Kapasan Sayap-putih, White winged Triller (Lalage sueurii)

Kapasan Sayap-putih, White winged Triller (Lalage sueurii) – Burung Kapasan Sayap-putih merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Campephagidae dan Genus Lalage. Burung yang dikenal dengan sebutan Lalage sueurii dalam bahasa ilmiahnya dan White winged Triller dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu jenis burung yang dapat dijumpai dibeberapa daerah Indonesia.

Ciri Fisik Kapasan Sayap-putih, White winged Triller (Lalage sueurii)

kapasan sayap-putih, white winged triller, lalage sueurii, suara kapasan sayap putih, kapasan sayap putih jantan dan betina, merawat kapasan sayap putih, makanan yang bagus kapasan sayap putih

Kapasan Sayap-putih berukuran kecil (12-17 cm). Jantan dan betina memiliki warna berbeda. Pada jantan, bagian mahkota, sebagian bulu-bulu sayap dan ekor berwarna hitam. Tengkuk abu-abu kehitaman dilanjutkan warna putih dengan semburat abu-abu pada bagian punggung hingga tunggir.

Meskipun disebut Kapasan Sayap-putih, tidak semua bagian sayap dari burung ini yang berwarna putih.

Hasil perjumpaan penulis di kawasan tambak dan mangrove pantai Tanjung Kupa, Barru, Sulawesi Selatan, menunjukkan bahwa warna putih seperti kapas ditemukan di bagian tepi luar dari bulu-bulu sayap dan ekor, sebagian bulu bahu, seluruh leher, pipi, dagu dan seluruh bagian bawah tubuh.

Garis strip tebal terlihat jelas membujur di sisi kepala mulai dari pangkal paruh melewati mata hingga tengkuk.

Betina serupa dengan pejantan, namun tubuhnya terdiri dari kombinasi warna putih, abu-abu dan coklat muda yang lebih suram. Tubuh bagian bawah berwarna putih, dihiasi garis-garis melintang berwarna coklat muda yang halus.

Ciri paling khas dari burung ini terletak pada warna bahunya yang putih sehingga jenis ini mungkin lebih tepat dinamakan Kapasan Bahu-putih sesuai dengan namanya dalam bahasa Inggris (White-shouldered Triller).

Penyebaran dan Ras

Menurut Coates dan Bishop (1997), Kapasan Sayap-putih tersebar luas di kawasan Sulawesi, Nusa Tenggara dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, mencakup: daratan utama pulau Sulawesi, Pulau Selayar, Kalao, Bonerate, Kalaotoa, Kabaena, Muna dan Kepulauan Wakatobi.

Baca juga : Ciung-batu Siul, Blue whistling thrush (Myophonus caeruleus)

Di Kepulauan Nusa Tenggara burung ini tersebar mulai dari Lombok, Sumbawa, Flores, Lomblen, Alor, Sawu, Sumba, Rote, Ndao, Semau, Timor, Jaco, Wetar, Moa, Kisar, Sermata, Luang, Babar dan Romang. Burung ini juga cukup umum ditemukan di Jawa timur dan Bali.

Dari daerah sebarannya, dapat diketahui bahwa Kapasan Sayap-putih dapat beradaptasi dengan baik untuk hidup di habitat yang beriklim lebih kering dan panas. Burung ini juga banyak ditemukan di pulau-pulau kecil.

Beberapa jenis diantaranya, seperti Kapasan Sulawesi (Lalage leucopygialis) dan Kapasan Halmahera (Lalage aurea) termasuk spesies endemik yang tidak ditemukan di tempat lain.

Suara

Kapasan Sayap-putih memiliki suara khas yang mudah dikenali. Kicauannya nyaring dan merdu. Jantan bersifat teritorial saat musim berbiak, mengeluarkan suara bernada tinggi untuk menandai daerah kekuasaan dan memikat pasangan. Suaranya berupa rangkaian nada: chiff-chiff-chiff joey joey joey atau deet deet deet dip dip drrr jernih memanjang yang dikeluarkan saat terbang. Betina jarang bersuara.

Habitat dan Kebiasaan

Burung penetap yang cukup umum ditemukan di Sulawesi, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Burung ini menyukai habitat berupa lahan terbuka seperti: hutan yang terganggu, semak belukar, lapangan rumput, padang sabana, taman kota. area budidaya, sawah, ladang, kebun, kolam, rawa-rawa, kawasan mangrove, tambak, pekarangan hingga permukiman.

Habitat Kapasan Sayap-putih sangat bervariasi, mulai dari daerah pantai hingga kawasan pegunungan dengan elevasi 1600 meter di atas permukaan laut.

Termasuk jenis Kapasan yang lebih aktif dibandingkan jenis Kapasan lainnya. Terbang dari pohon ke tanah untuk menyambar serangga di udara atau menyambar serangga yang hinggap di permukaan daun rumput atau semak.

Makanan

Kapasan Sayap-putih termasuk jenis burung pemakan serangga (insektivor). Makanannya terdiri dari berbagai jenis serangga seperti lalat, rayap, tawon, lebah dan lain-lain.

Reproduksi

sarang burung kapasan, suara burung kapasan gacor, membedakan kapasan jantan dan betina, ciri fisik anakan kapasan jantan

Di Jawa dan Bali, burung ini berbiak antara bulan Februari sampai dengan bulan Juli. Namun di Sulawesi, musim berbiak burung ini berlangsung antara bulan Agustus hingga Desember. Sarang berbentuk seperti cawan dangkal yang terbuat dari akar-akar halus bercampur bahan lainnya.

Baca juga : Anis Seram, Seram Thrush (Geokichla joiceyi)

Sarang dibuat di cabang semak atau perdu dengan ketinggian beberapa meter dari permukaan tanah. Telur berjumlah dua butir berbintik-bintik coklat.

Status Konservasi:

Kapasan Sayap-putih termasuk jenis burung yang umum dan tersebar luas di Indonesia. Di Indonesia, populasi burung ini melimpah dan tersebar luas, sehingga dikategorikan beresiko rendah untuk punah dalam waktu dekat (Least Concern) oleh IUCN. Tidak termasuk jenis burung yang dilindungi oleh undang-undang. Tidak tercantum dalam daftar Appendix CITES.

Referens

BirdLife International (2012). “Lalage sueurii“. IUCN Red List of Threatened Species. 2012. Retrieved 26 November 2013.

MacKinnon, John & Phillipps, Karen (1997) A Field Guide to the Birds of Borneo, Sumatra, Java and Bali, Oxford University Press, Oxford.

Coates, B.J. dan K. David Bishop. 2000. Panduan Lapangan Burung-Burung di Kawasan Wallacea. Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Birdlife Indonesia-Internasional Programme dan Dove Publication Pty.Ltd.

Strange, Morten (2001) A Photographic Guide to the Birds of Indonesia, Christopher Helm, London.

Bagaimana Cara Merawat burung Kapasan Agar Cepat Gacor?

Perawatan harian burung kapasan tidak jauh berbeda dengan merawat burung kicau jenis lainnya, dimana perawatan harian yang baik dan benar akan menghasilkan burung yang bagus pula. Dibawah ini merupakan perawatan harian burung kapasan yang bisa anda praktikkan.

cara memilih voer burung yang bagus, voer burung terbaik, voer burung berprotein tinggi, voer burung rendah protein, mengganti merk voer burung, macam macam voer burung, melatih burung makan voer

  • Burung dimandikan setiap pagi dengan cara disemprot dengan menggunakan spray.
  • Bersihkan kandang setiap hari termasuk buang kotoran burung, ganti atau tambahkan makanan, ganti air minum dan usahakan berilah air minum burung dengan air yang sudah dimasak atau bisa juga dengan air kemasan atau air mineral dan juga diberikan vitamin untuk agar burung tetap fit cukup 3-4 tetes pada wadah air minum seminggu sekali.
  • Lakukan penjemuran, namun untuk penjemuran burung kapasan tidak perlu terlalu lama karena burung kapasan tidak terlalu tahan dengan panas.
  • Berikan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas (voer kemasan), jika belum ngevoer berilah kroto yang dicampur dengan voer lembut untuk membiasakan agar burung mau makan voer, dan berikan juga ulat hongkong yang disediakan dalam wadah makannannya.
  • Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah dibutuhkan suasana aman, nyaman, sejuk serta tenang karena burung ini termasuk burung yang di habitat aslinya adalah tempat yang sunyi.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri Fisik Kapasan Sayap-putih, White winged Triller (Lalage sueurii)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *