Kerak kerbau, Javan Myna (Acridotheres javanicus)

Kerak kerbau, Javan Myna (Acridotheres javanicus)Kerak kerbau merupakan salah satu jenis burung jalak dari keluarga sturnidae genus acridotheres. Burung yang memiliki nama ilmiah acridotheres javanicus atau javan myna dalam bahasa inggrisnya juga dikenal dengan sebutan burung jalak kebo, jalak hitam, jalak ungu, dan jalak penyu.

Bagi kalangan pecinta burung kicau, burung kerak kerbau kurang mendapat perhatian khusus, burung ini hanya dijadikan sebagai burung masteran karena variasi suara serta lengkingannya yang tajam.

Tak begitu banyak penggemar burung yang memelihara burung jalak kebo ini, padahal burung ini sebenarnya adalah burung pintar yang bisa menirukan berbagai macam suara bahkan karena kepintarannya burung ini juga bisa menirukan suara manusia walaupun hanya sepatah dua patah kata

Kerak kerbau, Javan Myna (Acridotheres javanicus)

kerak kerbau, javan myna, acridotheres javanicus, white-vented myna, jalak kebo, suara jalak kebo, jalak kebo gacor, harga jalak kebo

Kerak kerbau termasuk burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 21 sampai 25 cm dengan berat tubuh sekitar 100 gram.

Diselimuti bulu berwarna abu-abu tua (hampir hitam)/ungu kehitaman (hampir hitam) pada kepala, sayap, dan ekor, kecuali bercak putih pada bulu primer (yang terlihat mencolok sewaktu terbang), serta tunggir dan ujung ekor yang berwarna putih.

Jambulnya pendek. Mirip jalak jambul, perbedaan terletak pada lebar warna putih pada ujung ekor, yang mana kalau jalak kebo memiliki warna putih lebih lebar daripada kerak jambul, warna paruh yang kuning, dan tunggir yang putih.

Baca juga : Jalak Nias, Common Myna (Acridotheres tristis)

Burung remaja berwarna lebih coklat. Iris jingga; paruh dan kaki kuning. Postur tubuh burung jalak hitam jantan lebih panjang ketimbang betina. Tatapan matanya pun lebih tajam. Betina juga bisa berkicau sebagaimana pejantan.

Persebaran

Burung jalak kebo ini menyebar luas di Asia bagian timur, mulai dari Bangladesh hingga ke Cina selatan, Pulau Jawa, dan Sulawesi. Merupakan jenis jalak yang paling umum di sekitar kota dan lahan garapan di Jawa dan Bali.

Tersebar di Asia Tenggara kecuali di Semenanjung Malaya; diintroduksi ke Sumatra. Diintroduksi ke Taiwan, Thailand tenggara, Singapura, Puerto Rico, serta juga ke Pulau Honshu, Jepang.

Kadang diperlakukan sebagai ras dari kerak india (Acridotheres fuscus), ada juga yang memasukkannya sebagai ras dari kerak besar (Acridotheres grandis). Introduksi ke Singapura bermula pada tahun 1925, semenjak itu jalak hitam termasuk spesies jalak yang paling banyak di Singapura selain kerak ungu.

Populasi di Sumatera, kemungkinan besar terbentuk dari burung peliharaan yang terlepas, terutama dari daerah Medan, dan saat ini telah tersebar di seluruh pulau Sumatera. Dikarenakan spesies ini lebih banyak daripada jalak suren, maka harga jalak hitam lebih murah daripada jalak suren.

Suara jalak kebo

Pada dasarnya burung Kerak Kerbau yang ada di alam liar memiliki dua jenis suara yang berbeda yakni terdapat satu kicauan yang terdengar parau dengan bunyi “ciriktetowi” dan satunya lagi berupa siulan yang bernada lembut atau pelan dengan bunyi “criuk,criuk”.

Pembunyian dua tipe suara itu dikeluarkan dalam tempo yang berdekat-dekatan atau dilakukan secara berganti-gantian. Sehingga membuat kicauan dari burung Kerak Kerbau tampak khas atau berbeda dari burung ocehan pada umumnya.

Baca juga : Jalak Bali, Bali Myna (Leucopsar Rothschildi)

Disamping itu, burung ocehan Kerak Kerbau yang dipelihara dan dilatih secara rutin tidak hanya mampu mengeluarkan dua suara bawaannya itu saja tapi juga dapat melagukan jenis-jenis suara burung ocehan yang diperdengarkan padanya.

Selain itu juga, bila melatihnya dengan memperdengarkan kosa kata yang dipergunakan oleh manusia maka burung pintar ini pun mampu menirukannya.

Habitat dan Kebiasaan

Di alam liar, kerak kerbau hidup dalam kelompok besar atau kecil, dapat dijumpai di padang rumput, sawah, kebun, mangrove, pedesaan, perkotaan. Tersebar sampai ketinggian 1.500 mdpl. Jalak hitam berhabitat asli di lubang-lubang pohon besar.  Sebagian besar mencari makan di padang rumput, pemukiman, lahan pertanian, dan di kota.

Jalak hitam sering mendatangi areal yang menjadi ladang penggembalaan kerbau. la senang bertengger di punggung kerbau, sambil mencari kutu yang menempel di tubuh kerbau tersebut. Oleh sebab itu, ia dikenal sebagai jalak kerbau. la juga senang mencari makanan di tanah.

Makanan

Kerak kerbau termasuk burung omnivora dan akan memakan tokek, capung, kelabang, cacing tanah dan bahkan bangkai dan sisa makanan manusia, selain itu juga memakan jenis serangga, biji-bijian, dan buah-buahan. Sedangkan di penagkaran, selain makanan diatas juga diberikan voer

Reproduksi

Dapat berkembang biak sepanjang tahun. Antara Agustus dan Desember. Kerak kerbau jantan dalam mencari pasangan dapat saling bertarung memperebutkan wilayah. Mulai menyusun sarang antara Januari dan Maret.

Situs sarang biasanya berupa kelompok buah kelapa sawit, mahkota pohon palem dan lubang di pohon dan struktur buatan manusia. Kopling dari 2 hingga 6 telur biru pucat diletakkan dan diinkubasi selama 13 hingga 14 hari sebelum menetas.

Apa kelebihan jalak kebo?

Semua burung memiliki kelebihan dan kekurangan tidak terkecuali jalak kebo. Seperti apa kelebihan jalak kebo? Kelebihan jalak kebo adalah termasuk jenis burung yang penurut jika dirawat dalam waktu yang lama, dan termasuk burung jalak mau makan apa saja, jalak kebo bisa bicara jika dilatih dengan baik.

Harga Jalak Kebo

Dikarenakan populasinya yang berkurang di Pulau Jawa, pedagang burung di Jawa mengandalkan populasi di Sumatra. Harga burung jalak kebo sekitar 75 ribuan 300 ribuan kalau sudah banyak varian bunyi atau bisa bicara.

Penggemar burung menjadikannya sebagai burung rumahan. Tetapi ada juga yang memeliharanya untuk dijadikan burung master, atau pengisi suara burung-burung ocehan lainnya

Kesimpulan

Meskipun harga kerak kerbau alias jalak kebo tergolong murah, masalah suara jalak kebo tidak bisa dipandang sebelah mata, karena kemampuan dalam menirukan suara burung lain di atas rata-rata bahkan mampu menirukan suara manusia

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Kerak kerbau, Javan Myna (Acridotheres javanicus) di atas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *