkutut tidak bosan dengan satu jenis makanan saja.

Jenis Makanan Perkutut Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Berikut beberapa jenis makanan burung perkutut agar rajin bunyi dan cepat gacor:

jenis makanan perkutut, makanan yang bagus untuk perkutut, perkutut cepat gacor dan rajin bunyi, perawatan harian burung perkutut

Milet

Millet merupakan sejenis biji-bijian yang memiliki warna putih dan kekuning-kuningan. Jenis makanan ini sangatlah cocok untuk burung perkutut.

Makan perkutut ini jika dikonsumsi berlebih juga tidak baik untuk tubuh karena bisa menyebabkan berat badan berlebih jika perkutut sudah memiliki berat badan yang berlebih nantinya akan sulit untuk beraktivitas bahkan bisa saja malas untuk berkicau.

Kacang Hijau

Makanan perkutut yang selanjutnya yaitu kacang hijau pemberian kacang hijau secara rutin juga dapat membantu burung perkutut tumbuh dengan cepat.

Pemberian kacang hijau bisa dengan di loloh secara langsung oleh pemiliknya jika kesusahan anda bisa melihat tutorialnya di youtube. Ada baiknya sebelum kacang hijau di berikan kepada perkutut di rendam terlebih dahulu dengan air yang sudah di masak.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Perkutut

Untuk aturan perendamannya bisa antara waktu 6 hingga 8 jam, tunggu sampai kacang hijau benar-benar berkembang. Tidak ada aturan pemakaian pakan kacang hijau burung perkutut yang masih piyik pun dapat mengkonsumsi kacang hijau ini.

Ketan hitam

Makanan perkutut yang selanjutnya adalah ketan hitam, banyak kalangan pecinta burung menganggap ketan hitam dapat membantu tubuh burung perkutut hangat.

Ketan hitam dapat anda berikan untuk perkutut jika pada waktu musim dingin atau sedang musim hujan supaya kondisi tubuh burung perkutut dapat terjaga, musim hujan dapat mengakibatkan burung perkutut terserang penyakit maka dari itu ketan hitam salah satu solusinya.

Beras Merah

Makanan perkutut yang selanjutnya yaitu beras merah, beras merah mengapa dijadikan sebagai makanan utama karena memiliki banyak khasiat yaitu untuk membantu pertumbuhan burung perkutut.

Kandungan zat yang terdapat pada beras merah yaitu vitamin E adapun vitamin E berguna untuk membantu perkembangan reproduksi burung perkutut. Bukan hanya vitamin E beras merah juga memiliki kandungan Vitamin B di dalamnya.

Gabah

Jenis pakan perkutu selanjutnya adalah gabah. Gabah makanan utama yang paling di favoritkan karena jika perkutut terlalu banyak memakan jenis makanan ini berat badan burung perkutut tidak akan bertambah.

Berbeda dengan millet yang jika di konsumsi secara berlebih akan membuat burung perkutut gemuk. Apabila anda ingin perkutut anda mengikuti lomba pakan jenis ini sangat cocok karena gizi dari gabah cukup seimbang.

Jewawut

Jewawut merupakan sejenis biji-bijian dan hampir sama dengan milet, namun makanan perkutut ini ada perbedaannya dari millet yaitu untuk warna jewawut berwarna orange.

Untuk kandungan protein jewawut sendiri sangat tinggi sehingga jenis makanan ini kerap di rekomendasikan untuk anda yang ingin burung perkutut cepat gacor, bukan hanya untuk menambah kegacorannya namun dapat mempercepat proses pertumbuhan burung perkutut.

Sorgum

Mungkin Anda kurang familiar dengan jenis makanan perkutut yang berupa sorgum. Makanan ini mampu menambah tenaga burung Perkutut. Namun, jangan diberikan terlalu banyak karena berpotensi membuat Perkutut gemuk dan merusak suara Perkutut.

Enceng-enceng

Tanaman enceng-enceng mempunyai nama lain, kartok dan orok-orok. Untuk makanan perkutut, biasanya yang diambil cuma bijinya saja. Manfaat enceng-enceng untuk Perkutut, di antaranya dapat melancarkan pernapasan dan menghangatkan tubuh burung.

Godem

Bagi yang belum tahu, godem mempunyai bentuk yang mirip dengan jewawut. Permukaan kulit godem berwarna hitam mengilat dan cukup halus. Manfaat godem untuk membuat Perkutut rajin bunyi dan penghangat tubuh.

Namun, hal yang perlu anda perhatikan tentang makanan perkutu ini adalah jangan diberikan terlalu banyak agar tidak merusak suara Perkutut.

Dapatkan : 6 Suara Burung Perkutut Bangkok Asli dan Lokal

Canary seed

Nama lain Canary seed adalah biji Kenari. Makanan canary seed mengandung protein, lemak, dan hidrat arang yang mampu menyegarkan tubuh, menambah stamina, dan mengatasi suara Perkutut serak, sehingga jenis ini cocok dijadikan sebagai makanan perkutut

Biji sawi

Untuk menghangatkan tubuh Perkutut di musim hujan, Anda bisa memberikan biji sawi. Kandungan biji sawi cukup beragam, di antaranya karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium, dan lain-lain.

Tulang sotong

Pakan tambahan Perkutut adalah tulang sotong atau asinan. Makanan ini mengandung kalsium tinggi, sodium klorida, garam magnesium, kalsium karbonat, dan kalsium fosfat. Cara pemberian tulang sotong cukup digantung di dinding sangkar.

Kencur

manfaat kencur untuk burung, cara memberikan kencur pada burung, racikan pakan burung dengan kencur, manfaat kencur untuk perkutut
Manfaat kencur sangat banyak salah satunya untuk burung perkutut. Manfaat kencur untuk Perkutut yaitu melegakan tenggorokan, menjaga pita suara Perkutut, dan melancarkan pencernaan.

Minyak Ikan

Tidak hanya menyehatkan manusia, minyak ikan juga bisa dijadikan suplemen untuk burung, tidak terkecuali untuk burung perkutut.

Vitamin

Vitamin termasuk kedalam makanan perkutut yang dikategorikan sebagai tambahan burung perkutut agar gacor. Adapun vitamin atau makanan tambahan yang dibutuhkan yaitu kroto, ulat hongkong, jangkrik dan yang lain.

Untuk vitamin agar perkutut anda cepat gacor anda bisa membelinya di toko pakan burung terdekat ada banyak jenis vitamin di toko pakan burung dan pastinya anda tinggal meminta rekomendasi pakan burung atau vitamin burung perkutut agar cepat gacor kepada penjualnya pasti akan diberikan vitamin terbaik.

Makanan pabrikan

Kalau tidak mau repot, Anda bisa memberikan makanan pabrikan yang sudah jadi kepada burung Perkutut. Ada berbagai jenis makanan pabrikan burung Perkutut, seperti berikut:

  • Fancy Bird Food
  • Sae Kong
  • Gold Coin Perkutut Royal
  • Fancy Love & Care Perkutut
  • Platonic Pakan Perkutut
  • Alam Sakti Perkutut Plus
  • Madura Koung

Kapan waktu yang tepat makan perkutut diberikan?

Sedangkan makanan perkutut yang berjenis biji-bijian bisa diberikan setiap hari dengan cara dicampur meskipun tidak semua jenis di atas dicampur seketika

Waktu pemberian kencur juga cukup 3 hari sekali berikan jeda agar kita dapat melihat hasilnya. Jika 3 hari sekali dirasa cukup kita bisa menguranginya dengan kurun waktu satu minggu satu kali. Cara memberikan kencur pada perkutut cukup dipotong kecil-kecil dan dilolohkan

Untuk waktu pemberian minyak ikan pada perkutut cukup 1 butir per tiga hari sekali dengan cara dilolohkan. Untuk mempermudah masuknya minyak ikan, lebih baik anda olesi atau celupkan pada air terlebih dahulu agar lebih mudah untuk meloloh suplemen tersebut.

Kesimpulan

Jadi, untuk mendapatkan burung perkutut gacor dan rajin bunyi tergantung dari perawatan harian burung perkutu yang baik dan benar. Faktor yang paling mempengaruhi adalah jenis makanan perkutut berkualitas yang diberikan pada burung perkutut tersebut

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermnafaat dan menambah wawasan anda tentang 16 jenis makanan perkutut agar gacor dan rajin bunyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *