Nuri Hitam, Black Lory (Chalcopsitta atra)

Nuri Hitam, Black Lory (Chalcopsitta atra) – Burung nuri hitam merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok dari keluarga Psittaculidae dan Genus Chalcopsitta atau salah satu dari beberapa jenis burung nuri yang dapat dijumpai di beberapa daerah Indonesia. Burung yang dikenal dengan sebutan Chalcopsitta atra dalam bahasa ilmiahnya ata black lory dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu dari 3 jenis burung nuri di genus Chalcopsitta selain burung nuri cokelat dan burung nuri aru.

Ciri Fisik Nuri Hitam, Black Lory (Chalcopsitta atra)

burung nuri hitam, black lory, chalcopsitta atra, harga nuri hitam, cara merawat nuri hitam, ternak nuri hitam, suara nuri hitam, makanan untuk nuri

Burung nuri hitam tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 32 cm dan berat tubuh sekitar 230 gram sampai 260 gram. Deengan bulu yang hampir sepenuhnya berwarna hitam, ekornya panjang dan membundar. Burung-burung dari bagian barat semuanya hitam (ungu di bagian tunggir); burung-burung dari bagian timur berulas merah di pipi, bahu, paha, sayap bawah, nercampur kuning ketika terbang dan di bulu-bulu ekor. paruh hitam.

Baca juga : Nuri Coklat, Brown Lory (Chalcopsitta Duivenbodei)

Terdiri atas 3 sub-spesies yang dapat dibedakan dari corak warna dan daerah persebaran. C.a. atra: Jantan dan betina dewasa umumnya berwarna hitam, tunggir ungu/biru; ekor bagian bawah kuning zaitun tersapu merah, lingkar mata hitam polos, kulit pada pangkal paruh hitam, mata merah/oranye. C.a. bernsteini:Dahi dan kepala kemerahan, tunggir biru gelap. C.a. insignis:

Persebaran dan Ras

Populasi yang berwarna hitam menghuni Daerah Kepala Burung bagian barat, Batanta, Misool, dan Salawati. Populasi yang berulas kemeraan terdapat di dataran rendah Daerah Kepala Burung bagian timur, Tanjung Onin, dan Tanjung Bomberai. Kebanyakan burung yang berasal dari daerah paling timur bergabung dengan Nuri aru.

  • C. a. bernsteini Rosenberg, 1861 – Pulau Misool
  • C. a. atra (Scopoli, 1786) – P. Batanta, P. Salawati dan Daerah Kepala Burung bagian barat (Papua).
  • C. a. insignis (Oustalet, 1878) – Daerah Kepala Burung bagian timur, P. Amberpon dan Onin serta Semenanjung Bomberai, Papua.

Catatan: Daerah persebaran Nuri aru dan Nuri hitam bertemu di Barat Daya dan di tempat ini individu-individu burung mungkin saling hibridisasi. Semua jenis Chalcopsitta dapat dibedakan dari Nuri kelam dan Perkici pelangi yang lebih kecil dari cara terbang yang jelas berbeda: cepat, kibasan sayap yang tidak terlalu dalam tetapi bergerak lambat, sehingga terlihat seperti kepayahan dan lamban.

Habitat dan Kebiasaan

Dapat ditemui di habitat terbuka seperti kebun kelapa di pesisir, savana, tepi hutan, mangrove dan tegakan sekaliptus sampai ketinggian 200m. Hidup berkelompok, mencari makan bersama di pepohonan berbunga dan tegakan pohon kelapa di habitat terbuka: perkebunan di pesisir savana, dan tepi hutan.

Suara nuri hitam

Pekikan yang tinggi, lebih melengking dari nuri jenis lainnya, meskipun tidak sekeras Nuri kelam atau Perkici pelangi. Semua jenis Chalcopsitta memiliki suara yang mirip.

Baca juga : Nuri Aru, Yellow-streaked Lory (Chalcopsitta scintillata)

Makanan

Makanan alami di alam liar termasuk bunga, madu, serbuk sari, buah-buahan, serangga, dan larva serangga.

Musim Kawin

Di alam liar, musim kawin nuri hitam sekitar bulan desember dengan jumlah 2 telur berwarna putih yang dierami sekitar 25 hari. Hanya betina yang mengerami tetapi sebagian besar jantan menghabiskan waktu lama di dalam sarang bersama betina. Anak nuri hitam yang baru menetas beratnya sekitar 6g. Mereka memiliki abu-abu keputihan atau pucat ke bawah, paruh coklat tua dan kaki lembap. Anakan nuri hitam mulai berbunyi setelah berumur sekitar 17 hari. Anakan nuri hitam mulai mandiri sekitar berumur 6 sampai 8 minggu. Anak muda diberi makan oleh orang tua selama sekitar 2 minggu setelah mereka meninggalkan sarang.

Kesimpulan

Dari penjelasan ciri fisik nuri hitam di atas, sudah jelas nuri ini termasuk burung nuri yang minim warna jika dibandingkan dengan jenis burung nuri lainnya seperti nuri kepala hitam maupun nuri pelangi atau jenis nuri lainnya. Namun hal yang perlu anda perhatikan adalah bahwa nuri hitam merupakan salah satu jenis burung yang dilindungi oleh perundang-undangan yang termasuk ke dalam jenis burung apendix II

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Nuri Hitam, Black Lory (Chalcopsitta atra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *