Pijantung Tasmak, Spectacled Spiderhunter (Arachnothera flavigaster)

Pijantung Tasmak, Spectacled Spiderhunter (Arachnothera flavigaster) merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Nectariniidae dan Genus Arachnothera. Burung yang memiliki nama ilmiah Arachnothera flavigaster atau Spectacled Spiderhunter dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu dari beberapa jenis burung pijantung yang dapat dijumpai di beberapa daerah Indonesia

Ciri fisik Pijantung Tasmak, Spectacled Spiderhunter (Arachnothera flavigaster)

ciri fisik pijantung tasmak, spectacled spiderhunter, arachnothera flavigaster, harga pijantung tasmak, pijantung tasmak jantan pijantung tasmak gacor, merawat pijantung tasmak, makanan pijantung tasmak

Burung pijantung tasmak ini merupakan pijantung terbesar dari beberapa jenis pijantung. Hal tersebut tidak lepas dari ukuran tubuhnya yang mencapai sekitar 21 samapai 22 cm dengan berat tubuh pijantung jantan sekitar 44,4 sampai 49 g dan pijantung betina sekitar 38,4 g.Memiliki warna bulu lebih banyak didominasi berwarna zaitun, epilog indera pendengaran dan lingkar mata kuning. Perbedaan dengan Pijantung Telinga-kuning: ukuran lebih besar, paruh lebih pendek, epilog indera pendengaran lebih kecil, lingkar mata lebih lebar, garis pada dada dan tenggorokan lebih sedikit. Iris coklat, paruh hitam, kaki coklat kekuningan.

Baca juga : Jenis Burung Pijantung Lengkap Dengan Gambar

Persebaran dan Ras

Pijantung tasmak tidak memiliki sub-spesies dan burung ini dapat dijumpai di Semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan.

Suara Pijantung Tasmak

Suara burung ini hanya berupa bunyi panggilan-panggilan pendek bernada tinggi terdengar seperti “chit chit”. Untuk mendengarkan suara pijantung tasmak bisa di download di SINI

Habitat dan Kebiasaan

Burung ini dapat dijumpai di hutan terbuka di daerah Sumatra dan Kalimantan. Juga dapat ditemui di perkebunan kelapa, kebun pedesaan, dan belukar hingga pada ketinggian 1300 m. Kebiasaannya sering terbang sangat cepat diantara pepohonan yang rindang. Sedangkan di Kalimantan dapat ditemui hingga pada ketinggian 1800 m. Secara umum dapat ditemui di hutan sekunder. Sangat bergairah dalam mempertahankan daerah teritorialnya dalam mencari makan.

Makanan

Burung pijantung ini menyukai berbagai macam makanan mulai dari serangga, laba-laba (Araneae), serbuk sari, buah, dan nektar. Terkadang mecari makan secara individu maupun berpasangan dan juga terkadang dalam kelompok kecil saat musim pohon berbuah.

Baca juga : 427 Daftar Burung Endemik Indonesia

Musim Kawin

Di Semenanjung Melayu, burung ini mulai bangunan sarang di bulan Februari, perkawinan mulai terjadi pada pertengahan bulan April sampai pada bulan maret. Di Indonesia dapat terjadi pada bulan Juni, September, dan November.

Kesimpulan

Meskipun jenis burung ini tergolong jenis burung berukuran sedang, akan tetapi burung ini masih tetap masuk kategori pemakan nektar sama halnya dengan jenis burung madu atau yang dikenal burung kolibri

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Ciri fisik Pijantung Tasmak, Spectacled Spiderhunter (Arachnothera flavigaster)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *