7 Perawatan Harian Cendet Mabung Agar Cepat Selesai

Perawatan Harian Cendet Mabung Agar Cepat Selesai – Mabung adalah proses dimana rontoknya bulu-bulu tua pada semua jenis burung maupun unggas secara periodik. Umumnya, proses mabung yang normal berlangsung sekali dalam setahun dan pada beberapa jenis burung tertentu bisa saja proses mabung seperti ini berlangsung sebanyak 2 atau 3 kali dalam setahun. Begitu juga dengan cendet akan tiba waktu mabungnya. Apakah anda tahu bagaimana perawatan atau cara merawat cendet mabung? Biasanya saat mengalami masa mabung, cendet mempunyai ciri-ciri yang terlihat diam dan tidak berkicau seperti biasanya.

Sedangkan dalam merawat cendet yang mabung sebenarnya tidak susah, hanya saja perlu perawatan ekstra dan tepat. Seperti menambahkan pakan tambahan, memberikan vitamin, mencampur pakan dan lain sebagainya.

Akan tetapi sebelum membahas cara merawat cendet mabung, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengapa cendet mabung dan ciri-cirinya.

Cendet Mabung

Merawat Cendet Mabung, Perawatan Cendet Mabung, perawatan harian cendet saat mabung, agar cendet gacor pasca mabung

Cendet mabung atau molting adalah proses pergantian bulu lama dengan bulu yang baru. Proses mabung inilah merupakan salah satu proses alami yang dialami oleh setiap unggas termasuk urung cendet atau pentet. Biasanya saat cendet mengalami masa mabung maka bulunya akan rontok dengan sendirinya dan akan kembali tumbuh dengan bulu yang baru.

Kapan cendet mabung pertama?

Banyak yang biasanya mengalami pergantian awal bulu (mabung pertama) pada anakan cendet (dari anakan/trotol ke remaja) terjadi pada usia 4-5 bulan. Namun, terkadang juga ada cendet mabung pertama alias pergantian bulu anakan/trotolan ke remaja terjadi pada usia 2 bulan.

Seperti Apa Ciri-Ciri Cendet Mabung?

Pada umumnya ciri-ciri burung cendet mabung yaitu yang tadinya sering berkicau dan gacor akan menjadi pendiam. Ciri-ciri lainnya bisa dilihat dari bulu cendet sendiri yang terlihat kusam, kering dan rontok. Maka jika cendet mengalami masa mabung, segeralah dirawat dengan cara yang tepat dan benar.

Bagaimana perawatan harian cendet mabung agar cepat selesai?

Setelah kita mengetahui apa itu cendet mabung dan apa saja ciri-ciri dari cendet mabung. Selanjutnya kita mengetahui bagaimana cara merawat cendet yang mabung. Untuk lebih jelasnya berikut ini tips dan cara jitu merawat burung cendet yang mabung dengan tepat.

1. Menggantikan Pakan Cendet dengan yang Baru

Cara pertama untuk merawat cendet mabung adalah dengan cara mengganti pakan cendet dengan yang lainnya. Biasanya para kicau mania atau penggemar burung cendet saat memberikan makanan cendet dengan voer ayam broiler (BR1).

Baca juga : Cara Memilih Voer Yang Bagus Untuk Burung Kicau

Akan tetapi jika cendet mengalami mabung, maka sebaiknya saat memberikan makanan voer ayam broiler dicampur dengan voer harian. anda bisa mencampurkan kedua pakan tersebut dengan perbandingan 50:50. Paduan dari campuran pakan tersebut akan membuat bulu cendet akan cepat rontok. Dengan begitu proses dari mabung sendiri akan berlangsung lebih cepat dari biasanya.

2. Menambahkan Pakan Tambahan atau Exstra Fooding Pada Cendet

Cara selanjutnya dalam merawat cendet mabung adalah dengan menambahkan pakan tambahan atau ekstra fooding pada cendet. Pada saat memberikan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) untuk cendet yang mabung, sebaiknya ditingkatkan jumlah porsinya.

Dengan ditambahkannya jumlah porsi dari ekstra fooding akan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi selama cendet mengalami masa mabung. Akan tetapi jika tidak mempunyai extra fooding (EF), anda bisa menggunakan cacing tanah untuk keseimbangan gizi dari cendet mabung.

3. Berikan Vitamin Pada Cendet Yang Mabung

Perlu anda ketahui, jika vitamin merupakan satu faktor yang penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dari burung yang dianggap mabung. Apalagi cendet sendiri merupakan jenis burung yang terbilang sangat agresif dan aktif. Jadi burung cendet sangat membutuhkan vitamin tambahan guna membantu masa mabungnya agar lebih cepat.

Karena jika kebutuhan gizinya tidak terpenuhi, maka jangan heran jika burung cendet anda nantinya akan sangat manja. Jika ingin memberikan vitamin pada burung cendet kesayangan, anda bisa membeli di toko-toko burung.

4. Dimandikan dan Jemurkan

Mungkin cara merawat cendet mabung yang satu ini bisa dikatakan cara yang paling harus dicermati dan tidak boleh asal-asalan. Jadi kalau biasanya memandikan cendet setiap hari, maka saat cendet mengalami masa mabung sebaiknya anda tidak usah memandikan terlebih dahulu.

Baca juga : Jenis Ramuan Alami Untuk Memandikan Burung Kicau

Begitu juga menjemur, anda tidak perlu menjemur terlebih dahulu cendet yang sedang mengalami masa mabung. Sebab jika anda menjemur cendet yang mabung dapat menghambat pertumbuhan bulu baru dari cendet tersebut.

5. Menjaga Kebersiah Kandang atau Sangkar

Hal yang sering orang melalaikan dalam merawat burung yang mempunyai nama lain pentet ini. Kebersihan kandang atau sangkar cendet harus kita jaga, aa lagi saat burung tersebut sedang dalam kondisi mabung.

5. Pastikan Kondisi Lingkungkan Tenang

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan ataupun mempengaruhi dari proses cendet mabung lam adalah lingkungan yang berisik. Perlu anda ketahui, cendet sendiri merupakan salah satu jenis burung predator yang sangat agresif.

Jadi saat cendet dalam masa mabung, sebaiknya pastikan kondisi di sekitarnya nyaman, aman, dan tenang. Jika perlu, cendet yang mabung ditempatkan di ruangan tersendiri agar dapat lebih cepat dalam masa mabungnya.

6. Jangan Terus Menerus Dikrodong

Mengerudung cendet selama mabung memang dianjurkan. Tetapi jangan terus-menerus menutup burung mabung di dalamnya tanpa pernah membuka. Perhatikan juga suhu sekitar dan pencahayaan lampu.

Ketika ada sudah paham mengenai pantangan saat cendet atau pentet sedang dalam kondisi mabung. Maka ada hal juga yang harus di perhatikan ketika merawat cendet mabung.

7. Saatnya Melakukan Pemasteran

Biasanya jika cendet mengalami masa mabung, maka cendet tersebut akan sering diam dan jarang berkicau. Hal tersebut bisa anda atasi dengan cara memasterkan cendet dengan burung masteran yang lain.

Walaupun cendet sering dikenal dengan kecerdasannya dalam meniru berbagai macam suara burung. Akan tetapi dalam melakukan pemasteran saat cendet mabung, alangkah baiknya dilakukan dengan pemasteran yang sesuai dengan karakter suara cendet.

Bagaimana cara mengatasi cendet macet mabung?

cendet mabung pertama, agar cendet mabung cepat selesai, agar tuntas cendet mabung, berapa alama cendet mabung, merawat cendet pasca mabung

Bagaimana jika pentet / cendet gagal menuntaskan mabungnya? yang terjadi adalah burung akan berhenti berbunyi, bulu tak menjadi karuan dan bisa jadi gundul/kebotakan pada beberapa bagian tubuh, burung mudah terserang penyakit. Mabung yang tidak tuntas bisa terjadi akibat beberapa faktor terutama kelalaian pada sang pemilik burung.

Pertama. Dalam beberapa kasus yang sering di lakukan oleh sang pemilik dalam menangani pentet / cendet yang sedang mabung tetapi mabungnya tidak pernah selesai atau lama, biasanya karena kesal atau merasa kasihan terhadap burung yang ia pelihara, hal yang sering di lakukan oleh sang pemilik biasanya nekat merontokan bulunya secara paksa dengan cara mencabuti bulu-bulu yang sebenarnya belum saatnya rontok dengan harapan akan tumbuh bulu-bulu baru. Hal seperti itu sebenarnya bukan solusi yang tepat yang akan berdampak negatif terhadap burung dan saran saya jangan sesekali merontokan bulu dengan cara dicabuti. Sebab ketika tunas bulu masih tertancap kuat dibawah kulit berarti ada pembulu darah dan saraf disana.

Kedua. Mengabaikan soal pakan. Burung yang sedang mabung tetap membutuhkan pakan dengan kadar protein dan kalori tinggi. Kalori merupakan sumber energi yang dibutuhkan untuk merontokan bulu (awal mabung). Sedangkan protein di perlukan untuk menumbuhkan bulu-bulu baru. Sebab, selain kalsium dan fosfor, material penting untuk menumbuhkan bulu baru adalah keratin, salah satu jenis asam amino esensial. Asam amino terkandung dalam protein.

Namun, pemberian pakan yang mengandung protein tinggi perlu di pantau sedemikian rupa. Adapun makanan yang mengandung protein tinggi antara lain seperti kroto dan jangkrik. Pemberian jangkrik dan kroto yang berlebihan biasanya akan membuat burung bertambah aktif dan naik birahinya. Dengan begitu akan menghambat proses mabungnya. Untuk itu Anda bisa mengkombinasikan pemberian kroto/jangkrik (sumber protein) dan ulat kandang (peredam birahi) untuk gaconya yang sedang mabung.

Baca juga : Serangga Berbahaya Yang Bisa Membuat Burung Mati

Ketiga. Tetap melombakan burung yang mana bahwa burung itu sedang mengalami proses mabung atau mempertemukan dengan burung sejenis. Seperti yang kita ketahui bahwa burung pentet / cendet adalah tipe burung fighter, jadi tidak sangat di sarankan untuk mempertemukan secara langsung.

Keempat. Tidak banyak memberikan banyak waktu untuk burung beristirahat, terutama pada malam hari. Contohnya, sangkar yang ditempati burung tidak di kerodong dan membiarkan burung terkena angin.

Berikut mabung dan beberapa cara perawatan dari beberapa kicau mania yang pernah lakukan :

  • Full EF, memang bisa mempercepat proses mabung tetapi dalam beberapa kasus karena full EF dapat menyebabkan burung yang awalnya doyan voer jadi gak doyan voer.
  • Full krodong, cara ini memang banyak di terapkan di banyak kalangan pencinta burung, memang burung pada fase ini butuh ketenangan untuk melepaskan bulunya, tapi jika salah penanganannya beberapa kasus pengrodongan membuat burung jadi kekurangan udara segar dan dipenuhi kutu yang menyebabkan beberapa bulu rusak/nyerit.
  • Menggunakan pakan/sentrat ayam cara ini juga cukup efektif untuk fase mabung pada burung, tetapi beberapa kasus setelah masa mabung burung menjadi gemuk/berlemak.
  • Full umbaran, cara ini juga termasuk cara yang efektif untuk proses mabung pada burung.
  • Menggunakan kulit jeruk dan daun pandan, cara ini beberapa kalangan justru kurang efektif karena ada yang mabung bulu tidak tuntas. Karena kemungkinan burung hanya mendapat aroma terapi saja dari daun pandan dan kulit jeruk.

Dari beberapa cara diatas ada yang cocok dan tidak cocok, karena karakter setiap burung berbeda. Kami akan memberikan sedikit solusi ketika semua cara diatas tidak kunjung membuat bulu pada pentet / cendet rontok. Yaitu dengan mensiasati kelembaban suhu sekitar sangkar dengan metode yang sebenarnya tidak terlalu rumit.

cendet mabung pertama, perawatan cendet mabung, merawat cendet setelah mabung, agar cendet gacor setelah mabung, cendet macet mabung

Alat – alat agar bulu cepat rontok

  • Lampu bohlam/pijar/dop kecil warna kuning 5 watt.
  • Kabel.
  • Kawat.
  • Baskom.
  • Air.

Implementasi :

  • Pertama, rangkai dahulu lampu dengan kabel. Lilitkan dengan rapi dan tutup dengan lakban atau isolasi agar sambungan tidak terkelupas menghindari hal yang tidak diinginkan.
  • Masukkan lampu yang sudah dirangkai kedalam sangkar pentet / cendet yang sedang mabung, kaitkan diatas sangkar menggunakan kawat.
  • Masukkan juga baskom yang sudah di isi air, baskomnya ukuran sedang saja.
  • Ketika semua sudah dimasukkan, kemudian masukkan burung pentet / cendet yang macet mabung, pasang kerodong pada sangkar, gantung sangkar dan nyalakan lampu bohlam/dop di tempat yang sepi.
  • Jangan lupa berikan EF, Minum, Voer ayam di dalam sangkar tersebut agar menunjang burung agar segera merontokkan bulu tuanya.
  • Lakukan hal ini sepanjang hari. Jangan lupa isi air pada baskom ketika mulai habis menguap.
  • Ketika subuh menjelang pagi, buka kerodong, matikan lampu bohlam kemudian embunkan burung pentet anda di tempat terbuka atau di bawah pohon, agar sedikit merasa nyaman menghirup udara segar, setelah seharian melakukan terapi.
  • Ulangi terus sampai dirasa bulu tua pada cendet anda sudah rontok. Hentikan terapi ketika pentet / cendet mulai nyulam bulu baru, karena udara yang lembab kurang bagus untuk bulu baru.

Penting : Suhu pada sangkar terapi yang ideal antara 36°C – 37°C, hal ini bisa kita ukur dengan alat yang dinamakan termometer, dan menjaga kelembaban pada sangkar terapi, kelembaban yang ideal antara 55% – 60%. Mengetahui tingkat kelembaban di dalam sangkar adalah dengan mengukurnya menggunakan alat yang disebut hygrometer.

Dapatkan : Download suara cendet full isian

Kenapa suhu harus hangat dan lembab? Karena suhu yang hangat dan lembab dalam sangkar selama terapi akan membuat pori – pori kulit burung menjadi melar sehingga lebih terbuka.

Akibatnya, bulu burung mau tidak mau akan rontok juga dengan sendirinya. Namun begitu, hasil yang diharapkan ini tentu saja tidak bisa terjadi dalam waktu singkat, melainkan memerlukan waktu. Pastikan sebelum anda melakukan terapi ini pada burung, kondisi burung anda benar – benar dalam kondisi sehat. Hal ini bertujuan untuk menghindari kondisi lebih yang buruk. Cek kotoran burung apakah fasesnya padat atau sedikit cair/berair. Jika burung kurang sehat, koran burung sangat tidak menyarankan melakukan terapi ini.

Terapi ini tidak hanya bisa dilakukan untuk pentet / cendet saja, burung lain yang mengalami macet mabung bisa juga di berikan terapi ini.

Kesimpulan

Setelah kita melihat informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa cara merawat cendet mabung harus dilakukan perawatan yang ekstra dan tepat. Mulai dari segi pakan, perawatan, memandikan, lingkungan yang tenang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Perawatan harian cendet mabung agar cepat selesai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *