Penyebab dan 2 Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah – Lovebird paruh gajah meruapakan salah satu permasalah yang sering dihadapi oleh jenis burung lovebird, dimana kondisi dimana bentuk paruh lovebird bagian atas memanjang melebihi batas normal. Panjangnya paruh lovebird ini menyerupai gajah, sehingga disebut lovebird paruh gajah. Lovebird yang mengalami paruh gajah menurut kami karena lovebird tersebut memiliki pertumbuhan paruh yang lebih cepat dari rata-rata dan tidak terdapat aksesoris untuk lovebird mengasah paruhnya. Karena paruh lovebird terus tumbuh (seperti kuku manusia) sehingga panjangnya menjadi tidak normal.

Permasalah lovebird seperti ini jika tidak segera dilakukan tindakan maka akan semakin memanjang dan mengakibatkan lovebird merasa kesulitan makan, kesulitan memanjat tangkringan, dan kesulitan meloloh. Jika dibiarkan tentu saja masalah seperti ini akan mengganggu aktivitas dan menurunkan produksinya. Oleh karenanya perlu dilakukan segera tindakan agar lovebird ini tidak semakin parah. Tetapi tidak semua paruh lovebird menimbulkan kesan negatif, lovebird paruh gajah terkadang juga diburu pemain lovebird kicau. Ini dikarenakan lovebird ini dpercaya cenderung mempunyai suara ngekek yang panjang dan lebih rajin sehingga bagus untuk dilombakan.

Apa Penyebab Lovebird Paruh Gajah?

Banyak yang berpendapat bawah penyebab lovebird paruh gajah pada anakan burung lovebird terjadi karena burung kurang mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Ada juga yang berpendapat kalau paruh gajah yang terjadi pada anakan disebabkan oleh asupan gizi yang terlalu tinggi sehingga berpengaruh pada pertumbuhan terlalu cepat, kasus ini terjadi karena anakan yang diloloh oleh manusia dengan campuran makan yang berlebih.

Perhatikan campuran pakan yang anda berikan pada anakan lovebird jangan terlalu berlebih terutama jika anda memberikan campuran voer ayam untuk meloloh baby lovebird karena banyak kejadian memberikan campuran voer ayam yang berlebih membuat anakan lovebird mempunyai paruh gajah.

Burung lovebird dewasa juga dapat mengalami paruh gajah karena tidak tersedianya media yang berstektur keras untuk mengasah ujung paruh burung seperti batu bata atau tangkringan yang cukup keras.

Bagarmaca Cara Mencegah Lovebird Agar Tidak Mengalami Paruh Gajah?

  • Untuk indukan yang masih meloloh anakan, usahakan mendapatkan makanan yang bergizi seperti jagung muda dan berikan tulang sotong sebagai tambahan kalsium.
  • Untuk anakan yang diloloh manusia usahakan jangan memberikan campuran pakan tanpa mengetahui takaran gizi nya. Meloloh piyikan lovebird juga jangan terlalu sering, cukup 3 jam sekali saja.
  • Menghindari paruh gajah pada lovebird dewasa dengan cara memberikan asinan berupa batu bata merah atau kulit kerang. Memberikan tangkringan yang keras juga berfungsi sebagai alat untuk mengasah ujung paruh burung lovebird
Jika burung lovebird anda sudah terlanjur mengalami paruh gajah, maka langkah yang harus diambil untuk menghilangkan paruh yang terlalu panjang tersebut adalah dengan memotong atau mengikirnya.

Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah

Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah

Baca juga : Cara Meloloh Anakan Lovebird dari 0 Hari
Dalam mengatasi lovebird paruh gajah ini ada 2 yang dapat dilakukan, yaitu metode alami dan metode buatan atau manual.

Cara alami megatasi lovebird paruh gajah

Berikan tangkringan batu atau tangkringan amplas. Biarkan lovebird dengan sendirinya mengatasi paruhnya dengan menggesek-gesekkan paruhnya pada tangkringan amplas atau tangkringan batu. Lama kelamaan paruh akan retak dan kembali normal. Cara ini memang agak lama dan harus sabar.

Cara Cepat mengatasi lovebird paruh gajah

Cara manual yaitu dengan memotong paruh lovebird yang memanjang. Saat memotong paruh lovebird pastikan syaraf atau urat dalam paruh tidak ikut terpotong, karena akan mengeluarkan darah. Memotong bisa menggunakan alat seperti pemotong kuku yang tajam, tang potong, cutter, gunting atau lainnya.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu
Cara memotong Lovebird Paruh GajahNah untuk mengatasi atau mencegah lovebird paruh gajah maka dalam kandang lovebird harus diberikan mainan atau aksesoris yang dapat digunakan sebagai media untuk mengasah paruhnya. Bisa menggunakan tangkringan amplas atau tangkringan batu, bisa juga menggunakan kayu agar lovebird rajin mengasah paruhnya

Baca juga : Daftar harga lovebird terbaru

Selain itu berikan juga tulang sotong sebagai asupan nutrisi dan penambah asupan mineral bagi lovebird agar pertumbuhan paruhnya menjadi normal sehingga dapat diminimalisir terjadinya lovebird paruh gajah

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Paruh Gajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *