Nuri-macan brehm, Brehm’s Tiger-parrot (Psittacella brehmii)

Nuri-macan brehm, Brehm’s Tiger-parrot (Psittacella brehmii) merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok dari keluarga Psittaculidae dan Genus Psittacella. Burung yang memiliki nama ilmiah Psittacella brehmii atau Brehm’s Tiger-parrot dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu dari beberapa jenis burung nuri yang dapat dijumpai di daerah bagian timur Indonesia

Ciri fisik Nuri-macan brehm, Brehm’s Tiger-parrot (Psittacella brehmii)

 

ciri fisik nuri-macan brehm, brehm's tiger-parrot, psittacella brehmii, nuri-macan brehm jantan dan betina, harga nuri-macan brehm, suara nuri-macan brehm, cara merawat burung nuri-macan brehm

Burung Nuri-macan brehm tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 24 cm dengan berat tubuh sekitar 94 sampai 120 g yang memiliki penutup ekor berwarna bawah merah, kepala hijau khaki, punggung dan tunggir berpalang. Batas antara muka dan tenggorokan khas berwarna seragam zaitun dan dada bagian atas hijau terang (jantan) atau berpalang kuning dan hitam (betina). Jantan dengan kilap kuning di sisi leher.

Baca juga : Nuri Hitam, Black Lory (Chalcopsitta atra)

Persebaran dan Ras

Burung nuri ini terdapat empat sub-spesies yang dikenali dengan persebaran berbeda seperti di bawah ini :

  • brehmii Schlegel, 1873 – Daerah Kepala Burung, Papua Barat-laut.
  • intermixta Hartert, 1930 – Weyland, Peg. Snow dan Gn Goliath, Papua bagian tengah.
  • harterti Mayr, 1931 – Semenanjung Huon, Timur-laut Papua.
  • pallida A. B. Meyer, 1886 – Pegunungan tengah Papua Nugini.

Suara Nuri-macan brehm

Burung nuri ini termasuk burung yang kurang vokal dalam bersuara. Suara Nuri-macan brehm yang paling sering didengar seperti “hwee!” dan Suara panggilan yang jelas “ee yurr” tampak terdengar sedih.

Habitat dan Kebiasaan

Jajaran Pegunungan Tengah Papua, semenanjung Daerah Kepala Burung dan Huon, pada ketinggian 1500-2600 m. Terkadang terlihat sendirian dan berpasang-pasangan dalam mencari makan

Makanan

Burung nuri ini menyukai Tunas, buah-buahan dan daun Homalanthus, berry keras, biji keras kecil, dan buah Podocarpus

Baca juga : Nuri Bayan, Eclectus Parrot (Eclectus roratus)

Status

Dengan maraknya perburuan liar dan penebangan habitat yang tidak terkontrol membuat burung ini termasuk salah satu jenis burung yang dilindungi dan masuk daftar merah IUCN : Kurang mengkhawatirkan (LC)

Kesimpulan

Meskipun Nuri-macan brehm tergolong jenis burung yang vokal dalam bersuara, akan tetapi jika dijadikan hewan peliharaan cukup menarik. Namun hal yang perlu diperhatikan bahwa burung ini adalah burung dilindungi yang tergolong dalam daftar burung apendix II.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri fisik Nuri-macan brehm, Brehm’s Tiger-parrot (Psittacella brehmii)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *