Kenari Melayu, Mountain serin (Chrysocorythus estherae)

Kenari Melayu, Mountain serin (Chrysocorythus estherae) – Burung kenari melayu merupakan saah satu jenis burung kicau dari keluarga Fringillidae dan Genus Chrysocorythus. Burung yang juga dikenal dengan sebutan kenari gunung atau Chrysocorythus estherae dalam bahasa ilmiahnya dan Mountain serin dalam bahasa inggrisnya termasuk burung yang dapat dijumpai di Indonesia.

Ciri Fisik Kenari Melayu, Mountain serin (Chrysocorythus estherae)

kenari melayu, mountain serin, chrysocorythus estherae,kenari gunung, harga kenari gunung, suara kenari melayu, kenari gunung jantan dan betina

Burung kenari melayu tergolong jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 11 cm, berwarna kuning dan abu-abu. Burung jantan memiliki dahi dan dada berpita kuning dan bercoret hitam; tunggir kuning terang; sayap hitam dengan tiga garis kuning menyilang, dan pinggir putih pada bulu sekunder; tengkuk dan mantel abu-abu; tenggorokan hitam; perut putih bercoret hitam. Burung betina mirip jantan tetapi tunggir kuning lebih suram dan dada kurang berbintik. Iris coklat; paruh kecoklatan; kaki hitam.

Suara Kenari Melayu

Nyanyian gemerincing pendek yang di keluarkan sewaktu terbang dan cicitan metalik

Dapatkan : Suara Kenari Betina Gacor Untuk Masteran atau Pancingan

Penyebaran dan Ras

Burung kenari melayu dapat dijumpai di Negara Filipina dan Indonesia, terdapat lima sub-spesies yang dikenali dan empa sub-spesies dapat dijumpai di Indonesia.

  • S. e. mindanensis (Ripley & Rabor, 1961): Mindanao tengah (Gunung Kitanglad dan Gunung Apo), di selatan Philippina.

Lokal dan ras: Sulawesi, Sumatera, dan Jawa

  • S. e.  vanderbilti (Meyer de Schauensee, 1939): Sumatra utara (wilayah Gunung Leuser).
  • S. e.  estherae ( Finsch, 1902): Jawa barat (Gunung Pangrango).
  • S. e.  orientalis (Chasen, 1940): Jawa timur (Pegunungan Tengger dan barat dataran tinggi Hyang).
  • S. e.  renatae (Schuchmann & Wolters, 1982): Gunung Rantekombola, di selatan Sulawesi.

Habitat dan Kebiasaan

Hidup sendirian atau dalam kelompok kecil, duduk di puncak semak-semak kecil pada padang rumput zona subalpin atau hutan lumut, juga hinggap di tanah. Turun ke ketinggian yang lebih rendah untuk mengunjungi semak Strobilanthus cernua sewaktu berbuah lebat, paling rendah sampai ketinggian 1. 300 mdpl. Burung pemalu yang terbang cepat dengan cara terbang bergelombang.

Makanan Burung Kenari Gunung atau Melayu

Makanan burung kenari gunung sebagian besar tidak diketahui, dilihat dari bentuk paruhnya mungkin beragam biji dan buah kecil. Kebiasaanya mencari makan di semak-semak rendah atau vegetasi lain dan di tanah

Status

Dulu burung kenari ini belum berstatus dilindungi, dan seperti penjelasan di atas, bahwasanya burung ini dilindungi oleh pemerintah saat ini. Seperti tercantum pada Peraturan Menteri LHK Nomor P. 20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/6/2018.

Bagaimana Cara Ternak Kenari Gunung atau Melayu?

Bagi yang sudah bisa menangkarkan burung kenari gunung pastilah akan cepat terkenal karena tidak banyak orang yang bisa ternak burung kenari melayu ini hingga berhasil. dan pastilah akan mendatangkan pundi-pundi ruiah yang banyak pagi sang empunya. apa lagi jika memaster anakan burung kenari gunung dengan suara burung lain seperti suara burung Blackthroat dan suara burung kenari biasa. Berikut kami akan coba membahas 7 cara dalam Ternak Kenari Gunung seperti dibawah ini :

Baca juga : Cara Agar Hasil Anakan Kenari Jantan

Apa Saja Perbedaan Kenari Melayu Jantan dan Kenari Melayu Betina?

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam ternak kenari melayu adalah mengetahui jenis kelamin kenari gunung jantan dan kenari gunung betina

Ciri-Ciri Kenari Gunung Jantan

kenari gunung jantan dan betina, ciri fisik kenari melayu jantan, perbedaan kenari melayu jantan dan betina, kenari gunung jantan anakan

  • Dubur pejantan menonjol, tegak lurus dan vertikal
  • Memiliki warna yang lebih cerah dari kenari melayu betina
  • Suka berkicau dan bunyinya nyaring
  • Bentuk cenderung ramping memanjang dan leher lebih panjang.

Ciri-Ciri Kenari Gunung Betina

kenari gunung jantan dan betina, ciri fisik kenari melayu betina, perbedaan kenari melayu jantan dan betina, kenari gunung betina anakan

  • Dubur tidak menonjol namun datar
  • Memiliki Warna yang lebih kusam dari kenari melayu jantan
  • Berkicau namun tidak sering dan tidak nyaring
  • Bentuk tubuh cenderung bulat dan leher lebih pendek

Kapan Burung Kenari Melayu Siap Diternak?

Yang perlu Anda ketahui apakah burung kenari Gunung tersebut sedang dalam keadaan birahi atau siap kawin atau tidak, karena akan percuma jika menjodohkan burung yang belum memasuki masa birahi atau masa reproduksi.

Ciri-ciri burung kenari Gunung yang siap kawin :

  • Jantan : Sering berkicau. Hiperaktif seperti sering melompat-lompat, mengepak-kepakkan sayap, bahkan terkadang sengaja menabrak jeruji kandang.
  • Betina : suka membawa apapun yang didasar sangkar, seperti bekas bulu yang jatuh dan bekas serutan kayu kandang yang ada di dasar sangkar. burung kenari melayu betina juga suka ngeper atau mengepak ngepakan sayap jika sudah birahi.

Berapa Ukuran Kandang Ternak Kenari Gunung?

Burung kenari gunung adalah burung yang didapat dari alam atau bukan tangkaran, atau biasa terbang bebas walaupun sekarang burung kenari melayu itu sudah jinak. tetap saja membutuhkan ruang yang luar untuk terbang bebas didalam kandang ternak, maka pilihlah sangkar yang memungkinkan bagi burung kenari ini untuk bisa terbang dari tenggeran yang satu ke tenggeran yang lain. Dalam tahap awal ternak ternak burung kenari gunung, sebaiknya pisahkan antara burung kenari melayu jantan dan betina.

Dengan tujuan agar burung kenari ini yang sudah birahi itu tidak saling berantem atau kenalan dulu istilahnya. dengan cara bisa mendekatkan dua sangkar yang berbeda atau dalam satu sangkar besar yang memiliki sekat di tengahnya agar lebih mudah dalam penjodohan. jika sudah jodoh kita bisa menyatukanya dengan membuka sekat sangkar burung kenari gunung itu tersebut. Jangan lupa juga siapkan tempat makanan burung kenari gunung dan juga tempat sarang bisa menggunkan tempat sarang kenari biasa atau dengan sarang burung blackthroat.

Makan burung kenari gunung agak berbeda dengan burung kenari biasa selain memakan biji-bijian burung kenari melayu juga biasanya memakan serangga baik itu ulat dan jangkrik kecil. dan jika burung sudah pelihraan lama juga untuk meningkatkan birahinya bisa memberikan EF berupa kroto.

Bagaimana Cara Agar Kenari Melayu Cepat Kawin?

Ketika burung kenari gunung sudah berjodoh, langkah selanjutnya kita bisa memasukkan pejantan dan betina burung kenari ini dalam satu sangkar yang sama. Caranya adalah dengan memasukkan burung kenari ini jantan ke dalam sangkar burung kenari betina betina. Lakukan hal tersebut pada sore hari, dengan tujuan agar burung saling kenal dan tidak berantem pada malah hari, bahkan jika benar-benar sudah berjodoh burung kenari melayu akan tidur secara berdempetan. Setelah burung kenari ini disatukan dalam satu kandang ternak, perhatikan apakah mereka saling menyuapi (seperti berciuman) atau tidak dan tidurnya berdampingan atau tidak.

Jika sudah demikian, maka sebentar lagi mereka akan melakukan perkawinan dan bisa dipastikan burung kenari gunung kita sudah berjodoh. Biarkan burung kenari melayu dalam sangkar hingga pagi hari. Kemudian pisahkan kembali burung kenari melayu jantan dan betina pada pukul 07. 30-09. 30 pagi sambil dijemur. dalam penjemuran jantan cukup satu jam saja sedangkan betina setengah jam saja.

Ulangi lagi memasukkan burung kenari gunung jantan ke dalam kandang burung kenari melayu betina pada siang hari hingga burung kenari melayu betina bertelur. jika burung kenari ini sudah bertelur usahakan jangan menjemur burung kenari gunung betina, karena jika tetap dijemur dan terlalu lama akan merusak telur kenari gunung tersebut.

Bagaimana Perawatan Harian Kenari Melayu Saat Mengeram?

Untuk proses pengeraman telur burung kenari gunung, biarkan burung kenari melayu jantan dan betina tetap berada dalam satu sangkar. Hal ini bertujuan agar burung kenari melayu betina terus berada dalam sarang untuk mengerami telur-telurnya karena pejantan burung kenari ini akan terus menyuapi sang betina. Namun apabila kita memiliki lebih dari satu betina kenari ini yang birahi, kita bisa mengambil pejantan burung kenari melayu untuk dijodohkan lagi dengan burung kenari gunung betina lainnya.

Dan janagn lupa tetap perhatikan burung kenari melayu betina yang sedang mengerami telurnya, jangan sampai lupa untuk terus memberikan makan dan minum, serta menjaga kebersihan kandang. agar burung kenari melayu betina tetap sehat dan bisa konsen dalam mengerami telur-telurnya.

Proses penetasan telur burung Kenari Gunung

Telor burung kenari gunung biasanya akan menetas pada hari ke-14 sejak burung kenari gunung betina mulai mengerami telornya. menjelang telor burung kenari melayu menetas atau pada hari ke-12 lebih baik kita mulai memperbanyak EF(extra foeding)nya. tujuannya jika telor burung kenari melayu menetas semua makanan yang dibutuhkan burung kenari gunung betina untuk menyapik anak-anaknya sudah tersedia dan tidak kekurangan.

Karena jika sampai kekurangan bisa-bisa burung kenari akan mengeluarkan insting alaminya yaitu membuang anakannya dengan tujuan agar tidak kekurangan makanan. jika baru menetas lebih baik kita jangan sering-sering melihat anakan atau mengganggu kandang burung kenari tersebut. karena jika sampai terusik burung kenari ini juga bisa membuang anakannya.

Berapa Harga Kenari Gunung?

Susahnya mencari burung kenari gunung membuat banyak kicau mania di seluruh penjuru negri mencoba menangkarkan burung ini. selain karena susahnya mencari burung kenari melayu , burung kenari ini sendiri juga memilik harga yang lumayan mahal. untuk burung muda hutan atau burung bahan saja dihargai 180. 000-300. 000. apalagi jika burung hasil tangkaran atau ternakan pastilah harganya akan lebih mahal lagi.

Demikianla informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri Fisik Kenari Melayu, Mountain serin (Chrysocorythus estherae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *