Perkici Dora, Ornate Lorikeet (Trichoglossus ornatus)

Perkici Dora, Ornate Lorikeet (Trichoglossus ornatus) – Burung perkici dora merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok dari keluarga Psittaculidae dan Genus Trichoglossus. Selain dikenal dengan sebutan Trichoglossus ornatus dan Ornate Lorikeet dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu jenis burung endemik Indonesia yang terletak di daerah timur Indonesia.

Ciri Fisik Perkici Dora, Ornate Lorikeet (Trichoglossus ornatus)

burung perkici dora, ornate lorikeet, trichoglossus ornatus, nuri dora jantan dan betina, perkici dora jantan dan betina, suara nuri dora, merawat nuri dora

 

Burung perkici dora termasuk jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 25 cm dan berat tubuh sekitar 110 gram. Mahkota berwarna biru keunguan gelap. Ada tambalan sisi kuning di tengkuk. Bagian belakang tengkuk berwarna oranye kemerahan. Dagu dan tenggorokan dan sebagian besar wajah berwarna oranye kemerahan. Bagian belakang dan sayapnya berwarna hijau cerah. Ujung sayap primer berwarna hitam. Bagian bawah berwarna hitam dengan kuning dan hijau. Dagu dan dada berwarna kemerahan dengan warna biru gelap. Perut berwarna hijau gelap dan paha berwarna kuning-hijau. Ekor bagian atas berwarna hijau gelap dengan ujung kekuningan dan ekor bagian bawahl berwarna kekuningan dan merah muda di pangkalan. Paruh dan iris berwarna oranye dan kaki berwarna abu-abu hijau. Baik pria maupun wanita terlihat sama.

Suara Perkici Dora

Suara Ornate Lory terdengar seperti “kreet… kreet” yang melengking dalam penerbangan, nada tinggi “wee-oo-wee”, berbagai nada bersiul dan derit kisi.

Baca juga : Cara Ternak Burung Nuri Kepala Hitam Untuk Pemula

Persebaran

Termasuk jenis burung endemik di subkawasan Sulawesi: Kep. Talaud, Sangihe, Sulawesim Bangka, Manterawu, Kep. Togian, Muna, Butung, Kep. Tukangbesi (Kaledupa) dan Kep. Banggai.

Habitat dan Kebiasaan

Secara umum, perkici dora sering mengunjungi tepi hutan, hutan sekunder dataran tinggi, hutan pesisir, hutan rawa, mangrove, lahan budidaya dengan sedikit pohon, perkebunan kelapa. Dapat ditemui dari permukaan laut sampai ketinggian 1770m.

Makanan

Sewaktu mencari makanan pada siang hari seringnya bergerak dalam bentuk kelompok dengan jumlah kawanan dapat mencapai 5 sampai 20 ekor. Jenis makanan yang setiap hari disantapnya umumnya cukup beragam mulai dari buah-buahan, nektar bunga, getah pohon, biji-bijian, dan terkadang juga menyantap serangga.

Reproduksi

Mereka mungkin mulai berkembang biak pada bulan September hingga Oktober. Perkici dora mengerami dua telur selama sekitar 24 hingga 27 hari dan anak muda menjadi dewasa ketika mereka berusia sekitar 80 hari.

Baca juga : 10 Cara Mendaftarkan Burung Dilindungi Ke BKSDA Via Online

Kesimpulan

Dengan mengetahui beberapa ciri fisik nuri dora, penyebaran dan makananya seperti di atas, namun hal yang perlu anda perhatikan sebelum merawat nuri dora adalah bahwasannya burung perkici dora termasuk salah satu jenis burung yang dilindungi oleh undang-undang yang tergolong ke jenis burung apendix II. Oleh karena, untuk mewatnya diperlukan surat yang dikeluarkan oleh BKSDA.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Mengenal Perkici Dora, Ornate Lorikeet (Trichoglossus ornatus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *