Mandar Australia, Australasian swamphen (Porphyrio melanotus)

Mandar Australia, Australasian swamphen (Porphyrio melanotus) – Burung mandar australia merupakan salah satu jenis burung dari beberapa jenis burung mandar dengan persebaran yang ruang lingkupnya cukup kecil. Burung yang memiliki nama ilmiah porphyrio melanotus atau australasian swamphen dalam bahasa inggrisnya merupakan jenis burung yang dapat dijumpai di daerah timur Indonesia.

Ciri Fisik Mandar Australia, Australasian swamphen (Porphyrio melanotus)

mandar australia, australasian swamphen, porphyrio melanotus, suara mandar australia, harga mandar australia, makanan mandar australia, cara merawat mandar australia

Burung mandar australia tergolong jenis burung berukuran besar dengan panjang tubuh sekitar 42 cm. Tubuh pendek gemuk berwarna biru keunguan. Paruh besar padat berwarna merah. Perisai dahi merah relatif kecil dibanding mandar besar, jari-jari kaki juga cenderung lebih pendek. Tubuh bagian atas hitam, tenggorokan dan dada bervariasi dari biru laut sampai ungu. Iris, paruh dan kaki merah.

Penyebaran dan ras
Secara global, terdapat lima sub-spesies yang dikenali dengan persebaran berbeda seperti di bawah ini :

  • pelewensis Hartlaub Finsch, 1872 – Kep. Palau, Filipina.
  • melanopterus Bonaparte, 1856 – Maluku dan Sunda Kecil sampai Papua.
  • bellus Gould, 1841 – Australia barat-daya.
  • melanotus Temminck, 1820 – Australia utara timur,  Tasmania sampai Selandia Baru, Kep. Kermadec dan Kep. Chatham; bermigrasi ke Papua.
  • samoensis Peale, 1848 – Kep. Admiralty ke selatan sampai New Caledonia dan ke timur sampai Samoa.

Catatan
Berdiri menjadi spesies tersendiri, sebelumnya menjadi sub-spesies dari P. porphyrio (Sangster 1998, Garcia-R Trewick 2015).

Suara Mandar Austalia

Dengkuran berketuk dan berteriak-teriak, suara sengau terompet ”wak”. Belum tersedia rekaman suara yang diambil di wilayah Indonesia

Dapatkan : Suara Burung Ruak-Ruak Untuk Pikat

Habitat dan Kebiasaan
Penghuni rawa-rawa dan danau dengan rumpun butluh di pinggirnya. Berjalan di atas tumbuhan terapung melalui rumpun buluh. Dalam kelompok kecil atau berpasangan, kadang-kadang keluar ke padang rumput terbuka yang tergenang, sawah, atau bahkan ke padang rumput yang pernah terbakar. Selalu menjentikkan ekor.

Makakan

Makanannya antara lain pucuk tanaman dan bagian lunak tanaman lainnya, siput, ikan kecil, telur dan anakan burung. Perenang yang handal, terutama untuk burung yang kakinya tidak berselaput.

Reproduksi

sarang burung mandar, telur burung mandar, burung mandar jantan dan betina

Bersarang pada vegetasi terapung. Sarang digunakan bersama oleh beberapa betina, mengerami telur secara bersama-sama selama 24 hari. Tiap betina mampu bertelur 3-6 butir setiap periode berbiak, sarang dapat mendukung sampai 12 butir telur.

Status
Mandar australia merupakan salah satu jenis burung dengan status resiko rendah (LC) dalam Daftar merah IUCN, sehingga membuatnya menjadi salah satu jenis burung yang dilindungi

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri Fisik Mandar Australia, Australasian swamphen (Porphyrio melanotus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *