Kacamata Laut, Lemon-bellied white-eye (Zosterops chloris)

Kacamata Laut, Lemon-bellied white-eye (Zosterops chloris) – Burung kacamata laut merupakan salah satu jenis burung kicau dari kelauarga Zosteropidae Genus Zosterops. Burung kacamata juga dikenal dengan sebutan burung pleci oleh para kicau mania. Selain itu, juga dikenal dengan sebutan zosterops chloris dalam bahasa ilmiahnya atau lemon-bellied white-eye dalam bahasa inggrisnya. Burung yang dapat dijumpai di daerah Indonesia ini merupakan salah satu jenis dari lebih 50 jenis yang tersebar di beberapa daerah dunia.

Ciri Fisik Kacamata Laut, Lemon-bellied white-eye (Zosterops chloris)

kacamata laut, lemon-bellied white-eye, zosterops chloris, suara pleci laut, merawat pleci laut agar cepat gacor, harga pleci laut, makanan pleci yang bagus

Burung kacamata laut tergolong jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 11 sampai 12 cm, dahi, mahkota, bagian atas paruh dan kekang umumnya berwarna kuning. Lingkar mata putih dengan kekang dan lingkar mata bagian bawah gelap. Penutup telinga zaitun kuning. Tubuh bagian atas hijau kekuningan. Sedangkan tubuh bagian bawah mulai tenggorokan hingga perut berwarna kuning terang dengan panggul hijau. Iris mata coklat atau coklat kemerahan. Paruh atas berwarna agak hitam, paruh bawah hitam abu-abu kebiruan. Kaki Abu-abu.

Penyebaran dan Ras

Burung kacamat laut tergolong spesialis jenis burung yang mendiami pulau-pulau kecil. Jarang ditemukan di pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Terdapat lima subspesies yang dikenali dengan persebaran berbeda seperti di bawah ini :

  • Zosterops chloris chloris, Bonaparte 1850, dengan daerah sebaran utama mencakup Kepulauan Maluku, mulai dari Pulau Mayu (antara Sulawesi dan Halmahera), Kepulauan Schildpad di utara Misool, Kepulauan Banda, Manuk, Seram Laut, Tayandu, Kei, Taam di lepas pantai Kei dan pulau-pulau luar Kepulauan Aru. Salah satu ciri pembeda ras ini adalah bulu-bulu pada tubuh bagian bawahnya berwarna kuning tua.
  • Zosterops chloris mentoris, Meise 1952, tersebar di Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Sekilas mempunyai kemiripan dengan ras chloris, hanya saja bentuk paruhnya lebih kecil.
  • Zosterops chloris intermedius, Wallace 1864, tersebar di sekitar pantai daratan utama dan pulau-pulau kecil di Sulawesi selatan, Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara. Daerah sebaran di Sulawesi selatan mencakup Kepulauan Spermonde, Pulau-pulau di Laut Flores (Kepulauan Tanakeke, Selayar, Tanajampea, Kalao, Bonerate, Kalaotoa dan Pulau Madu). Daerah sebaran di Sulawesi Tenggara termasuk Kabaena, Muna dan Buton. Sedangkan Kawasan Nusa Tenggara mencakup: Sumbawa, Komodo, Rinca, Flores, Palu Besar, Sabolan Besar).
  • Zosterops chloris maxi, Finsch 1907, tersebar di kawasan Indonesia barat mulai dari Kepulauan Karimata, Belitung, Kepulauan Seribu, Kepulauan Karimunjawa, Bawean, Pulau Kangean, Kepulauan Menjangan, Nusa Penida hingga Pulau Lombok. Ciri pembeda ras maxi adalah warna bulu pada tubuh bagian bawah lebih pucat. Adapun bulu di bagian atas lebih kusam dan berwarna lebih kehijauan.
  • Zosterops chloris flavissimus, Hartert 1903 dengan sebaran terbatas (endemik) di Kepulauan Wakatobi. Saat ini ras ini ditetapkan sebagai spesies tersendiri dengan nama Kacamata Wakatobi Zosterops flavissimus. Sepintas, penampilannya mirip pleci jawa / javan white-eye (Zosterops flavus), tetapi ukuran tubuhnya lebih besar. Selain itu, warna kuningnya juga lebih terang, serta paruh atas dan bawah berwarna hitam.

Suara Pleci Laut

jenis burung pleci, jenis burung kacamata, merawat burung pleci, suara burung pleci gacor ngerol, racikan pakan pleci, doping burung pleci, pleci jantan dan betina

Suara panggilan (call) pleci laut sangat berbeda dari suara panggilan jenis pleci lainnya. Suaranya terdengar sangat parau dan penuh getaran. Meski begitu, suara kicauannya justru lebih lantang dan bervariasi. Berikut ini suara call dan song (kicauan) pleci laut yang bisa dimanfaatkan untuk masteran atau untuk memancing bunyi.

Dapatkan : Suara Pleci Betina Untuk Pancingan Atau Pikat Burung Pleci

Habitat dan Kebiasaan

Menyukai daerah terbuka seperti di sekitar pantai seperti hutan pantai, mangrove, hutan sekunder, semak-semak, vegetasi bawah di kebun kelapa, lahan pertanian dan pekarangan dari datararan rendah sampai ketinggian 1800m. Sering ditemukan bersama burung Cabai dan burung Madu

Terbang cepat dalam kelompok, berpindah dari satu pohon ke pohon lain dengan suara ribut. Melompat di antara ranting-ranting semak dan perdu dengan gerakan yang lincah. Sering mengunjungi pohon-pohon yang sedang berbuah. Sekelompok burung ini teramati saat mematuk-matuk buah pepaya yang telah masak di pohon.

Makanan

Burung kacamata laut termasuk burung Omnivore yang memakan buah dan serangga.

Reproduksi

sarang burung kacamata, sarang burung pleci, membekadan pleci jantan dan betina, ciri fisik kacamata laut anakan

Sarang burung kacamata laut seperti mangkuk yang berukuran kecil tetapi sangat rapi jika di bandingkan dengan bentuk sarang burung jenis yang lain. Bentuk sarang burung kacamata laut di buat ukuran kecil dan terbuat dari ranting pohon serta tumbuhan dan di susun secara rapi.

Baca juga : Jenis Burung Kacamata (Zosterops)

Status Konservasi

Tidak termasuk spesies yang dilindungi Undang-undang. Populasi cukup melimpah sehingga oleh IUCN dikategorikan beresiko rendah dari kepunahan (Least Concern). Tidak termasuk dalam daftar Appendix CITES.

Referensi

Coates, B.J. & Bishop, K.D. 2000. Panduan Lapangan Burung – Burung di Kawasan Wallaceae. Penerbit Bird Life Indonesia. Bogor.

Del Hoyo, J., Elliott, A., Sargatal, J., Christie, D.A. &de Juana, E. 2019. Handbook of The Birds of The World Alive. Lynx Edicions. Barcelona.

MacKinnon, J.K., Phillipps, K. & Ballen, B.V. 2010. Seri Panduan Lapangan Burung – Burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Biologi – LIPI. Bogor.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tetang ciri fisik Kacamata Laut, Lemon-bellied white-eye (Zosterops chloris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *