Takur Ampis, Brown Barbet (Caloramphus fuliginosus)

Takur Ampis, Brown Barbet (Caloramphus fuliginosus) – Takur Ampis merupakan salah satu burung kicau dari keluarga Megalaimidae dan Genus Caloramphus. Burung yang dikenal dengan sebutan Caloramphus fuliginosus dalam bahasa ilmiahnya dan Brown Barbet  dalam bahasa ingrisnya merupakan salah satu jenis burung yang dapat dijumpai di Indonesia.

Catatan
Takur ampis Caloramphus fuliginosus saat ini dipecah menjadi 2 spesies menjadi takur ampis dan takur melayu Caloramphus hayii mengikuti Den Tex dan Leonard (2013) serta del Hoyo and Collar (2014).

Ciri Fisik Takur Ampis, Brown Barbet (Caloramphus fuliginosus)

takur ampis, brown barbet, caloramphus fuliginosus, harga takur ampis, suara takur ampis gacor, makanan takur ampis, takur ampis jantan dan betina, takur ampis agar cepat gacor

Burung takur ampis tergolong jenis burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 17,5 cm. Takur berekor pendek dengan tubuh bagian atas coklat. Ras fuliginosus tenggorokan dan dada merah pucat sampai merah muda. Paruh hitam, mata coklat, kaki merah-oranye. Betina mirip jantan, tapi tapi paruh coklat sampai warna tanduk. Burung remaja warna pada tenggorokan dan kepala lebih pucat. Ras tertius kepala coklat lebih pucat, warna merah-muda pada tenggorokan hanya sedikit melebar ke dada, jantan berparuh lebih coklat, iris mata kadang hijau-kelabu sampai kuning.

Baca juga : Ciri Fisik Merbah Belukar, Olive-winged Bulbul (Pycnonotus plumosus)

Suara Takus Ampis

Siulan mencicit, terengah, dan frase bernada enam “psiiii” yang berbeda dengan suara takur lain.

Penyebaran dan ras

Secara global, burung takur ampir terdapat dua sub-spesies yang dikneli dengan daerah persebaran berbeda seperti di bawah ini:

  • C.f. tertius (Chasen Kloss, 1929) – Pulau Kalimantan bagian utara, termasuk Sabah.
  • C.f. fuliginosus (Temminck, 1830) – Pulau Kalimantan (kecuali bagian utara).

Habitat dan Kebiasaan

Menghuni kawasan hutan authority dataran rendah dan hutan dipterocarp perbukitan, juga masih bisa dijumpai di hutan rawa gambut dan hutan sekunder, mangrove, vegetasi pesisir, tegalan/ladang berpohon dan perkebunan kakao, biasanya pada ketinggian dibawah 750-900 m, meskipun masih dijumpai pada ketinggoan 1500 m di Sabah.

Baca juga : Ciri Fisik Asi Topi-sisik, Scaly-crowned Babbler (Malacopteron cinereum)

Makanan

Hanya sedikit tersedia informasi terkait pakan dan perilaku mencari pakan, diperkirakan mirip takur melayu C. hayii, memakan buah-buahan berukuran besar.

Reproduksi

Satu pohon digunakan oleh 3 pasang atau lebih untuk bersarang, biasanya lokasinya dekat aliran sungai. Bersarang di lubang pohon bekas sarang rayap dan semut, 1-10 m dari permukaan tanah.

Status

Burung takur ampis termasuk jenis burung yang masuk dalam daftar merah IUCN sehingga burung ini termsuk jenis burung dilindungi meskipuns dengan status Resiko Rendah (LC)

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang ciri fisik Takur Ampis, Brown Barbet (Caloramphus fuliginosus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *