Kakatua Tanimbar, Tanimbar Corella (Goffin Cockatoo)

Kakatua Tanimbar, Tanimbar Corella (Goffin Cockatoo) – Burung kakatua tanimbal alias burung kakatua goffin sebagian para pecinta burung paruh bengkok menyebutnya merupakan salah satu jenis burng paruh bengkok selain selain jenis lovebird, jenis elang, jenis alap-alap dan salah satu dari jenis kakatua dari sub keluarga Cacatuinae. Kakatua tanimbar merupakan kakatua terkecil dari genus cacatua dan sub genus Licmetis (corellas), namun untuk jenis kakatua adalah burung cockatiel dari Genus Nymphicus yang paling kecil. Spesies ini bahkan merupakan burung endemik di Kepulauan Tanimbar (termasuk Pulau Yamdena), Pulau Larat, dan Kepulauan Kai, semuanya di Provinsi Maluku Indonesia.

Burung Kakatua tanimbar kerap disebut juga sebagai Kakatua Goffin, atau Kakatua Goffiniana. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Tanimbar Corella, Goffin’s Cockatoo, atau Goffin’s Corella. Nama latin hewan ini adalah Cacatua goffiniana C. S. Roselaar & Michaels yang bersinonim dengan Cacatua goffini (Finsch, 1863) dan Cacatura goffini (Finsch, 1863). Dengan kecerdasannya yang luar biasa, sehingga mengundang minat sejumlah ilmuwan untuk menelitinya. Nah, uji kecerdasan pun dilakukan tim peneliti gabungan dari Universitas Oxford, Universitas Wina, dan Mac Planck Institue, dengan memberi serangkaian kunci untuk membuka puzzle mekanik yang cukup kompleks. Nyatanya, kakatua goffin mampu melakukannya.

Ciri Fisik Kakatua Tanimbar, Tanimbar Corella (Goffin Cockatoo)

kakatua tanimbar, tanimbar corella, goffin cockatoo, harga kakatua tanimbar, suara burung kakatua goffin, makanan kakatua goffin, kakatua goffin bicara, kakatua goffin jantan dan betina

Burung Kakatua tanimbar (Cacatua goffiniana) memiliki panjang tubuhn dari ujung paruh kepala sampai ujung ekor berkisar 31 cm dengan berat tubuh sekitar 350 gram. Tubuhnya didominasi oleh bulu berwarna putih. Terdapat bulu berwarna merah jambu di antara paruh dan kedua matanya. Pada bagian dalam bulu jambul dan leher juga terdapat bulu berwarna merah muda namun bulu itu tertutupi bulu putih. Pun pada bulu dalam bagian ekor dan sayap, berwarna kekuningan namun tertutup bulu putih. Paruh berwarna abu-abu atau putih. Sedangkan mata berwarna coklat atau hitam pada burung jantan dan merah pada burung betina.

Penyebaran dan Ras

Burung kakatua tanimbar merupakan salah satu jenis burung endemik Indonesia khususnya di daerah Kep. Tanimbar (termasuk Yamdena dan Larat, NTT). Juga di Kep. Kai.

Baca juga : Kakatua Koki, Sulphur-crested Cockatoo (Cacatua Galerita)

Suara kakatua tanimbar

Suara kicauan burung ini berupa suara pekikan yang keras dan parau. Burung tidak dikenal sebagai pembicara terbaik di dunia burung kakatua, tetapi banyak dari mereka akan belajar beberapa kata dan meniru suara yang terpapar setiap hari, seperti telepon, microwave, dll. Mereka sangat cerdas, suka bermain, dan dapat dengan cepat belajar membuka pintu kandang. Burung ini berukuran kecil, tetapi kepribadiannya besar! Jika Anda dapat menyediakan waktu dan lingkungan yang menstimulasi yang mereka butuhkan, Kakatua Goffin dapat menjadi teman yang menyenangkan untuk tahun-tahun mendatang.

Habitat dan Kebiasaan

Habitat burung kakatua tanimbar ini adalah hutan primer dan sekunder pada daerah dataran rendah serta kawasan pertanian di sekitar hutan.

Mereka paling sering ditemukan di hutan tropis kepulauan Maluku Tenggara atau di ujung hutan ini. Seperti yang terlihat jelas dalam sejarah burung kecil ini, ia memiliki preferensi dan kesukaan khusus untuk daerah beriklim sedang dan tropis. Ini sebagian besar tempat sub-jenis kakatua ini akan menjadi milik dan lebih suka tinggal, ketika tinggal di habitat alami.

Makanan kakatua goffin

Kelompok burung yang mencolok dan ribut, sesaat setelah senja merupakan masa paling aktif bagi kelompok burung ini. Burung kakatua tanimbar Mencari makan di rerumputan atau belukar untuk mengambil biji-bijian atau tunas muda. Makanan bervariasi termasuk akar, rhizoma, buah lunak, bunga, kuncup bunga dan serangga beserta larvanya. Juga memakan tanaman budidaya seperti jagung, sehingga sering dianggap sebagai hama tanaman. Jika diganggu akan bersuara keras secara terus menerus, memiliki kemampuan untuk mematahkan dan menjatuhkan ranting pohon ke kepala pengamat yang berada di bawahnya. Sering berganti arah ketika terbang dengan kepakan sayap yang tidak teratur.

Reproduksi

Telur diletakkan di lubang pohon yang cocok, yang disiapkan oleh kedua indukan dengan 2 sampai 3 telur. Kedua burung juga mengerami dan merawat anakan kakatua tanimbar. Anakan kakatua goffin akan tetap bersama kedua induknya sepanjang tahun dan kelompok keluarga akan tetap bersama tanpa batas waktu.

Populasi

Populasi burung Kakatua Tanimbar (Cacatua goffiniana) berkisar antara 100.000 hingga 499.999 (BirdLife International, 2001). Populasinya cenderung mengalami penurunan akibat degradasi habitat, perburuan untuk diperdagangkan, dan perburuan lantaran dianggap hama pertanian. Kecenderungan penurunan populasi ditambah dengan daerah persebarannya yang terbatas, International Union for Conservation of Nature (IUCN Redlist) memasukkannya sebagai salah satu hewan langka dengan status konservasi Near Threatened (Hampir Terancam). Sedangkan oleh CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora; konvensi perdagangan internasional untuk spesies-spesies flora dan satwa liar) di daftar dalam Appendiks I sehingga dilarang dari segala bentuk perdagangan internasional, baik hidup maupun mati.

Berapa masa hidup kakatua goffin?

Burung-burung ini berukuran sangat kecil tetapi jangan tertipu oleh ukurannya yang kecil. Mereka membutuhkan makanan sehat untuk rentang hidup yang lebih lama. Mereka memiliki rentang hidup rata-rata hingga 40 tahun, mengingat bahwa itu diberikan dengan makanan dan nutrisi yang tepat.

Berapa Harga Kakatua Tanimbar?

Meskipun populasi burung kakatua ini tergolong sedikit yang diakibatkan penebangan tempat tinggal mereka dan perdagangan ilegal. Meski begitu tidak menyurutkan masyarakat untuk memelihara kakatua ini dengan harga kakatua tanimbar sekitar 1 jutaan untuk se ekor burung cantik ini dan harga kakatua goffin tersebut tentunya bukan harga dengan surat resmi

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Kakatua Tanimbar, Tanimbar Corella (Goffin Cockatoo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *