Perkutut Jawa, Zebra Dove (Geopelia striata)

Perkutut Jawa, Zebra Dove (Geopelia striata) – Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Columbidae dan Genus Geopelia.Burung yang dikenal dengan sebutan geopelia striata dalam bahasa ilmiahnya atau zebra dove dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu jenis burung yang dapat dijumpai di beberapa daerah Indonesia

Ciri-ciri Perkutut Jawa, Zebra Dove (Geopelia striata)

perkutut jawa, zebra dove, geopelia striata, perkutut bangkok, merawat perkutut, harga perkutut, suara perkutut gacor, makanan perkutut, perbedaan perkutut bangkok dan lokal

Burung perkutut jawa tergolong jenis burung berukuran kecil atau sedang dengan panjang tubuh sekitar 20 sampai 23 cm dengan rentang sayap sekitar 24-26 cm. Bagian kepala berwarna abu-abu kecoklatan dengan pembatasan hitam-putih, wajahnya biru abu-abu dengan kulit biru telanjang di sekitar mata, dengan garis hitam di sisi leher, dada dan perut, dan bagian sisi bergaris halus, punggung coklat dengan tepi hitam. Bagian kaki berwarna merah muda. Bulu sisi terluar ekor kehitaman dengan bagian ujungnya berwarna putih. Saat masih muda bulunya agak  kusam dan pucat disbanding yang sudah dewasa.

Persebaran dan Ras

Secara global, burung perkutut jawa dapat dijumpai di beberapa daerah seperti Filipina, Semenanjung Malaysia, Australia dan Thailand. Persebaran di Indonesia sendiri meliputi beberapa daerah mulai dari Pulau sumatera hingga Papua, terdapat tujuh sub-species yang dikenali dengan persebaran berbeda yang meliputi seperti di bawah ini :

  • Geopelia striata striata – Jenis burung Perkutut jawa ini paling banyak dipelihara di Indonesia. Perkutut jawa ini sering disebut perkutut lokal dan perkutut Bangkok yang berasal dari Jawa, Bali, dan Sumatera. Ada juga sebagian kalangan yang menyebutnya Perkutut Hawaii.
  • Geopelia striata maungeus – Jenis burung perkutut ini disebut dengan Perkutut Sumba karena berasal dari Sumba, Sumbawa, dan pulau Timor. Burung ini dikatakan sangat mirip dengan perkutut Jawa.
  • Geopelia striata audacis – Jenis burung Perkutut ini berasal dari kepulauan Kei dan Tanimbar.
  • Geopelia striada placida – Burung Perkutut jenis ini berasal dari Papua dan Australia Utara
  • Geopelia striata tranquila – Jenis burung Perkutut ini banyak dijumpai di Australia Tengah
  • Geopelia striata papua – Jenis burung Perkutut ini berasal dari Papua (Irian Jaya dan Papua Nugini)
  • Geopelia striata clelaudi – jenis burung perkutut ini terdapat di Australia Barat

Suara Perkutut jawa

Suara perkutut jawa memiliki suara yang berirama merdu, halus, mengalir seperti siulan “per-ku-tu-tut”. Terdengar seperti tergesa-gesa dan diulang-ulang enam sampai delapan kali.

Habitat dan Kebiasaan

Umum dijumpai di dataran rendah, daerah pedesaan yang terbuka dengan sedikit pepohonan, hutan terbuka disekitar pedesaan, ladang dan lahan budidaya sampai ketinggian 900 mdpl. Hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil, mencari makan di atas permukaan tanah, kadang berkumpul saat minum di sumber air.

Makanan

Burung Perkutut jawa di alam memakan rumput kecil dan biji gulma. Mereka juga akan memakan serangga dan invertebrata kecil lainnya.

Reproduksi

Di alam musim kawin burung perkutut jawa dimulai pada bulan September hingga bulan Juni. Jantan melakukan Gerakan ritual sambal berbunyi untuk menarik si betina (mbekur) dengan membungkuk dan berdampingan sambil mengangkat dan menyebarkan ekor. Sarangnya dibangun berbentuk datar sederhana dari ranting dan bilah rumput.

Burung ini membangun sarangnya  di pepohonan, semak-semak, dan bahkan kadang-kadang di tanah. Bertelur antara satu atau dua, berwarna telur putih bersih dan dierami oleh keduanya secara bergantian dengan betina yang lebih banyak mengerami telurnya. Masa pengeraman berlangsung selama 13 hingga 18 hari. Anak burung perkutut jawa meninggalkan sarang dalam waktu dua minggu dan dapat terbang dengan baik setelah tiga minggu.

Seperti apa perawatan harian perkutut agar rajin bujin bunyi?

Agar burung perkutut jawa rajin bunyi sebenarnya tergantung dari perawatan harian perkutut yang baik dan benar seperti jenis makanan untuk burung perkutut, air minum untuk burung perkutut sampai sangkarnya

Jenis Pakan burung perkutut

Makanan alami dari burung perkutut adalah biji-bijian, maka dari itu sebaiknya anda juga memberi pakan yang terdiri dari biji-bijian, misalnya kewawut, biji milet, gabah dan ketan hitam. Komposisi pakan yang diberikan sebaiknya terdiri dari campuran 40% bagian milet, 20% ketan hitam, 20% jewawut, dan 20% gabah. Campuran pakan biji-bijian ini bisa juga dicampur dengan pakan ayam petelur dengan perbandingan 4:1 untuk meningkatkan nilai gizi pakan burung pada saat musim kawin hingga burung bertelur.

Jika burung perkutut sudah mengerami telur maka anda bisa kembali memberi pakan berupa biji-bijian. Jika telur yang dierami sudah menetas maka anda bisa menambah porsi pakan karena pakan ini akan sangat berguna selama masa pengasuhan anak.

Sebaiknya anda tidak memberi pakan dengan jumlah yang banyak agar tidak ada pakan yang tersisa dalam kandang dan anda bisa segera memberi pakan yang baru. Hal ini karena perkutut memiliki kebiasaan hanya akan memakan makanan yang baru, sedangkan makanan yang sudah agak lama tidak akan dimakan sama sekali. Yang disayangkan adalah apabila makanan yang tersisa tersebut adalah pakan burung yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Pemberian pakan yang baik untuk burung perkutut adalah 3 kali dalam sehari. Anda juga harus sering mengontrol kondisi kandang dan harus segera membuang pakan yang hampir membusuk. Burung perkutut harus mendapatkan pemberian pakan yang baik dan teratur. Sebaiknya beri pakan sebanyak tiga kali dalam sehari dan jangan lupa untuk mengontrol kesegarannya.

Pakan burung yang membusuk bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur dimana jika burung perkutut memakannya maka bisa mengakibatkan burung menjadi sakit atau kematian. Yang tidak kalah penting adalah wadah makanan juga harus dibersihkan dengan air yang bersih agar tidak ada kotoran atau jamur yang mengendap di wadah makanan tersebut.

Pada saat anda membersihkan wadah makanan burung sebaiknya dilakukan dengan pelan-pelan dan hati-hati. Gerakan tangan yang menimbulkan suara berisik akan membuat burung menjadi ketakutan hingga membuat burung menabrak jeruji sangkar.

Minuman perkutut jawa

Perkutut bukan termasuk jenis burung yang memiliki hobi mandi sehingga anda tidak perlu menyediakan tempat minum dengan ukuran yang besar. Berikan air dengan secukupnya setidaknya untuk kebutuhan selama satu hari. Burung perkutut bisa diberi air mentah ataupun air yang sudah direbus. Sebaiknya anda mengganti air minum setiap hari. Wadah minuman burung bisa dibersihkan dahulu sebelum diisi dengan air bersih.

Bila anda menaruh sangkar burung ini di tempat yang tinggi sebaiknya anda menurunkan sangkar ini dengan pelan agar burung tidak merasa terganggu. Anda pasti akan mengalami kesulitan bila menggunakan cara biasa. Tapi jangan khawatir, ada satu trik yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menyediakan dua buah botol plastik kosong bekas shampoo yang akan digunakan untuk memudahkan proses penggantian air minum burung.

Baca juga : 16 Jenis Makanan Perkutut Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Sebelum digunakan untuk mengisi wadah minuman botol ini harus benar-benar bersih dan tidak ada sisa aroma sampo. Setelah itu anda bisa memasukkan selang kecil atau sedotan pada lubang botol. Sesuaikan ukuran botol dengan panjang sedotan atau selang. Sebaiknya ada sisa sedotan atau selang yang berada di luar botol sekitar 20 cm dari mulut botol.

Jika anda ingin menggunakan botol untuk menuangkan air minum pada wadah minuman maka sebaiknya selang dimasukkan sampai ke dalam botol. Namun jika botol hanya digunakan untuk membersihkan wadah air minum maka tidak perlu memasukkan selang hingga ke dasar botol.  Agar tidak ada rongga antara lubang botol dan selang maka anda bisa menutup tepi lubang dengan menggunakan lem plastik.

Botol yang akan anda gunakan ini berfungsi untuk membersihkan wadah air minum dengan cara menghisap kotoran yang terdapat pada wadah air minum. Maka dari itu botol ini harus dalam keadaan yang sangat bersih sebelum digunakan karena bila tidak maka usaha anda hanya akan berakhir dengan sia-sia. Cara kerja dari botol ini adalah dengan menghisap kotoran pada wadah minuman setelah dipencet-pencet untuk mengaduk air dengan udara pada wadah minuman.

Kotoran yang terdapat pada wadah minuman bisa disedot ke dalam botol dengan cara melepas tekanan pada botol. Setelah wadah minuman bersih dari kotoran maka anda bisa mengisinya dengan air baru dengan menggunakan botol untuk mempermudah penuangan air. Caranya adalah dengan menaruh ujung selang ke dalam wadah air minum lalu pencet botol. Kemudian air akan segera mengalir mengisi wadah air minum. Alat ini akan sangat membantu anda dalam melakukan penggantian air dan pembersihan wadah minum. Selain itu anda tidak harus dengan menurunkan sangkar dari dinding dan mengeluarkan wadah minuman yang akan anda bersihkan.

Sangkat burung perkutu

Selain pemeriksaan kesehatan burung, kondisi kandang juga termasuk salah satu unsur yang penting dalam pemeliharaan burung perkutut. Kandang harus sering diperiksa dimana anda harus memperhatikan kebersihan kandang, ketersediaan pakan, dan untuk mengontrol kondisi kesehatan burung perkutut. Temperatur suhu yang baik untuk burung perkutut adalah antara 20O hingga 28O C. Sebaiknya anda melakukan kontrol kandang perkutut setiap hari untuk mengecek kondisi keseluruhan dari burung perkutut anda.

Bagaimana cara membedakan perkutut jantan dan betina?

cara membedakan perkutut bangkok dan lokal, cara membedakan perkutut jantan dan betina, perkutut jantan dan betina anakan, ciri fisik perkutut jantan, ciri fisik perkutut betina

Cara yang termudah untuk membedakan burung perkutut adalah dengan cara meraba  tulang pada bagian perut bawah yang berada di dekat dubur (supit). Bila supitnya keras, sangat dekat dan hampir rapat maka bisa dipastikan bahwa burung perkutut tersebut adalah burung perkutut jantan. Namun bila supit lunak dan renggang maka bisa dipastikan bahwa burung perkutut tersebut adalah burung perkutut betina.

Seorang peternak burung perkutut yang sudah berpengalaman pada umumnya bisa langsung mengenali jenis kelamin burung ini. Namun terkadang peternak tersebut akan mengalami kesulitan untuk mengenali burung perkutut yang masih berusia muda atau di abwah usia 9 bulan.

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik antara burung perkutut jantan dan betina yang sudah dewasa, yaitu :

Ciri-ciri perkutut jantan

  • Memiliki kondisi fisik yang kuat dan mampu bergerak dengan lincah.
  • Pada bagian wajah perkutut jantan, di didominasi warna putih yang lebih banyak ditimbang burung perkutut betina.
  • Pada bagian paruh memiliki ketebalan yang berbeda dengan perkutut betina. Paruh perkutut jantan memiliki bentuk yang lebar dan juga ketebalan yang bagus.
  • Perkutut jantan memiliki mata dengan sorotan tajam.
  • Kepala yang di miliki oleh perkutut jantan, memiliki bentuk sedikit lonjong namun tetap datar.
  • Paruh perkutut jantan, memiliki garis belahan yang terletak sejajar dengan mata perkutut.
  • Pada saat perkutut jantan mengibaskan ekornya, maka ekornya menjadi mengembang dengan sendirinya. Sehingga terlihat lebar dari biasanya.
  • Ruas kaki yang terdapat pada perkutut jantan lebih tebal dari pada perkutut betina.
  • Pada saat kawin, ketika perkutut jantan birahi, perkutut jantan akan melakukan kegiatan mengangguk yang menandakan bahwa ia sedang birahi.

Ciri-ciri perkutut betina

  • Pada bagian paruh yang dimiliki perkutut betina memiliki bentuk yang pendek dan lebih tipis.
  • Perkutut betina memiliki bentuk kepala yang membulat. Hampir sama dengan bulatan koin.
  • Burung perkutut betina memiliki maya dengan bentuk yang sayu.
  • Burung perkutut betina memiliki ruas kaki yang rapuh di karenakan bentuknya yang tipis.
  • Burung perkutut betina tidak memiliki kekuatan saat mencengkeram.
  • Pada saat kawin, perkutut betina akan mengibaskan ekornya, sehingga ekornya akan sedikit mengembang. Namun kembangan ekornya tidak terlalu lebar seperti perkutut jantan.
  • Pada saat kawin, perkutut betina akan lebih memiliki posisi di bawah, dari pada di atas.

Bagaiamana cara membedakan perkutut bangkok dengan lokal?

Untuk menjawab pertanya tentang cara membedakan perkutut bangkok dengan lokal sebenarnya cukup mudah, cara membedakannya mulai dari ciri fisik perkutut bangkok sampai suara perkutut bangkok. Perkutut bangkok memiliki ukuran tubuh yang lebih besar di bandingkan dengan ukuran burung perkutut jawa atau lokal. Selain itu, ukuran tengkorak kepala yang lebih besar, dan ukuran dada yang lebih lebar. Sedangkan ciri-ciri suara perkutut bangkok memiliki suara yang cenderung lebih besar di bandingkan dengan suara burung perkutut jawa.

Dapatkan : Suara Burung Perkutut Bangkok Asli dan Lokal

Dimana untuk mendapatkan burung perkutut?

Untuk mendapatkan burung perkutut jawa atau perkutut bangkok, anda bisa mendapatkan burung perkutut jawa dengan cara pikat burung perkutut jawa, namun hal ini kami tidak merekomendasikan. Selain itu, anda bisa mendapatkan atau cari di pasar burung atau mendapatkan dari para penangkar atau peternak burung perkutut jawa maupun perkutut bangkok tersebut. Di bawah ini kami informasikan terntang harga burung perkutut bangkok saja. Sedangkan harga burung perkutut jawa alias lokal lebih murah jika dibandingkan harga perkutut bangkok

Berapa harga perkutut bangkok?

Jenis Perkutut BangkokHarga
Perkutut Bangkok Silangan LokalRp200.000 – Rp500.000 per ekor
Perkutut Bangkok Silangan Lokal SepasangRp1.000.000
Perkutut Bangkok Ring TGMRp1.500.000 per ekor
Perkutut Bangkok Ring DoubleRp1.900.000 per ekor
Perkutut Bangkok Piyikan Ring Kythavin 100Rp2.750.000 per ekor
Perkutut Bangkok Piyikan Ring Kythavin 772Rp2.750.000 per ekor
Perkutut Bangkok Piyikan Ring Kythavin 59Rp3.250.000 per ekor
Perkutut Bangkok Trah Solo Juara – Kota CimahiRp 100.000
Perkutut Bangkok Anakan Rajin Bunyi (Minimal 4 Ekor) – Kabupaten Deli SerdangRp 100.000
Perkutut Silangan Bangkok dan Lokal Rajin Bunyi – Kota Tangerang SelatanRp 150.000
Perkutut Bangkok Betina Standar Rumahan – Kota BandungRp 170.000
Perkutut Bangkok Anakan atau Dewasa – Kabupaten Bandung BaratRp 200.000
Perkutut Bangkok Suara Mantap – Kabupaten PemalangRp 200.000
Perkutut Bangkok Ring – Jakarta TimurRp 200.000
Perkutut Bangkok Piyik, Dewasa, Indukan Lomba – Kota MalangRp 250.000
Perkutut Bangkok Lomba, Bahan Indukan, dan Anggungan – Kabupaten KendalRp 250.000
Perkutut Bangkok untuk Lomba Trah Juara – Kota SurabayaRp 250.000 – Rp 5.000.000

Demikian daftar harga burung Perkutut Bangkok mulai dari yang mahal hingga murah. Burung Perkutut Bangkok paling murah harga Rp 100.000. Sementara Perkutut Bangkok paling mahal yakni Rp 6.500.000.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Perkutut Jawa, Zebra Dove (Geopelia striata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *